Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Hal Penting Tentang Covid-19 yang Perlu Anda Ketahui

Sejak kemunculannya di akhir tahun 2019 di Wuhan, China, virus Covid-19 atau yang lebih sering disebut dengan Corona terus menyebar dan menjadi pandemik. Per tanggal 28 maret 2020, tercatat sebanyak 593.656 kasus positif Virus Covid-19. Sebanyak 132.526 diantaranya yang berhasil sembuh dan sebanyak 27.215 orang meninggal dunia.

Virus Covid-19 menyerang dengan cara menginfeksi sistem pernafasan sehingga mengakibatkan terjadinya infeksi pernapasan. Sekilas mirip kasus flu biasa, namun fakta di lapangan menunjukkan kalau Covid-19 bisa mengakibatkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), dan Middle-East Respiratory Syndrome (MERS). 


A. Gejala, Diagnosa, dan Pengobatan Covid-19 

1. Gejala Terkena Covid-19

Biasanya Virus Covid-19 diketahui menimpa seseorang sejak 2-14 hari terhitung dari awal terinfeksi. Gejala yang ditunjukkan mirip flu, seperti demam, sakit kepala, pilek, dan batuk. Namun kasus dilapangan menunjukkan kalau gejala umum Covid-19 adalah demam yang mengakibatkan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius, batuk, serta sesak nafas. Pada sebagian kasus terdapat beberapa orang yang terinfeksi virus ini namun tidak menunjukan gejala apapun disebabkan anti bodi nya yang kuat.

Oleh karena itu, sebaiknya anda segera ke dokter jika merasakan adanya gejala infeksi Virus Covid-19 seperti yang telah disebutkan di atas. Jika anda tidak menunjukkan gejala apapun padahal sudah positif terkena Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, sebaiknya anda tetap ke rumah sakit untuk mengisolasi diri agar tidak menularkan virus kepada anggota keluarga dan orang lain. 

2. Diagnosa Covid-19

Untuk memastikan terjadinya infeksi virus Corona atau Covid-19 pada diri seseorang, biasanya dokter akan melakukan beberapa hal, yaitu :
  • Menanyakan gejala-gejala apa saja yang dialami oleh pasien.
  • Menanyakan riwayat tinggal atau bepergian ke daerah yang memiliki kasus positif virus Covid-19.
  • Mengambil darah uji laboratorium.
  • Melakukan tes PCRT (usap tenggorokan untuk penelitian sample dahak).
  • Melakukan Rontgen dada untuk pendeteksian infiltrat atau cairan di paru-paru lain.

3. Pengobatan Covid-19

Sampai saat ini dikabarkan bahwa belum ada obat kusus yang dapat di sebar luaskan ke seluruh rumah sakit. Artinya masih menggunakan penanganan kusus dengan segala sumber daya yang tersedia untuk mengobati penyakit akibat Covid-19. Untuk menanganinya, biasanya dokter akan menempuh langkah-langkah berikut ini :
  • Merujuk pasien ke rumah sakit tertentu untuk menjalani perawatan dan karantina di sana.
  • Memberikan obat pereda demam dan nyeri yang sesuai.
  • Menyarankan kepada pasien agar melakukan isolasi mandiri dan istirahat yang cukup.
  • Menyarankan kepada pasien untuk banyak minum air putih agar kadar cairan dalam tubuh tetap terjaga. 

B. Cara Efektif Agar Tidak Tertular Virus Covid-19

Penularan virus Covid-19 melalui droplet (percikan atau tetesan yang keluar saat seseorang yang terinfeksi virus Corona bersin atau batuk). Penularan tersebut terjadi secara langsung maupun tidak langsung. 

Penularan secara langsung terjadi saat seseorang yang terinfeksi bersin atau batuk sehingga percikannya mengenai orang lain. Adapun penularan secara tidak langsung adalah saat orang-orang menyentuh benda-benda yang terkontaminasi oleh tetesan akibat bersin dan batuk dari orang terinfeksi virus Corona. 

Jika seseorang menyentuh mata, hidung, atau mulutnya setelah sebelumnya menyentuh benda-benda yang sudah terkontaminasi dan tidak cuci tangan sebelumnya, maka di sinilah risiko tertular jadi semakin besar.

Oleh karena itu, ada 5 cara efektif yang bisa dilakukan agar tidak tertular virus Corona atau Covid- 19 ini. Adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air mengalir
  2. Menggunakan masker
  3. Menjaga daya tahan tubuh
  4. Tidak bepergian ke negara atau wilayah yang terjangkit virus Corona
  5. Menghindari kontak dengan pasien atau hewan yang dikhawatirkan terinveksi Corona
  6. Berjemur di pagi atau siang hari agar terkena sinar matahari dalam waktu secukupnya
  7. Perbanyak konsumsi makanan atau minuman yang cukup gizi serta terdapat kandungan vitamin c dan e
  8. Jangan panik atau stres dengan berita media agar sistem imun tidak melemah, karena jika sistem imun melemah maka akan rentan terkena virus, namun jadikan berita di media untuk lebih berhati - hati dalam mengambil tindakan apapun.
Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, sangat dianjurkan setiap orang menerapkan social distance, sebagaimana telah di himbau oleh pemerintah Indonesia saat ini. 

Jadi, pastikan anda dan keluarga untuk menahan diri agar tidak bepergian atau melakukan aktivitas apapun di luar rumah yang dapat merugikan anda, keluarga dan orang lain sampai waktu yang telah ditentukan.

Post a Comment for "Beberapa Hal Penting Tentang Covid-19 yang Perlu Anda Ketahui"