Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Cobaan Sebelum Menikah yang Sering Terjadi

Ada berbagai pengalaman cobaan sebelum menikah yang di alami oleh banyak orang, termasuk saya. Beberapa kisah di antaranya bahkan masih sering terjadi sampai saat ini. Mulai dari cobaan ringan, sedang hingga berat yang terkadang dapat mengakibatkan gagalnya pernikahan.

Oleh sebab itu, pada posting kali ini saya akan berbagi beberapa cobaan menjelang menikah, yang mungkin dapat di ambil pelajaran. Sehingga Anda dapat mengantisipasi atau bahkan jika mengalami, dapat segera mengatasinya.

Pengalaman cobaan sebelum menikah

pengalaman cobaan sebelum menikah

#1. Sering bertengkar

Cobaan menjelang menikah yang pertama dan paling saya rasakan saat itu adalah seringkali bertengkar hanya karena masalah sepele. Perasaan menjadi lebih sensitif sehingga mudah sekali tersinggung.

Padahal, sebelumnya baik-baik saja ngobrol seperti biasa dan tiba-tiba ada saja masalah yang terjadi. Meskipun sudah berusaha untuk langsung menyelesaikan, tapi terkadang masalah tersebut masih saja diributkan hingga berlarut-larut seolah tak ada ujungnya.

Hal ini ternyata bukan hanya terjadi pada kami. Tapi juga kerap menimpa pasangan lain yang akan menikah. Meskipun tidak selalu demikian, namun hal ini perlu Anda ketahui agar tidak kaget ketika nanti mengalaminya.

#2. Hadirnya orang ketiga

Cobaan selanjutnya yang sering terjadi ketika menjelang pernikahan yaitu hadirnya orang ketiga. Biasanya ini sering terjadi pada si wanita. Tiba-tiba, ada saja lelaki lain yang datang menghubungi, padahal sebelumnya tidak pernah berkomunikasi.

Sering juga beberapa teman mengalami hal demikian. Biasanya ada beragam alasan kenapa mereka datang, entah hanya untuk mengganggu, atau memang mempunyai maksud untuk merebut.

Jika dari pihak si wanita tidak mempunyai prinsip yang kuat, biasanya akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Hingga yang paling ditakutkan adalah gagalnya pernikahan yang sudah direncanakan.

#3. Sakit

Kebanyakan teman-teman saya, mereka mengalami sakit menjelang pernikahan. Ada banyak faktor penyebabnya. Mulai dari terlalu banyak fikiran, takut akan bayangan, khawatir yang berlebihan sampe nggak doyan makan, dan lain sebagainya.

Bukan cuma wanita saja yang mengalaminya, ternyata beberapa teman saya (pria) juga mengalami hal yang demikian. Menurut saya ini wajar terjadi, karena memang saya juga sempat jatuh sakit saat menjelang pernikahan.

Meskipun cukup banyak terjadi seperti yang telah saya jelaskan di atas, namun Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Asalkan Anda mampu menjaga tubuh tetap fit dan fikiran tidak stress, maka tidak ada yang perlu ditakutkan.

#4. Masalah keuangan

Cobaan menjelang pernikahan yang masih sering terjadi yaitu masalah finansial atau keuangan. Biasanya dari pihak lelaki yang sering mengalami. Meskipun sebelumnya telah menabung dan mempersiapkan segalanya, namun terkadang masih saja belum cukup.

Apalagi jika dari pihak wanita mempunyai standar yang tinggi. Terkadang dari pihak lelaki sampai terpaksa harus membatalkan rencana pernikahannya. Miris memang, tapi itulah faktanya. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa untuk resepsi nikah saat ini memang butuh modal yang terbilang besar. 

Jadi, jika Anda lelaki, sebaiknya pilihlah pasangan sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan terlalu memaksakan kehendak jika mereka sudah memberi standar tertentu yang harus dipenuhi. Tapi kalo mampu sih gak masalah.

Cara menghadapi cobaan sebelum menikah

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi berbagai cobaan sebelum menikah, antara lain:
  • Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan
Sebagai makhluk, kita perlu memohon dan meminta apapun kepada Tuhan kita, selama itu baik. Apalagi, ini kaitannya dengan menikah yang tentu nilai pahalanya sangat besar. Jika saat ini sedang terjadi banyak masalah untuk mencapainya, cobalah lebih mendekatkan di pada-Nya.

Bermunajatlah meminta solusi dan jalan keluar terbaik agar segala masalah tersebut segera berlalu. Anda tidak akan mampu menjalaninya sendirian. Anda butuh asupan energi positif yang datangnya dari langit. Lakukan sesuai kemampuan Anda masing-masing, baik itu melalui doa dalam ibadah atau yang lainnya.
  • Minta bantuan orang-orang di sekeliling Anda
Ada banyak pilihan orang-orang yang mungkin dapat membantu Anda keluar dari masalah itu. Mungkin orang tua? Paman? Bibi? Saudara? Atau bahkan sahabat dan teman-teman Anda. Datanglah kepada mereka yang sudah menikah dan dianggap bijak untuk memberi petuah. 

Pasti ada di antara mereka yang dapat memberi solusi terbaik berdasarkan pengalaman hidupnya. Hal ini akan memberimu kekuatan dan tambahan motivasi. Sehingga akan membuatmu berfikir positif mengambil tindakan terbaik.

Penutup

Akhirnya, Anda sudah sampai pada penghujung tulisan ini. Semoga beberapa pengalaman cobaan sebelum menikah yang telah Anda baca disini, dapat membantu meringankan cobaan yang sedang Anda alami sekarang. See you next again with rioveskom..

Rio Ve
Rio Ve Blogger

Posting Komentar untuk "Pengalaman Cobaan Sebelum Menikah yang Sering Terjadi"