Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekolah Boarding School: Alasan Kenapa Harus Memilihnya

Sekolah boarding school saat ini menjadi pilihan yang tepat di tengah kemajuan teknologi yang semakin cepat. Perkembangan internet yang semakin hari tak terbendung, mengakibatkan informasi dapat di akses oleh siapa saja termasuk remaja.

Alasan kenapa Sekolah di Boarding School

Masalalahnya, saat ini banyak orang tua yang tidak bisa selalu memantau apa yang di lakukan anaknya terhadap gadget mereka. 

Jika dibiarkan, maka anak sekolah khususnya usia remaja, cenderung akan melakukan hal-hal yang melampaui batas. Oleh sebab itu, Sekolah berasrama merupakan jalan keluar agar pendidikan anak tetap berjalan dengan baik ditengah pesatnya arus informasi digital

Walaupun hal itu tidak sepenuhnya menjamin kesuksesan, namun setidaknya sekolah dengan asrama mempunyai banyak kelebihan.

Arti Boarding School

Boarding school adalah sekolah yang menerapkan sistem pendidikan dengan fasilitas asrama untuk tempat tinggal bagi sebagian atau seluruh siswanya. 

Jika di pedesaan, biasanya orang-orang dan masyarakat umum lebih mengenalnya dengan sebutan pondok pesantren boarding school.

Alasan Kenapa Memilih Sekolah Boarding School

  1. Siswa lebih banyak waktu untuk belajar
  2. Mengajarkan anak untuk disiplin
  3. Mengurangi resiko terkena pergaulan bebas
  4. Melatih anak untuk mandiri
Manfaat lain dari sekolah berasrama adalah praktik mengoptimalkan anak dalam meraih prestasi akademik. Selain itu, sekolah boarding school dapat membuat mereka mencapai peluang lebih besar dalam kesuksesan di masa yang akan datang.

Contoh sekolah dengan asrama terbaik yang ada di Sendangagung Lampung Tengah adalah SMP dan SMA Muhammadiyah 1 Sendangagung. Apa alasannya ?

Pondok pesantren boarding school yang didirikan oleh Cabang Muhammadiyah Sendangagung dari 3 tahun lalu, telah mendapat prestasi yang membanggakan. 

Sebagian besar santri nya telah mencapai target hafalan sampai beberapa juz. Bahkan, ada beberapa siswa telah meraih prestasi di bidang tahfidz baik di tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi Lampung.

Kesimpulan


Jadi, sekolah dengan asrama telah menjawab tantangan di zaman era digital ini sebagai benteng dari dampak arus informasi tanpa batas. 

Walaupun biaya yang dikeluarkan lebih besar karena harus membayar fasilitas dan lainnya. Namun akan sebanding dengan hasil yang di dapatkan nya.
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

21 komentar untuk " Sekolah Boarding School: Alasan Kenapa Harus Memilihnya "

  1. Ternyata sekolah boarding school bagus juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekolah boarding school bagus bagi orang tua yang kesulitan memantau anaknya gan. Karena sekolah dengan asrama akan sangat membantu tugas orang tua yang super sibuk.

      Hapus
  2. Sekolah dengan sistem boarding menurut saya melatih anak untuk hidup mandiri dan bisa mengatur keuangan, tentu hal ini akan sangat berguna bagi masa depannya kelak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, apalagi boarding school juga telah menjadi trends di kalangan elit beberapa pejabat negara saat ini.

      Hapus
  3. Didikan seperti itu benar-benar terbukti mengasah Kemampuan Anak-anak, beda dengan Metode pengajaran di sekolah-sekolah pada umumnya.
    Tapi ya gitu, Makin bagus Metode Pengajarannya, makin mahal juga Biaya-biaya yang dikeluarkan oleh orang tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti istilah, ada harga ada kualitas. Tapi walau mahal, akan sebanding dengan hasil yang di dapatkannya.

      Hapus
  4. Benar, boarding school tidak semata mendidik, tapi juga membentuk kepribadian, menatar sikap sekaligus menempa mental. Semoga persebaran sekolah dengan model seperti ini akan merata di seluruh Provinsi. Tentunya dengan infrastruktur dan fasilitas yang memadai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di daerah saya kebetulan masih pedesaan. Walaupun dengan sarana yang masih seadanya, tapi sekolah boarding school mulai punya trends di kalangan masyarakat.

      Hapus
  5. benar itu min, coba kampusku sudah ada asramanya pasti aku pilih masuk asrama :)

    BalasHapus
  6. Saya sempat mengajar di pesantren kak. Sistem boarding school memang bagus apabila seluruh warganya taat akan aturan dan sistem yang sudah disepakati. Tapi satu dua anak tetap ada yang nakal ya... Kita tidak bisa menyamaratakan seluruh siswa. 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlepas dari anak yang tidak patuh, memang sudah jd tabiat mereka. Dan dimana pun pasti ada.

      Hapus
  7. Saya jadi penasaran kalau sistem sekolah secara keseluruhan dibikin macam boarding school kira2 gimana ya? Kalau secara kualitas keliatannya menjanjikan sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut saya memang menjanjikan mas. Karena di sini yang termasuk wilayah pedesaan pun, sekolah dengan sistem boarding school sudah mulai di minati.

      Hapus
  8. Boarding school memang dalam pembelajaranya bukan hanya mengandalkan anak untuk pintar. Lebih dari itu, Boarding school yang saya tau juga membentuk pribadi / ahlak peserta didik.

    BalasHapus
  9. Sekolah yang ada asramanya gak cuma ngebuat siswanya lebih pintar tp lebih ke melatih mental dan kemandirian.

    Tio
    iotoMagz

    BalasHapus
  10. Saya dulu anak asrama lho, enak banget rasanya. Emang sih awal-awal kangen rumah, tapi lama-lama biasa.

    Sekarang malah kangen pengen jadi anak asrama lagi T_T

    BalasHapus
  11. ibarat kata kayak pesantren ya, saudara saya dari kelas SD sudah mondok di luar kota, memutuskan boarding school sebenarnya sulit sih perlu ada pertimbangan antara orang tua dan anak

    BalasHapus
  12. Aku juga tadinya pengen banget sekolah asrama begini, tapi apa daya abangku sudah lebih dahulu masuk pesantren.

    Biasanya, orangtua yang pilih sekolah boarding school ini supaya anaknya tak terlibat pergaulan bebas gitu*

    BalasHapus
  13. Apakah diindonesia ada boarding school? kira2 setuju nggak min kalau Indonesia menerapkan sistem ini

    BalasHapus