Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Marah Pada Seseorang Dengan Cepat

Cara menghilangkan marah pada seseorang bisa dikatakan susah-susah gampang. Tergantung pada situasi dan kondisi serta banyak faktor lainnya. Setiap orang juga mempunyai cara yang berbeda-beda untuk mengatasinya.

Memang sih, marah itu merupakan suatu sifat alamiah. Namun jika sifat tersebut dibiarkan maka akan menjadi kehinaan bagi dirinya. Tapi kalau marahnya dibimbing, maka akan menjadi sifat yang mulia yaitu sifat berani dalam hal kebaikan.

Berikut Cara Menghilangkan Marah Pada Seseorang

Cara Menghilangkan Marah Pada Seseorang

#1. Berwudhu

Tips menghilangkan marah yang pertama yaitu dengan berwudhu. Cara ini telah di ajarkan dalam Islam. Sebab, jika api dilawan dengan api, maka akan semakin besar. Namun jika ia dilawan dengan air, maka ia akan mencegah dari semakin besarnya api tersebut.

Hal ini berlaku jika kebetulan Anda berjumpa dengan orang tersebut. Jika memungkinkan, segeralah pergi dari hadapannya untuk mengambil air wudhu. Ini merupakan langkah pertama yang dapat Anda lakukan.

Jika memang masih marah, silahkan Anda berkaca. Kata imam Ghozali rohimahululloh, kalau kamu lagi marah maka berkacalah maka kamu akan melihatnya. Mata merah, serem dan muka terlihat jelek karena amarah yang sedang menguasai. Jadi, apakah Anda yakin ingin terlihat seperti itu jika kebetulan di depan orang banyak?

#2. Berusaha tetap diam

Langkah untuk menghilangkan marah yang selanjutnya yaitu dengan tetap diam. Dalam salah satu hadits soheh yang diriwayatkan oleh imam Ahmad dan imam Bukhari bahwa Rasulullah SAW bersabda, apabila seorang dari kalian marah, hendaklah ia diam.

Dalam hadits lain dari Abu Hurairah Radiallohuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda, Orang yang kuat itu bukanlah karena ia jago gulat, tetapi dia yang mampu menahan dirinya dari marah.

Dari petunjuk di atas, tentu bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Namun, jika untuk menahan amarah saja Anda tidak mampu, lantas bagaimana mungkin akan bisa menghilangkan amarah pada seseorang ?

#3. Menenangkan fikiran

Anda akan sulit mengendalikan diri jika fikiran sudah dikuasai oleh emosi. Salah satu yang dapat menghentikannya yaitu dengan menenangkan fikiran. Oleh sebab itu. pastikan tetap tenang meskipun terasa berat dilakukan.

Namun jika Anda sudah terbiasa dan mampu menenangkan fikiran dalam kondisi apapun, maka Anda akan terhindar dari masalah yang lebih besar. Karena biasanya, orang akan cenderung berkata kasar dan tidak sadar dengan apa yang diucapkannya ketika emosi sudah menguasai diri.

Jika masih sulit dilakukan, mungkin saja ada yang salah dengan cara bergaul Anda selama ini. Untuk mengatasinya, silahkan baca disini selengkapnya.. (Cara mencegah pergaulan yang tidak sehat).

#4. Jangan menyimpan dendam

Jika Anda membiarkan kemarahan menguasai diri, kemungkinan perasaan negatif juga akan selalu menyertainya. Jangan biarkan fikiran negatif Anda menekan perasaan positif, sehingga kemungkinan Anda akan ditelan oleh kepahitan dan ketidakadilan diri Anda sendiri. 

Dendam hanya akan membuat hati menjadi sakit berkepanjangan. Merusak persahabatan, dan tatanan kehidupan yang damai. Apakah Anda ingin hidup seperti itu?

Jadi, putuskan sekarang untuk mencoba mendengarkan hati nurani yang mungkin selama ini tidak pernah Anda hiraukan. Apapun alasan atau penyebab Anda marah pada seseorang, biarkan itu menjadi kenangan dan masa lalu sebagai proses pembelajaran kehidupan.

#5. Mencoba memaafkan

Cara paling cepat menghilangkan marah pada seseorang yaitu dengan memaafkan. Meskipun sangat sulit untuk dilakukan, namun cukup mudah apabila kita mau berlapang dada dan mengikhlaskan apa yang sudah terjadi.

Toh pada kenyataannya yang sudah terjadi memang harus berlalu. Karena terkadang, kita marah pada orang lain, lalu membiarkan emosi menyelimuti. Padahal, itu tidak akan membuat keadaan menjadi berubah.

Jadi, memaafkan memang jalan terbaik yang terbukti ampuh untuk menghilangkan amarah. Entah itu pada teman, sahabat, atau bahkan mantan. Jadi, apa pilihanmu sekarang? 

Penutup

Itulah lima cara menghilangkan marah pada seseorang yang patut Anda coba. Intinya, sebagai manusia kita hanya watawa saubil haq wa tawaa saubis sobr. Jika masih belum berhasil, cobalah untuk instrospeksi diri. Untuk mencari solusi terbaik, pertimbangkan untuk bicara padanya saat Anda sudah tenang.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Marah Pada Seseorang Dengan Cepat"