Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Daring: Arti, Harapan dan Kenyataan

Belajar Daring: Arti, Harapan dan Kenyataan - Tak bisa di pungkiri bahwa belajar daring yang harus dilakukan saat ini adalah karena hadirnya si covid yang telah memunculkan banyak problem terutama di dunia pendidikan. 

Namun, kita tak boleh berpangku tangan dan pasrah dengan keadaan. Karena pasti ada solusi yang ditawarkan dari setiap problem kehidupan.


belajar online
Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Arti belajar daring

Pembelajaran online adalah segala bentuk pembelajaran yang dilakukan sebagian atau seluruhnya melalui media internet. 

Atau suatu bentuk pendidikan jarak jauh dimana kursus atau program sengaja dirancang terlebih dahulu untuk disampaikan atau pengajaran dengan keterlibatan siswa, dan penilaian yang khusus dalam kegiatan virtual.

Sementara beberapa orang menganggap bahwa pembelajaran online memerlukan tingkat motivasi diri yang lebih besar. 

Perlu dukungan juga dari lembaga pendidikan serta umpan balik dari guru untuk memastikan bahwa siswa mereka menerima dukungan yang sama dengan yang mereka terima di sekolah atau di kampus.

Harapan belajar daring

Pembelajaran online merupakan pilihan terbaik saat ini ditengah adanya pandemi. Dengan kenyataan semakin banyaknya sekolah yang ditutup, maka siswa harus terus belajar dan berkembang walau dalam keadaan apapun.

Meskipun belajar daring tidak akan bisa menyamai belajar luring. Tapi setidaknya hal itu bisa sedikit mencegah agar dunia pendidikan tidak semakin terpuruk. 

Dan sekarang bukan saatnya untuk mengeluh. Tapi saatnya bertindak memberikan yang terbaik untuk putra putri kita.

Disamping itu, jika kita mampu memanfaatkan sumber daya yang ada seperti E-book, jurnal, video, kuis, forum diskusi dan lain sebagainya, maka akan tercapai hasil yang cukup di banggakan.

Suka duka belajar daring

Susahnya sinyal , borosnya quota dan keterbatasan smartphon memang menjadi kendala di daerah tertentu seperti di kampung kami. 

Tapi sebetulnya yang menjadi masalah utama adalah ketidak siapan orang tua yang mendadak harus beralih posisi sebagai seorang guru di rumah untuk anaknya.

Well apapun masalahnya the show must go on, begitu kata orang pintar ? Tidakkah lebih bijak jika kita mencoba menjadikan situasi seperti saat ini sebagai evaluasi.

Karena dibalik kesulitan pasti ada kemudahan. Jika kita menyikapinya dengan positif thinking, maka belajar online ternyata juga menyenangkan lho. 

Contohnya, kita lebih banyak waktu yang fleksibel dan bisa di lakukan di rumah atau dimanapun.
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Belajar Daring: Arti, Harapan dan Kenyataan"