Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Panduan Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang untuk Pemula.

Di era digital ini, ada banyak orang yang belum mengerti bahwa dengan menjadi seorang blogger, kita dapat menghasilkan uang hanya dengan hobi menulis di blog.

Hampir setiap hari kita menggunakan internet, baik melalui ponsel pintar atau laptop. Dalam penggunaannya, saat kita mengakses aplikasi media sosial, misal facebook atau whatsapp, terkadang ada saja yang membagikan artikel melalui link atau tautan yang kadang kita tidak tau dari mana sumbernya. 

Cara menghasilkan uang dari blog



Padahal, kebanyakan isi artikel tersebut adalah sumbernya dari blog atau web yang ada di halaman google.


Lalu, apakah mereka yang telah  capek - capek menulis membuat artikel panjang lebar tidak mendapatkan apa - apa..? 


Tahukah anda, bahwa artikel yang sering kita jumpai di halaman 1 google itu adalah artikel dari para blogger yang telah sukses dan mendapatkan banyak uang dari blog mereka.

Seperti apakah contoh blog yang menghasilkan uang...?

  • Jika anda seorang pemula yang baru akan membuat blog, dan ingin mendapatkan uang dari blog, maka langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan belajar membuat blog yang benar dan berkualitas.
Menurut saya, untuk awalan tahapan belajar membuat blog yang mudah dan dapat langsung menghasilkan uang adalah dengan blogger (blogspot). Selain gratis, blogspot mudah digunakan dan dapat di monetisasi dengan google adsense.

Untuk cara membuat blog dengan layanan blogger ini sangatlah mudah, anda hanya perlu meluangkan waktu untuk belajar, ada banyak sekali tutorial nya di google.
  • Jika anda sudah mempunyai blog namun belum mampu menghasilkan uang, mungkin anda salah langkah dalam mengelola blog dan perlu diperbaiki, dirombak atau malah harus membuat blog baru.  
Nah jika anda  benar - benar serius ingin mendapatkan penghasilan dari blog, perhatikan baik - baik ;

#Langkah pertama :

1. Tentukan Nama Domain yang Tepat.

Ada dua jenis domain, yaitu :
  • Gratis, contohnya blogspot
  • Top Level Domain, contohnya com, id, Net, dan masih banyak lagi.
Domain gratis atau yang berbayar sama - sama bisa digunakan untuk mendaftar ke google adsense.

Namun, bagi blogger yang sudah profesional sudah pasti menggunakan tld karena biasanya pengunjung blog lebih tertarik dengan blog atau website yang telah tld.

Setelah nama domain telah ditentukan, selanjutnya adalah ;

2. Gunakan Top Level Domain (tld) dan Hosting.

Alasan kenapa harus menggunakan top level domain adalah agar blog anda mampu bersaing di halaman pencarian google. Karena jika anda memaksakan dengan menggunakan domain gratisan, misal blogspot, maka dari pengalaman saya akan sangat sulit artikel blog tersebut bersaing dengan mereka yang menggunakan tld. 

Ada banyak penyedia layanan domain berbayar di internet, mulai dari harga yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 


Jadi intinya, jika ingin lebih cepat sukses, anda harus rela mengeluarkan modal. Karena ada pepatah mengatakan, tidak ada yang gratis di dunia ini jika anda ingin berhasil.

#Langkah ke dua: Cara Mendapatkan Uang Melalui Blog

  • Gunakan Template Premium

Jika kita menggunakan blogger atau wordpress, telah disediakan template gratis. Namun dari pengalaman saya pribadi, template gratis banyak kekurangan nya. mulai dari tampilan nya kurang menarik, banyak tombol widget atau navigasi yang belum tersedia.

Kelebihan template premium adalah responsive dan fast loading. Dimana saat ini google telah mengutamakan peningkatan performa penelusuran dari pengguna ponsel.


Selain itu, template premium juga mampu meningkatkan kecepatan halaman blog kita saat bersaing di pencarian google dan berpeluang mampu memenangkan dari pesaing blog lain. 

#Langkah ke tiga untuk Menghasilkan Uang dari Blog

1. Isi Blog dengan Artikel Berkualitas

Bagi anda yang masih pemula tentu sulit untuk membuat tulisan yang berkualitas baik di mata pengunjung atau google.

Bagaimana caranya menghasilkan tulisan berkualitas..?


Caranya adalah dengan membaca tulisan artikel para blogger yang telah sukses lalu memahami teknik penulisannya kemudian menerapkan nya dengan gaya tulisan sendiri.


Setelah itu, satu satunya cara agar tulisanmu berkualitas baik adalah dengan mengasah kemampuan mu melalui rutinitas dalam menulis. 


Seiring bertambahnya jumlah artikel yang di publish maka  dengan sendirinya anda akan menemukan teknik terbaik agar tulisan menjadi berkualitas.


2. Promosi blog

Salah satu cara agar blog dikenal banyak orang dan ramai pengunjung adalah dengan melakukan promosi. 

Saat ini ada banyak media promosi yang dapat kita manfaatkan, diantaranya adalah, whatsapp, facebook, youtube, pinterest.


Cara yang masih efektif sampai saat ini untuk promosi adalah di forum atau grup facebook. Ada banyak sekali forum di fb, seperti grup blogger, grup google adsense, dan lainnya. 

Namun, jika anda mempunyai modal, lebih cepat memakai jasa promosi google ads karena blog atau artikel anda akan di promosikan langsung oleh google, dan pasti hasilnya akan sangat efektif.

Darimana blogger mendapatkan uang..?

1. Melalui Monetisasi Google Adsense

Setelah blog anda menggunakan domain berbayar, template premium, isi artikel yang berkualitas, dan sudah anda promosikan sehingga mempunyai pengunjung atau travik yang cukup tinggi, saatnya untuk mendaftarkan blog anda ke google adsense.

Namun, jika anda ingin menjadi publisher adsense, maka pastikan isi blog anda bersih dari segala hal yang dapat menyebabkan blog anda ditolak oleh google adsense. 


Hal penting jika memang anda berniat menjadi publisher adsense, pastikan travik blog anda tinggi. Minimal mempunyai kunjungan 1000 perhari. Karena kunci penghasilan dari google adsense adalah dari travik yang tinggi.


Lalu, bagaimana jika travik blog masih rendah..?


Bersabarlah... karena jika blog anda masih sepi pengunjung, akan sangat percumah di monetisasi.

2. Melalui Program afiliasi

Afiliasi atau kemitraan merupakan bentuk kerjasama kita dengan pemasar untuk memasang iklan produk mereka di web atau blog kita.

Cara ini dapat menghasilkan banyak uang jika anda mempunyai jiwa berdagang yang tinggi atau pandai dalam mempromosikan produk barang.


Karena, anda akan mendapatkan komisi dari produk yang di beli oleh pengunjung blog anda.

Jadi, sukses tidaknya program afiliasi ini bergantung dari kemampuan anda untuk menarik calon pembeli. semakin banyak iklan yang di beli, maka akan semakin banyak uang yang akan di dapatkan.


Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang "