Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencuci Motor Matic Injeksi yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Tidak terasa saat saya menulis artikel ini, motor matic beat injeksi saya sudah waktunya pajak motor dan ganti plat. Alhamdulillah selama 5 tahun ini belum pernah mengalami kerusakan. Ini tak lepas dari beberapa perawatan sederhana termasuk cara mencuci motor matic injeksi yang benar menurut saya.

Bagi sebagian orang, mungkin mencuci motor hanyalah masalah sepele dan tak jarang mereka melakukannya asal-asalan. Padahal, motor matic injeksi memerlukan perlakuan yang sedikit berbeda di banding motor non injeksi, terutama pada saat mencucinya.

Karena, saya sempat menjumpai beberapa teman yang pernah mengeluh motor metik nya rusak setelah dicuci. Oleh sebab itu, kali ini saya akan berbagi beberapa tips mencuci motor matic injeksi sesuai dari pengalaman selama ini. Simak selengkapnya.

Langkah-langkah cara mencuci motor matic injeksi yang benar

cara mencuci motor matic injeksi yang benar

1. Jangan mencuci motor saat keadaan mesin sedang panas

Tips mencuci motor matic injeksi yang pertama yaitu jangan mencucinya ketika mesin motor dalam keadaan sedang panas. Hal ini masih sering terjadi dan masih cukup banyak dilakukan oleh mereka terutama yang sering bepergian jauh.

Biasanya, ini terjadi di beberapa wilayah yang jalannya masih terdapat banyak kerusakan. Ketika melintasi jalan tersebut, mau tidak mau pasti resikonya motor akan sangat kotor dan cukup mengganggu pandangan dan kenyamanan ketika berkendara.

Sehingga, ketika menuju ke kota yang jalannya sudah lebih bagus, terkadang mereka memilih untuk berhenti di tempat cucian motor (steam) yang ada di pinggir jalan. Karena beberapa alasan, mungkin karena buru-buru atau tidak sabar, akhirnya tetap mencuci motor meskipun keadaan mesinnya masih panas.

Mungkin sekali dua kali bukan masalah ya, namun jika hal itu sudah menjadi kebiasaan, maka lambat laun pasti mesinnya akan bermasalah dan tak jarang akan mengalami kerusakan. Jadi, jika Anda juga sering melakukannya, sebaiknya fikirkan resikonya juga ya.

2. Dimulai dari menyemprot semua kotoran yang ada (perhatian khusus)

Tips yang selanjutnya yaitu dengan membersihkan semua kotoran yang ada, baik yang menempel di bodi luar maupun sela-sela dalam. Tapi ingat, jangan sembarangan dalam menyemprotkan air ke bodi motor bagian dalam atau ke arah mesin motor ya.

Karena, jika Anda asal dalam menyemprotkannya lalu mengenai bagian-bagian yang rentan rusak, maka bisa berakibat terjadi kerusakan. Ini pernah terjadi pada motor injeksi teman saya ketika semprotan air dari kompresor (mesin air) dan tidak sengaja airnya masuk pada bagian dalam bodi (alat/part mesin).

Entah apa nama alat yang rusak tersebut, intinya hal ini dapat menjadi pelajaran agar menjadi perhatian khususnya bagi para pemilik kendaraan motor injeksi agar lebih berhati-hati.

3. Menggunakan sabun, shampo atau deterjen khusus pencuci motor

Tips selanjutnya yaitu perihal deterjen yang digunakan untuk mencuci. Sebaiknya, gunakan sabun, shampo atau deterjen khusus dengan kandungan busa yang cukup dan tidak panas di tangan.

Karena, jika sabun pencuci motor yang Anda gunakan panas di tangan, biasanya juga akan berpengaruh pada cat atau lis bodi kendaraan. Apakah Anda ingin jika motor kesayangan Anda warnanya pudar atau njebluk ?

Dari pengalaman selama ini, saya lebih suka menggunakan shampo rambut biasa untuk kotoran yang ringan. Tapi jika kondisi motor cukup kotor atau berlumpur, maka saya sering menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan bagian-bagian super kotor tersebut.

4. Bilas kembali dengan air bersih

Setelah proses nomor tiga diatas telah selesai, tahap selanjutnya yaitu membilas semua bodi motor injeksi Anda dengan air bersih. Tahap ini tidak perlu butuh waktu lama yang penting semua kotoran dan busa yang menempel sudah hilang.

Pada proses ke empat ini, Anda juga harus hati-hati sama halnya ketika penyemprotan air seperti yang telah saya jelaskan di atas.

5. Lap menggunakan spons motor (kanebo)

Lap motor identik dikenal dengan kanebo. Terlepas dari apapun merek nama lap motor yang Anda gunakan, anggap saja namanya itu.

Bahan kanebo yang lembut sangat cocok untuk menjaga cat bodi motor dari blaret atau lecet. Harganya yang sangat terjangkau, biasanya hanya 15 sampai 20 Ribu Rupiah saja bisa awet digunakan selama bertahhun-tahun.

Sebaiknya, lap motor untuk tahap pembersihan finishing ini dengan lap motor untuk mencuci itu dibedakan ya. Karena fungsinya beda meskipun masih banyak orang yang memakainya secara bergantian.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mencuci motor matic injeksi yang benar menurut versi saya pribadi. Tentu hal ini sesuai pengalaman bertahun-tahun dan telah saya praktikan sendiri serta terbukti berhasil. Motor metik injeksi saya Alhamdulillah masih awet meskipun dipakai setiap hari.
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

1 komentar untuk "Cara Mencuci Motor Matic Injeksi yang Benar Agar Tidak Mudah Rusak"

  1. Wah ternyata ada teknik sendiri dalam mencuci motor injeksi ya. Kukira sama aja, padahal beda. Hem.. kedepan bakal lebih ati-ati lagi lah terutama buat metik kesayanganku.

    BalasHapus