Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Telogo Rejo Sendang Baru Lampung Tengah

Di penghujung akhir tahun 2021, kami kembali berwisata ke Telogo Rejo Sendang Baru. Ada beberapa perubahan yang tampak dari salah satu tempat wisata alam terbaik di Lampung Tengah saat ini.

Mulai dari pembenahan dan penambahan pada beberapa fasilitas yang ada. Namun, spot foto unggulan (kebun bunga), hari ini tampak layu dan tak seindah dulu. 

Danau telogo rejo yang dulu sempat jernih pun hari ini telah tertutup oleh tumbuhan apon-apon (apu-apu).

telogo rejo sendang baru
Foto danau telogo rejo sendang baru: akhir tahun 2021

Padahal, tahun lalu, air danau telogo rejo masih bersih. Indah di pandang dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Semoga pihak pengelola membaca tulisan ini, agar menjadi perhatian lebih lanjut. Kita lihat foto tahun 2020 dibawah ini, bandingkan dengan yang di atas.

telogo rejo sendang baru
Foto danau telogo rejo sendang baru tahun 2020 

Berikut ini merupakan beberapa lokasi spot foto dan fasilitas yang ada di wisata ini.

Spot Foto Wisata Danau Telogo Rejo Sendang Baru Lampung Tengah

  • Kebun Bunga 
foto kebun bunga wisata telogo rejo sendang baru
foto kebun bunga wisata telogorejo sendangbaru (diambil tahun 2020)

Kebun bunga ini adalah spot foto terbaru paling populer di wisata telogo rejo sendang baru. Padang bunga yang cukup luas dengan pemandangan sekitar yang menakjubkan. 

Jika Anda ingin melihat bunga yang masih segar dan hasil foto yang lebih maksimal maka datanglah ke tempat ini saat masih pagi.

  • Danau telogo rejo sendang baru

danau telogorejo sendang baru lampung tengah
Danau telogorejo sendangbaru lampung tengah (foto ini diambil tahun 2020)

Jika Anda ingin melihat pemandangan danau telaga sembari bersantai, ada banyak tempat yang telah di sediakan oleh pengelola seperti pondok untuk berteduh yang berjejer di sepanjang danau.

Selain itu, bagi Anda yang hobi mancing, danau telogorejo juga banyak ikannya lho. Banyak pemancing yang datang kesini setiap hari mulai dari siang sampai malam.  

Rute Menuju Lokasi Telogo Rejo Sendang Baru

  • Arah dari utara

Jika anda dari gunung sugih dan sekitar nya, maka rute perjalanan dapat ditempuh dari rute terdekat yaitu melalui kecamatan padang ratu yang berbatasan langsung dengan kecamatan sendangagung. 

Perjalanan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam baik menggunakan kendaraan motor maupun mobil.

Jika telah memasuki perbatasan kecamatan yaitu desa sendang mukti maka lurus saja menuju desa sendang asri kemudian melewati desa sendang asih dan lurus sampai menemukan desa sendang baru.

  • Arah dari selatan
Jika anda dari bandar lampung atau pringsewu dan sekitarnya, maka langsung saja menuju arah pasar kalirejo, lurus ke barat melewati pabrik sawit, desa kalidadi, desa kutowinangun, desa sendang rejo, lurus menuju pasar sendang agung kemudian lurus menuju desa paling ujung barat yaitu desa sendang baru.

Karena lokasi danau telogo rejo berada di ujung barat kecamatan sendangagung, maka rute yang dilalui baik dari arah utara, timur maupun selatan, sama - sama akan bertemu pada titik desa sendang asih yang merupakan perbatasan dari desa sendangagung.

Jangan khawatir karena saat ini jalan menuju wisata tersebut cukup mudah dilalui karena jalan masing - masing desa yang berada di kecamatan sendang agung selalu diperbaiki dari program desa masing - masing.

Tiket masuk telogo rejo Sendangbaru

Saat kami kesini, harga tiket masuknya masih sangat terjangkau yaitu 10 Ribu Rupiah per motor, sudah termasuk parkir. 

Fasilitas telogo rejo Sendang Baru

  1. Rumah makan
  2. Tempat Ibadah (mushola)
  3. Toilet umum
  4. Saung
  5. Balai pertemuan
  6. Kolam renang anak-anak
Kolam renang anak wisata telogorejo sendangbaru
Kolam renang kusus untuk anak-anak

Saat ini, pihak pengelola wisata sedang membangun beberapa fasilitas sebagai penunjang dan untuk memenuhi kebutuhan yang bertujuan agar menambah kenyamanan para wisatawan.

Beberapa fasilitas yang sedang diperbarui adalah pondok atau tempat berteduh ukuran sedang yang digunakan untuk bersantai atau berteduh dari sinar matahari saat sedang terik panas.

Selain itu, beberapa fasilitas lain seperti, kolam renang mini, spot foto selfie tambahan, dan lainnya telah mulai dibangun oleh pihak pengelola wisata. 

Anda juga dapat menggunakan google maps sebagai petunjuk arah, namun hal ini kurang maksimal jika mendekati lokasi karena di beberapa tempat, signal internet belum optimal di daerah tersebut. 

Sejarah singkat Wisata Danau Telogo rejo

wisata telogorejo sendangbaru lampung tengah

Saat itu sekitar tahun 2000 an, tempat ini belum dikelola untuk menjadi tempat wisata. Hampir setiap hari minggu telogorejo ramai oleh pengunjung, kebanyakan yang datang ke tempat ini adalah kaum muda mudi remaja, baik itu masyarakat lokal atau luar desa setempat.

Karena saat itu danau masih banyak ikan nya, banyak juga para pemancing yang mencari ikan di sana. Banyak kegiatan atau event cukup besar yang pernah diadakan ditempat ini, mulai dari balap motor trail, konser music band dan kegiatan sosial lainnya.

Kegiatan tersebut hampir di adakan setiap tahun dan masih berlangsung hingga tahun 2010 an. Namun, seiring bertambahnya waktu, kaum remaja sudah mulai mengikuti perkembangan zaman dan lebih memilih liburan ke tempat - tempat yang jauh seperti pantai dan tempat wisata lain yang terkenal di Lampung.

Hingga akhirnya, tempat tersebut menjadi sepi, kemudian ada pengelola dari pihak masyarakat sekitar yang bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk mengolah tempat ini menjadi destinasi wisata kebanggaan warga desa sendang baru, yang saat ini di kenal dengan wisata danau telogo rejo.



Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

4 komentar untuk "Wisata Telogo Rejo Sendang Baru Lampung Tengah"

  1. Balasan
    1. Kalo ke lampung, jangan lupa mampir ke wisata danau telogo rejo sendang baru ya..

      Hapus
  2. Telogo rejo sendang baru wisata danau yang cantik, ditambah dengan kebun bunganya yang indah saat ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang telogo rejo sendang baru udh mulai rame...

      Hapus