Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Laptop Asus untuk Pemula

Ada beberapa cara menggunakan laptop Asus untuk pemula yang perlu Anda ketahui. Hal ini penting agar laptop yang Anda gunakan nantinya tidak mudah rusak. Sehingga mempunyai harapan masa pakai yang lebih panjang.

Tulisan kali ini, saya hanya ingin sharing dari pengalaman saya yang sudah lebih dari 8 tahun menggunakan laptop asus. Alhamdulillah masih setia hingga kini dan mungkin sampai beberapa tahun ke depan.

Tanpa perlu panjang lebar, berikut cara menggunakan dan merawat laptop asus yang baik dan benar versi saya pribadi.

Cara menggunakan laptop asus untuk pemula

Cara menggunakan laptop asus untuk pemula

1. Penggunaan dan perawatan baterai

Bagi Anda yang mungkin baru membelinya, entah itu dalam keadaan baru atau second, pastikan untuk memperhatikan keadaan baterai laptop Anda setiap waktu. Misalnya, jika kondisi baterai sudah mencapai 10% atau hampir drop, maka segera matikan laptop Anda dan segeralah di cas.

Namun jika terpaksa harus menggunakannya untuk bekerja, atau untuk keperluan lainnya, tidak mengapa jika sambil di cas. Asalkan tetap memperhatikan durasi waktu yang tidak melampaui batas.

Jika ingin awet ya jangan sampai digunakan secara terus menerus, misalnya, dipakai selama seharian penuh tanpa jeda. Ibarat motor juga akan sangat panas, begitupun laptop Anda jika terlalu di forsir. Jadi, sebaiknya sesuaikan kebutuhan saja demi masa pakai yang lebih awet untuk jangka panjang.

2. Jangan terlalu banyak memasang aplikasi

Kebanyakan pemakai laptop pemula masih banyak yang belum tahu soal ini. Mereka memasang banyak aplikasi di laptopnya, sedangkan hanya beberapa aplikasi saja yang digunakan. Apakah Anda juga sama?

Memasang banyak aplikasi memang tidak menjadi masalah berarti jika spesifikasi laptop yang digunakan mumpuni. Artinya, ruang penyimpanan memori masih sisa banyak. Atau, kondisi laptop masih lancar dan tidak lemot ketika dipakai untuk bekerja dan keperluan lainnya.

Saran saya, jika Anda hanya menggunakan laptop untuk sekolah atau kuliah, saya rasa cukup pasang aplikasi sesuai kebutuhan saja. Namun Anda harus berhati-hati jika ingin memasang aplikasi game di laptop Anda. Karena biasanya, banyak yang cepat rusak karena mereka terlalu banyak menggunakannya untuk aktifitas game.

3. Jangan sembarangan berbagi file menggunakan flashdisk/kartu memori

Jika Anda menggunakan laptop di kampus, sekolah, tempat kerja atau ketika bersama teman-teman, pasti tak luput dari aktifitas saling bertukar file. Entah itu untuk keperluan tugas sekolah, pekerjaan dan lain sebagainya.

Biasanya, ada yang masih menggunakan flashdisk, kartu memori, atau alat bantu lain untuk mengirimkan file tersebut. Tak jarang, hal itu dapat menimbulkan masalah pada perangkat laptop yang digunakan. Biasanya yang paling sering terjadi yaitu terkena virus.

Meskipun sebelumnya laptop yang digunakan sudah dilindungi oleh anti virus, namun tidak menjamin hal itu akan aman. Karena, tidak semua anti virus yang dipasang itu dapat mencegah dan melindunginya dari ancaman tersebut.

Lantas bagaimana mengatasinya?

Saran saya, jika Anda tidak yakin mampu menangani masalah tersebut jika nanti terjadi, sebaiknya gunakan metode lain. Seperti mengirim file nya menggunakan email, whatsapp atau aplikasi berkirim pesan lain yang Anda anggap paling aman.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menggunakan laptop asus untuk pemula yang dapat Anda ikuti. Setiap perangkat elektronik, entah itu laptop, smartphone, televisi dan yang lainnya, pasti mempunyai masa pakai masing-masing. 

Artinya, pasti akan menurun performanya jika sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selebihnya, awet atau tidaknya, tergantung dari cara Anda menggunakannya.
Rio Ve
Rio Ve Blogger

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Laptop Asus untuk Pemula"