Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek NUPTK Sudah Keluar atau Belum (Terbaru)

Cara mengecek NUPTK sudah keluar atau belum itu sangat mudah. Anda hanya perlu menghubungi operator Sekolah/dapodik, lalu dapat langsung melihatnya di website verval PTK.

Namun pastikan bahwa sebelumnya Anda sudah mengajukan NUPTK dan sudah berhasil mengupload seluruh berkas persyaratan yang di butuhkan. Setelah berhasil diajukan oleh pihak Sekolah dalam hal ini biasanya oleh operator dapodik, maka tahap selanjutnya tinggal menunggu disetujui atau ditolak. 

Berikut cara Mengecek NUPTK Sudah Keluar atau Belum


Cara mengecek NUPTK sudah keluar atau belum

Silahkan masukan user login operator dapodikdasmen sekolah, maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas.
  • Pilih menu Status Pengajuan NUPTK
Status Pengajuan NUPTK

Cari menu/tombol status pengajuan nuptk di bagian kiri tengah seperti yang tampak pada gambar di atas. Lalu lihat pada bagian sebelah kanan. Jika statusnya masih antrian, maka Anda harus menunggu hingga status tersebut berubah menjadi di tolak atau di upprove (terbit NUPTK).

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

#Berapa lama NUPTK diterbitkan?

Dari pengalaman saya selaku operator sekolah (dapodik) yang telah mengurusi pengajuan NUPTK, untuk waktu penerbitannya itu bisa cepat dan bisa juga cukup lama.

Dari beberapa kali proses pengajuan, ada yang membutuhkan waktu 1 bulan lebih, dan ada juga yang sudah berhasil terbit dalam waktu 1 sampai 2 minggu.

#Kenapa penerbitan NUPTK lama?

Anda harus paham bahwa ada mekanisme alur penerbitan nuptk, antara lain: upprove oleh Dinas Provinsi (bagi SMA), upprove LPMP dan yang terakhir pusat. Jadi, jika operator sekolah/dapodik telah mengajukan sesuai dengan persyaratan yang berlaku, maka selebihnya Anda harus sabar menunggu.

Jika pengajuan ditolak, maka di menu status pengajuan akan ada keterangannya. Misal, ada berkas SK pengangkatan kurang 1 tahun, atau keterangan kekurangan lainnya.

#Tips agar NUPTK cepat terbit

Tips ini berdasarkan pengalaman saya pribadi telah berhasil mengajukan nuptk dan Alhamdulillah terbit dalam waktu kurang dari 1 bulan. Yang saya lakukan adalah:
  1. Upload berkas persyaratan sesuai petunjuk dan usahakan kualitas gambar (scan) bagus.
  2. Usahakan cek setiap hari agar mengetahui hasilnya. Jika ditolak, maka langsung diperbaiki sesuai keterangannya dan langsung upload (ajukan ulang).
  3. Update informasi perkembangan terbaru tentang pengajuan nuptk. Jika memang saat ini masih  belum buka, ya harus sabar menunggu sampai dibuka kembali.
  4. Berdo'a
Sepertinya cuma itu saja sih. Mungkin jika teman-teman operator lain punya pengalaman berbeda, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar ya. Demikian cara mengecek nuptk sudah keluar atau belum yang dapat saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat.

Tutorial Video Cara Cek Nuptk Sudah Terbit Atau Belum di Bawah ini:



Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

4 komentar untuk "Cara Mengecek NUPTK Sudah Keluar atau Belum (Terbaru)"

  1. Terimakasih, sangat membantu 🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  2. Terima kasih sangat membantu...Tuhan berkati sudah berbagi

    BalasHapus
  3. Terimakasih sabar menunggu

    BalasHapus