Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mempercepat artikel terindex google

Cara mempercepat artikel terindex google dengan mudah bagi blogger pemula terkadang bertanya tanya, mengapa artikel postingan blog saya tidak tampil di google? atau berapa lama postingan blog saya ditampilkan di mesin pencari google..?

Artikel kita memang terkadang butuh waktu agak lama untuk dapat tampil di halaman pencarian google atau mesin pencari lain. Hal itu bisa terjadi biasanya karena saat anda melakukan posting di blog, tidak langsung melakukan submit url pada web master tool.

Peran web master tool sangatlah penting untuk mengelola sebuah blog atau website. salah satu menu yang disediakan pada webmaster tool atau google search console adalah meminta proses index halaman url lebih cepat, yaitu melalui fitur inspeksi url.

Dimana fitur inspeksi url ini berguna untuk menguji apakah halaman artikel anda aktif dan berada di google atau tidak. Setelah halaman yang anda uji telah aktif di google, selanjutnya adalah melakukan permintaan index agar artikel blog lebih cepat terindex.

Namun sebelumnya, alangkah baiknya untuk mengetahui sebab kenapa artikel belum terindex atau malah blog anda mengalami de index.

Apa itu de Index ?

De index merupakan permasalahan yang terjadi pada blog anda sehingga artikel blog/website tidak tampil pada halaman pencarian mesin pencari.

Penyebab Artikel Blog Mengalami De Index (duplikat konten)

Agar lebih jelas saya akan memberi gambaran dari pengalaman pada blog ini juga dulu pernah mengalami kanonikalisasi atau konten duplikat.

Jadi, dulu saat blog utama saya daftarkan ke google adsense, terjadi penolakan karena salah satunya yaitu di anggap melakukan pembuatan konten duplikat, padahal isi setiap artikel saya berbeda. Ternyata masalahnya ada pada judul yang mirip.

Contoh ;
Judul artikel 1 ; cara mendapatkan uang dari internet dengan blog
Judul 2 ; cara mendapatkan uang dari internet dengan menjadi youtuber
Dan seterusnya.

Sudah paham kan...? Jadi, jika tidak ingin blog anda terkena de index maka jangan sekali kali menggunakan judul yang mirip.

Cara Memperbaiki Blog yang Terkena de Index !

Hapus artikel yang mempunyai judul mirip seperti yang telah saya jelaskan di atas, cara menghapus url yang benar yaitu, pertama anda harus menghapus artikel dari blog anda setelah itu langsung hapus juga url nya di google search console.

Karena jika anda hanya menghapus di blog saja maka artikel tersebut masih muncul di hasil pencarian google. Imbasnya, jika artikel tersebut di temukan oleh orang lain dan membukanya maka halaman tersebut tidak ditemukan dan mengalami eror 404 atau link rusak. 

Padahal, link rusak tidak boleh terjadi jika anda berniat untuk mendaftarkan blog ke google adsense. Karena adanya link rusak dapat menjadi alasan penolakan bagi adsense. 

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google dengan Webmaster Tool

  1. Buka google search console
  2. pilih properti atau blog anda
  3. Pilih fitur inspeksi url seperti penjelasan di bawah ini ; 
cara mempercepat artikel terindex google


4. Setelah itu, buka judul postingan pada blog anda yang belum terindex, lalu masukan alamat url artikel tersebut ke dalam fitur inspeksi url seperti pada arah panah gambar di atas, kemudian enter.

Tunggu proses paling lama 1 menit dan akan muncul keterangan jika tidak aktif maka tekan tombol uji url aktif yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih menu minta pengindeksan yang berada di bawahnya. 

Selain google search console, anda juga perlu untuk menggunakan layanan webmaster tool bing. Karena menurut pengalaman saya, artikel blog yang telah terindex google belum tentu muncul di hasil mesin pencarian lain. Maka perlu melakukan submit url pada webmaster bing.. 

Cara meminta pengindeksan pada yahoo bing lebih mudah jika semua artikel pada blog kita telah terindex pada mesin pencari google. Caranya hanya melakukan impor data dari google search console ke webmaster yahoo bing.

Kesimpulan : 

Agar artikel postingan cepat terindex seperti yang telah saya jelaskan di atas, selain menggunakan pemilihan judul artikel yang tepat, juga harus meminta pengindeksan dengan cara manual pada setiap anda memposting artikel baru.


Cara submit artikel agar cepat terindex juga sangat berguna jika blog anda ingin di daftarkan ke google adsense. Karena blog yang artikelnya belum terindex dapat menjadi salah satu sebab blog ditolak oleh adsense.
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara mempercepat artikel terindex google"