Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Puasa Bagi Pemula dari Sahur Sampai Berbuka


Tanpa terasa kita sudah mendekati bulan suci Ramadhan tahun 2020 ini. Meskipun kemungkinan besar kita akan menjalani ibadah puasa Ramadhan yang agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya akibat wabah corona, tapi tentu saja kita tetap bersemangat menyambutnya. 

artikel puasa rioveskom


Sebab, bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang terdapat banyak keutamaan di dalamnya. Diantara keutamaan tersebut adalah sebagaimana telah disebutkan dalam hadits di bawah ini.

puasa

Adapun makna dibelenggulah setan-setan adalah Maradatus Syayathiin atau setan-setan yang jahat. Adapun setan yang mengalir dalam darah setiap manusia dan menggoda manusia untuk berbuat kejelekan, tetap bebas dan tidak terbelenggu.

Penjelasan Singkat Panduan Puasa Bagi Pemula dari Sahur Sampai Berbuka

1. Niat Puasa

Bagi seseorang yang berniat untuk mengerjakan puasa Ramadhan keesokan hari, diwajibkan baginya untuk meniatkan puasa di malam hari meskipun sesaat sebelum masuknya waktu sholat subuh. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam sebagian hadits. 

Jadi, niat puasanya bisa di lakukan juga pada saat bersantap sahur yang penting niatnya jangan sampai ketinggalan ya.

2. Makan Sahur

Di sunnah kan bagi seseorang untuk makan sahur meskipun hanya dengan segelas air putih. Sebab, di dalam sahur terdapat barokah sebagaimana telah disebutkan dalam hadits Anas bin Malik Radhiallahu Anhu yang diriwayatkan oleh Al-Bukhory (1923) dan Muslim (1095). 

Di sisi lain, makan sahur membantu memberikan energi bagi seseorang sehingga tubuhnya tidak terlalu lemah untuk menunjang aktivitas selama sehari penuh karena memiliki asupan energi dari makanan sahurnya. 

Namun jika seseorang tidak makan sahur, baik sengaja maupun tidak sengaja dan dia tetap berpuasa, maka puasanya tetap sah.

Di sunnah kan juga mempercepat buka dan mengakhirkan sahur. Oleh karena itu, disebutkan dalam hadits Anas Radhiallahu Anhu yang diriwayatkan oleh Al-Bukhory (1921) dan Muslim (1097) kalau jarak antara sahurnya Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dengan sholat subuh seukuran bacaan 50 ayat. 

Dijelaskan oleh para ulama kalau bacaan tersebut bukan bacaan yang terlalu panjang dan bukan pula yang terlalu pendek, tapi bacaan yang panjangnya pertengahan.

Karena saat ini sudah banyak bertebaran jadwal imsakiyah yang bisa kita dapatkan dengan mudah melalui media sosial atau edaran kertas secara langsung maka kita hanya perlu mengikutinya sesuai jadwal tersebut.

3. Waktu Menahan

Puasa merupakan ibadah berupa menahan diri dari makan, minum, dan pembatal-pembatal puasa lainnya. Waktu menahan tersebut dimulai dari terbitnya fajar shodiq (fajar kedua yang merupakan pertanda waktu sholat subuh) yang ditandai dengan adzan subuh hingga matahari terbenam.

Jadi, patokan seseorang mulai berhenti makan dan minum karena harus menahan bukanlah waktu imsak. Tuntunan syariat menyebutkan kalau patokannya adalah adzan subuh yang berkumandang, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Abdullah bin Umar Radhiallahu Anhuma yang diriwayatkan oleh Al-Bukhary (1918) dan Muslim (1092).

4. Berbuka Puasa

Hendaknya seseorang bersungguh-sungguh menjaga puasanya dengan baik sampai waktu berbuka puasa telah masuk. Waktu berbuka puasa ditandai dengan terbenamnya matahari atau sesuai jadwal imsakiyah yang berlaku di daerah kita masing- masing.

Jika waktu berbuka puasa telah tiba maka disyariatkan untuk segera berbuka puasa dan tidak boleh menundanya meskipun saat kita masih dalam perjalanan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang panduan puasa bagi pemula mulai dari sahur sampai berbuka puasa. Semoga apa yang kami jelaskan bisa menjadi bekal ilmu bagi kaum muslimin dalam menyongsong bulan puasa yang sebentar lagi akan bersama dengan kita, Insya Allah.
Rio Vestoli
Rio Vestoli Blogger pemula pecinta kopi

4 comments for "Panduan Puasa Bagi Pemula dari Sahur Sampai Berbuka"

  1. Singkat, jelas dan padat. Teruskan bang, bagikan ilmu yang bermanfaat.

    Kalau masalah buka puasa ane gk usah ditanya bang, udah nomor 1 se keluarga. Gk usah diauru langsung gas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhhh selamat menjalankan ibadah puasa semoga bisa lancar sampai akhir ya bang...

      Delete
  2. bermanfaat gan untuk orang islam yang menjalankan ibadah puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, Ibadah puasa memang selalu ditunggu kaum muslimin karena begitu banyak keutamaannya..

      Delete