Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harapan Mahasiswa Selama Kuliah

Ada banyak harapan mahasiswa selama kuliah yang masih terdengar hingga sekarang. Beberapa di antaranya terkait dengan kampus, dan selebihnya tentang harapan pada masing-masing individu mahasiswa.

Pada posting kali ini, akan kita bahas tentang apa saja yang menjadi harapan para mahasiswa selama menjalani proses perkuliahan. Dan juga mungkin tentang keluh kesah yang ada untuk kampus tercinta agar lebih baik. Tanpa berlama-lama mari bahas selengkapnya.

Harapan mahasiswa selama kuliah

harapan mahasiswa selama kuliah


1. Belajar bersungguh-sungguh dan mengumpulkan tugas tepat waktu

Harapan yang pertama yaitu tentang belajar di kampus. Saat kuliah itu banyak sekali godaan terutama untuk bermain, males-malesan atau pergi jalan-jalan sama teman-teman. Tentu hal ini sering terjadi karena tanggung jawab nilai itu ada pada mahasiswa masing-masing. 

Biasanya, bagi mahasiswa yang dulu ketika masih SMA tidak peduli dengan nilainya, maka akan terbawa saat kuliah. Ini benar-benar terjadi pada teman-teman saya dulu saat di kampus. Beberapa dari mereka ngampus itu ya hanya berangkat dan pulang.

Usaha untuk mendapatkan nilai yang bagus itu sangat minim. Bahkan terkadang, yang penting lulus. Padahal, untuk mengejar nilai terbaik itu tidak lah terlalu sulit. Hanya diperlukan kesungguhan belajar dan mengerjakan tugas dengan baik lalu mengumpulkannya tepat waktu. Maka Bpk/Ibu dosen pasti akan menghargai usaha dan kerja keras tersebut.

2. Sarana dan prasarana kampus

Harapan yang kedua yaitu tentang fasilitas yang ada di kampus. Faktanya, tidak semua perguruan tinggi mampu menyediakan fasilitas belajar secara lengkap untuk kebutuhan mahasiswanya. Ini biasanya terjadi di kampus-kampus kecil swasta di kota-kota kecil.

Contohnya, pada jurusan tertentu seperti komputer. Fasilitas laboratorium komputer yang seharusnya lengkap dan jaringan koneksi internet yang memadai untuk memudahkan mahasiswa dalam pembelajaran. Begitupun contoh pada jurusan lainnya seperti jurusan olahraga, kesehatan dan lain sebagainya.

Memang sebagai mahasiswa kita tidak boleh terlalu banyak menuntut tentang fasilitas kampus tersebut. Tapi, semoga dari pihak kampus juga memperjuangkannya agar minimal dapat terpenuhi meskipun tidak semuanya. Sehingga akan terjadi keseimbangan dalam proses kegiatan mengajar yang lebih baik.

3. Berkontribusi untuk kampus

Harapan yang selanjutnya yaitu tentang kontribusi yang dapat dilakukan untuk kampus. Jadi, selama kuliah itu bukan hanya ingin mendapatkan ilmu saja, tetapi mendapatkan pengalaman. 

Contohnya, tujuan tersebut salah satunya bisa ditempuh melalui jalur organisasi yang terdapat di kampus. Yaitu dengan meneruskan jejak dan perjuangan para kakak kelas atau para pendahulu yang telah berjuang di dalam organisasi kemahasiswaan.

Dengan mengikuti berbagai organisasi yang ada maka akan melatih mahasiswa dalam hal mental, karakter, jiwa sosial, kepemimpinan, dan banyak lagi yang lainnya. Itu hanya sederet manfaat yang akan di dapatkan. Jadi, sangat rugi rasanya jika kuliah tapi tidak mau mengikuti organisasi yang telah di sediakan oleh kampus.

4. Mendapatkan ilmu Akademis dan Sosial

Selain nilai yang akan kita perjuangkan melalui pendidikan akademik, kita juga harus belajar tentang ilmu sosial. Salah satu cara untuk menggapainya yaitu seperti yang telah saya jelaskan pada poin di atas.

Karena, setelah lulus kuliah nanti kita akan mempraktikan sebagian besar ilmu yang di dapat di kampus dalam bermasyarakat. Jangan sampai kita hanya pandai dalam bidang akademis namun tidak bisa bersosialisasi dengan orang banyak.

Jangan juga kebalikannya, kita hanya mampu bermasyarakat dengan baik tapi sangat minim dalam hal ilmu pengetahuan. Jadi, keduanya harus selalu seiring selaras sesuai kebutuhan atau saling melengkapi.

5. Mengembangkan potensi diri dengan mengikuti lomba yang ada

Salah satu manfaat ketika kuliah yaitu kita bisa mengembangkan potensi yang ada pada diri. Mulai dari potensi akademik dan non akademik. Biasanya, di kampus banyak mengadakan even atau lomba secara berkala.

Mulai dari lomba di bidang ilmu pengetahuan maupun lomba umum seperti olahraga, kesenian dan lain sebagainya. Ditambah lagi dengan tingkatan lomba, mulai dari tingkat intern kampus, tingkat Nasional hingga Luar negeri.

Jika kita mau memanfaatkannya dengan baik, hal itu akan sangat membantu untuk mengeksplore potensi yang ada. Sehingga dapat di arahkan untuk tujuan masa depan yang lebih baik.

6. Bisa lulus tepat waktu dan berprestasi

Hampir semua mahasiswa ingin lulus tepat waktu dan bisa mendapatkan prestasi. Meskipun pada kenyataannya masih ada saja gelar mahasiswa abadi. Tapi saya yakin, menjadi mahasiswa abadi pasti bukanlah keinginannya.

Biasanya hal itu bisa terjadi karena mahasiswa tersebut terlalu aktif pada organisasi di luar kampus yang diikuti sehingga kurang fokus pada mata kuliahnya. Ada juga yang memang jarang ngampus karena berbagai alasan yang hanya dia yang tau.

Intinya, bisa lulus tepat waktu dan di iringi prestasi yang baik merupakan harapan yang dimiliki oleh mahasiswa yang benar-benar serius saat kuliah.

Penutup

Itulah beberapa harapan mahasiswa selama kuliah secara umum. Jika ada harapan khusus yang mungkin ingin kamu sampaikan, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu.

Baca juga artikel terkait : Apakah jurusan sistem informasi itu sulit?
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Harapan Mahasiswa Selama Kuliah"