Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips memilih jenis template bawaan blogger

Tips memilih jenis template bawaan bloggerBanyak yang beranggapan bahwa template atau tema bawaan blogger itu kalah jauh dari yang premium. Padahal, itu tidak sepenuhnya benar.

Walaupun memang kenyataannya, para blogger sekarang sangat jarang sekali yang mengunakan tema bawaan blogger untuk blog mereka. Alasan yang paling umum adalah karena template bawaan blogger kurang menarik dan banyak widget yang belum ada seperti widget whatsapp.

Namun, bagi Anda yang ingin mencoba template gratis dari blogger, berikut ini adalah hasil dari beberapa percobaan yang telah saya lakukan pada blog saya. 

Hasil Pengujian Template Bawaan Blogger Melalui Pagespeed Insights :

  1. Kontempo, score kecepatan mobile 92, desktop 100
  2. Terkemukascore  mobile 92 desktop 99
  3. Emporio, mobile 89, desktop 97
  4. Soho mobile 87, desktop 98
  5. Template blogger klasik nilai ponsel rata-rata dibawah 90 semua.


template bawaan bloggerkecepatan template bawaan blogger



Terbukti dengan score nilai sampai 99 maka template dari blogger ini sudah lebih dari cukup untuk ukuran versi gratisan. J
adi, template bawaan blogger adalah rekomendasi dari saya yang patut untuk di coba. Karena pada blog utama saya juga sampai sekarang masih menggunakan nya.

Kelebihan Template/tema Bawaan Blogger

1. Template Blogger Sudah Responsive dan Mobile Friendly

Untuk cara membuat tema blog responsive sendiri menurut saya perlu sedikit pengetahuan dasar koding. Karena untuk memodifikasi nya secara aman dan benar sesuai dengan kebijakan google, maka tidak boleh sembarangan.

Jika pada versi premium memang sudah pasti responsive, tapi kita tidak tau apakah skrip yang dipasang didalamnya benar - benar aman dan sesuai dengan kaidah yang benar..? 
Dibawah ini adalah hasil pengujian menggunakan alat penguji situs mobile friendly google search console pada blog ini menggunakan versi bawaan blogger. 



template blogger mobile friendly

2. Template Blogger dari Google Mudah digunakan.

Template bawaan blogger lebih mudah digunakan dan di modifikasi meskipun bagi yang belum memiliki banyak pengetahuan mengenai koding. Saya sendiri belajar dan mulai sedikit mengerti koding dari hasil otak atik tema blog ini.

Anda pun bisa membuat tema blog SEO friendly jika mau belajar dari para ahli yang banyak membuat tutorial di internet. Masalahnya tinggal mau apa tidak untuk sedikit pusing.


3. Template Bawaan Blogger Bisa digunakan Selamanya dan Gratis

Ini yang paling penting, bagi blogger pemula atau blogger yang belum mempunyai banyak modal, tema bawaan blogger adalah pilihan yang paling tepat. Walaupun mempunyai kekurangan yaitu tampilannya kurang menarik, namun kelebihannya yaitu tanpa resiko.
  •  Artinya, jika anda menggunakan tema blog gratis yang banyak di sediakan di internet memang banyak pilihan namun ketahuilah bahwa template gratis diluar sana banyak mengandung script berbahaya dan terdapat batas waktu pemakaian.
Jadi, seandainya anda diterima adsense dengan tema gratis dari luar, maka suatu saat anda akan menghadapi kenyataan bahwa tiba - tiba tema tidak bisa digunakan lagi dan mungkin harus membeli yang premium.

Kesimpulan :


Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman saya dalam memilih template terbaik. Semoga bagi anda yang membaca, mempunyai sedikit gambaran dan akan lebih bijak dalam memilih  baik itu versi gratis atau berbayar.


Intinya, jangan asal beli template jika anda tidak mempunyai pengetahuan koding, karena jika anda salah dalam memilih tema untuk blog atau website anda maka akan menyesal di tengah jalan
.   
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Tips memilih jenis template bawaan blogger "