Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara verifikasi domain tld pada google search console

Verifikasi top level domain pada google search console dilakukan untuk memastikan siapa pemiliknya. Top level domain (tld) biasanya digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari membuat identitas nama pada blog atau website.

Kenapa harus menggunakan domain tld..?

Ada banyak alasan kenapa para pembuat/pemakai web/blogger lebih memilih tld daripada yang gratis yang telah disediakan oleh google maupun wordpress. Biasanya alasan memakai tld kebanyakan karena ingin lebih profesional dan lebih maksimal dalam mengelola blog/website. 

Karena pengunjung biasanya lebih tertarik dengan blog/web yang menggunakan domain berbayar seperti, com, id, web id dan masih banyak lagi. 
Ada banyak penyedia tld yang sudah terpercaya dan banyak digunakan oleh blogger indonesia, misalnya, niagahoster, rumah web, dan masih bayak lagi yang lainnya.

Tips jika anda ingin menggunakan tld.

  1. Pilihlah penyedia domain atau perusahaan hosting yang sudah terpercaya dan mempunyai reputasi baik di kalangan blogger senior yang telah bertahun  tahun menggunakannya.
  2. Pilihlah nama domain yang familiar yang telah banyak di gunakan oleh blog/web papan atas seperti yang telah saya jelaskan di atas.
  3. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda, karena menggunakan tld berarti anda berencana untuk penggunaan jangka panjang.
Dan alasan yang paling umum adalah karena untuk tujuan mendapatkan penghasilan  (memonetisasi) blog/website.  Meskipun, domain gratis seperti blogspot juga bisa digunakan untuk monetisasti blog pada google adsense, adnow dan lainnya, kecuali mgid.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara saya melakukan verifikasi tld pada google search console setelah saya melakukan custom domain dari blogspot ke tld.


Langkah Pertama ;


Buka google search console lalu pilih nama atau properti domain yang ingin di verifikasi atau langsung pada tautan "verifikasi kepemilikan situs Anda" lalu klik tombol verifikasi properti.


Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut :

Setelah itu, salin data txt seperti posisi pada arah panah di atas, lalu masuk ke penyedia nama domain anda. Setelah anda berhasil log in, selanjutnya masuk ke menu dns managemen lalu tambahkan new record kemudian masukan kode txt yang telah di salin tadi. 

Jika bingung, hubungi tim customer support anda dan minta mereka untuk memasukan data txt tersebut. Biasanya sih sudah ada panduan khusus mengenai hal ini.


Setelah anda berhasil pada dns managemen selanjutnya kembali ke google search console untuk melakukan verifikasi.  
Proses ini biasanya berlangsung cepat seperti pengalaman saya hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dan domain tld saya telah berhasil di verifikasi pada google search console.


Sementara hanya ini yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat..

Post a Comment for "Cara verifikasi domain tld pada google search console"