Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Menentukan Keyword yang Tepat (Blogging Tips)

Sebelum membuat konten, sebaiknya kita mempunyai strategi untuk menentukan keyword yang tepat. Ini merupakan salah satu skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang konten kreator dalam hal ini yaitu penulis artikel.

Terlepas apapun tujuan Anda, pada posting kali ini saya akan berbagi beberapa tips yang biasa saya lakukan untuk menentukan kata kunci yang menurut saya potensial untuk dijadikan artikel.

Materi ini termasuk dalam teknik dasar SEO artikel yang telah saya praktikan sesuai dari pengalaman ngeblog selama lebih dari 3 tahun. Bisa dikatakan sharing gratis lah. Meski demikian, semoga dapat membantu Anda yang sedang membaca tulisan ini. Tanpa berlama-lama, selamat membaca.

Strategi Menentukan Keyword yang Tepat

Strategi Menentukan Keyword yang Tepat
Gambar oleh Wokandapix dari Pixabay

#1. User intent (Maksud Pencarian)

Langkah pertama untuk menentukan kata kunci yang tepat yaitu dengan mengetahui user intent. Maksudnya adalah, Anda harus mengetahui apakah maksud pengguna melakukan pencarian di google.

Misalnya, Anda mencari informasi tentang suatu produk (contohnya laptop) yang ingin Anda beli. Maka, mesin pencari seperti google biasanya menampilkan hasil pencarian berupa website jualan. Seperti tokopedia, blibli, shopee atau website yang punya produk itu langsung.

Jadi, keyword sejenis tersebut tidak cocok digunakan oleh blog pribadi (seperti ini misalnya). Untuk itu, Anda harus paham tentang maksud dari orang mencari kata kunci di mesin pencari. Ada banyak contoh keyword yang bisa dijadikan artikel, seperti tutorial, how to, cara, sharing, motivasi dan lain sebagainya.

#2. Trends Pencarian

Cara menentukan Keyword yang Tepat menggunakan google trends

Tips menentukan kata kunci yang selanjutnya yaitu dengan mengecek atau memeriksa trend pencarian suatu keyword. Cara mudah melakukannya yaitu dengan menggunakan google trends. Alat ini merupakan andalan saya selama ini untuk mencari keyword potensial.

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, jika ada grafik meskipun sedikit, berarti kata kunci tersebut ada yang mencarinya. Saya biasanya membuat patokan minimal harus ada pencariannya dalam jangka 7 hari terakhir. Itu cuma contoh ya, selebihnya silahkan berkreasi sesuai selera masing-masing.

Jika Anda mempunyai modal, saya sarankan menggunakan tool premium (ahrefs). Alasannya yaitu karena alat ini cukup efektif untuk mencari keyword potensial dan kemungkinan akan tepat untuk Anda.

#3. Tingkat Persaingan

Tahap yang menurut saya paling penting dalam menentukan keyword yaitu dari tingkat persaingannya. Meskipun sebelumnya, Anda sudah mendapatkan kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi dan dicari banyak orang, namun akan cukup sulit meranking jika terlalu banyak pesaing.

Apalagi jika website atau blog Anda belum memiliki authority yang cukup kuat. Biasanya akan sulit bersaing dengan mereka yang menggarap keyword yang sama.

Jadi, sebaiknya Anda lebih memperhatikan hal ini agar konten atau artikel yang Anda buat nanti, lebih cepat dan mudah mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari.

Baca selengkapnya : Cara page one dengan cepat

#4. Nilai Keyword

Jika tujuan Anda membuat konten itu untuk moneysite, maka Anda harus memperhatikan apakah keyword tersebut mempunyai nilai. Dalam dunia blogging kita biasa mengenalnya dengan istilah CPC atau biaya per klik.

Karena, tidak semua kata kunci itu mengandung CPC. Ada yang 0 dan ada pula yang ratusan ribu nilainya. Untuk melihatnya, Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner, Ubersuggest, Keyword Surfer, dan lain sebagainya. Silahkan gunakan tools tersebut untuk mencari kata kunci dengan nilai CPC tinggi atau high paying keyword.

Namun, jika tujuan Anda mencari kata kunci hanya untuk sekedar mendatangkan banyak pengunjung saja, maka cukup gunakan strategi sesuai petunjuk yang telah saya jelaskan pada poin nomor 1 sampai 3. Gimana sobat, cukup bisa dimengerti bukan ?

Penutup

Itulah beberapa cara yang saya lakukan dalam strategi menentukan keyword yang tepat untuk blog ini. Jika masih ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan di kolom komentar ya, terimakasih.
Rio Ve
Rio Ve Blogger

Posting Komentar untuk "Strategi Menentukan Keyword yang Tepat (Blogging Tips)"