Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anaknya

Pengetahuan tentang kewajiban orang tua terhadap anaknya umumnya harus dimiliki oleh setiap pasangan yang telah berumah tangga. Dan khususnya bagi para mereka yang akan menikah.

Namun tak jarang, ada saja orang tua yang belum mengetahuinya. Entah karena sebelumnya tidak sempat mengenyam pendidikan atau memang tak mau tau.

Oleh sebab itu, pada posting kali ini akan kita bahas beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Jikapun sudah pernah mendengarnya, semoga dapat menjadi pengingat agar kita tidak lupa.

Berikut kewajiban orang tua terhadap anaknya

kewajiban orang tua terhadap anaknya

Beberapa kewajiban orang tua terhadap anaknya adalah:

1. Anak mempunyai hak untuk hidup

Selama ini kita telah sering melihat berita di tv atau media lain tentang perilaku orang tua yang sangat tidak manusiawi.

Ini terjadi pada mereka pasangan remaja yang masih pacaran dan hml diluar nikah. Mereka tak segan melakukan apa saja agar hal itu tidak diketahui oleh keluarganya maupun khalayak ramai.

Akibatnya, seorang anak yang mempunyai hak untuk terlahir kedunia malah harus menjadi korban. Selain itu, ada juga tipe orang tua yang tidak bertanggung jawab dengan meninggalkan anak mereka. Dan banyak lagi tindakan lain yang membuat kita tak tega untuk melihatnya.  

2. Memberikannya Asi

Setelah seorang anak lahir kedunia, maka seorang ibu mempunyai kewajiban untuk memberikannya asi. Namun tak jarang ada saja orang tua yang lalai.

Yang sangat miris adalah, ada seorang ibu yang tak mau memberi asi dengan alasan tidak ingin itunya kendur. 

Padahal, alasan tersebut tidak bisa diterima dengan logika dan seolah tidak mempunyai hati nurani. Sungguh malang jika masih ada perilaku seperti itu.

3. Memberikan nama yang baik

Nama adalah identitas, harapan, doa dan kebanggaan bagi para penyandangnya. Pada suatu hadis baginda Nabi menjelaskan bahwa di hari kiamat nanti, kita akan dipanggil sesuai nama kita beserta nama ayah kita dan di anjurkan untuk memberi nama yang baik/bagus.

Selain itu, di kalangan sosial masyarakat nanti, seseorang akan terkena dampak jika kebetulan ia mempunyai nama yang tak lazim.

Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban orang tua terhadap anaknya jika harus menyiapkan nama terbaik. Jangan sampai asal-asalan apalagi mengandung arti yang buruk. 

4. Mendidik anak tentang agama dan pengetahuan umum

Orang tua akan dimintai pertanggung jawaban kelak di akhirat apakah telah mengajarkan pendidikan agama atau tidak.

Bukan cuma mendidik tentang agama saja, orang tua juga harus memberikan pendidikan umum kepada anaknya. Dimulai dari perilaku ketika di rumah, sopan, santun dan lain sebagainya.

Selain itu, sudah selayaknya juga orang tua harus mampu menyekolahkan anak-anaknya minimal pendidikan wajib hingga SMA/SMK.

Namun bagi mereka yang mempunyai ekonomi dan harta yang cukup, maka menyekolahkan hingga bangku perkuliahan atau sarjana tentu menjadi kewajiban yang juga harus dipenuhi.

5. Memberi kebutuhan pokok dan keperluan lainnya

Ada beberapa kebutuhan pokok yang menjadi kewajiban orang tua terhadap anaknya. Mulai dari makan, minum, pakaian, tempat tinggal dan keperluan lainnya.

Terkadang, hal itu kerap di anggap berat oleh sebagian orang tua yang mempunyai keterbatasan biaya pada hidup mereka.

Tapi itulah fakta yang harus diterima, sebagai orang tua kita memang berkewajiban memenuhi itu semua dengan kerja keras yang ikhlas. 

Percayalah, selama kita mengupayakannya dengan cara yang baik dan halal, maka kita akan mendapat kemudahan dari yang di atas.

6. Memberi perhatian dan kasih sayang

Setiap anak yang lahir ke dunia mempunyai hak mendapat perhatian dan kasih sayang dari orang tua mereka. Namun nyatanya tidak selalu demikian.

Ada orang tua yang sibuk bekerja hingga tak punya waktu pada anaknya. Ada pula yang memang sedari awal acuh tak acuh. Lantas, Anda tipe yang mana ?

7. Menikahkannya 

Menjadi wali nikah merupakan suatu kewajiban seorang ayah terhadap anak perempuannya. Jika di rasa tidak mampu menjadi wali, maka dapat mewakilkannya kepada pak penghulu petugas KUA.

Peran di atas hanya sebagian kecil dari tugas utama seorang ayah terhadap anaknya. Masih ada tugas mulia lain yang harus di emban.

Penutup

Itulah beberapa kewajiban orang tua terhadap anaknya yang sebisa mungkin harus dipenuhi. Sebenarnya masih ada kewajiban lain yang belum tertulis pada artikel ini. Semoga kita mampu menjadi orang tua yang tidak dholim dan mampu mengemban amanat berat ini.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "7 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anaknya"