Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak di Jempol Kaki

Halo sobat, pada posting kali ini saya akan sharing pengalaman cara mengobati cantengan yang sudah bengkak di jempol kaki. Bisa dibilang, berbagai cara untuk menyembuhkan cantengan yang saya lakukan ini sudah lama, kurang lebih hampir 10 tahun. 

Jika di ingat-ingat, awalnya saya mengalami cantengan ini karena bermain bola saat kelas 5 sd. Saat itu, kuku jempol kaki saya copot/mengelupas karena salah posisi saat menendang bola.

Setelah itu, hingga bertahun-tahun cantengan di jempol kaki saya sangat sulit disembuhkan karena harus memakai sepatu dan aktifitas diluar kotor-kotoran normalnya anak kecil di kampung.

Berikut cara mengobati cantengan yang sudah bengkak di jempol kaki

cara mengobati cantengan yang sudah bengkak di jempol kaki


1. Menghindari penyebab cantengan

Langkah pertama cara mengobati cantengan yang sudah bengkak yaitu mengetahui dan menghindari apa saja penyebabnya.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab cantengan jempol kaki yang sering terjadi:

  • Memakai sepatu terlalu sempit
  • Mencabut kuku terlalu pendek
  • Kuku kaki terkena benturan atau terkena sesuatu hingga lebam
  • Membersihkan kuku dengan tusuk gigi atau benda lain sehingga terkena daging kuku bagian dalam
  • Sering bermain lumpur, tanah atau air
  • Kurang menjaga kebersihan kaki
Nah, setelah Anda mengetahui penyebab cantengan pada jempol kaki tersebut, sebaiknya hindari agar pengobatan dapat lebih efektif. Karena sepengalaman saya selama ini, cantengan sangat bandel dan meskipun sudah sembuh, sewaktu waktu dapat kambuh apabila melakukan hal-hal yang telah saya sebutkan di atas. 

2. Menggunakan obat yang tepat

obat cantengan jempol kaki paling ampuh


Dari pengalaman selama bertahun tahun terkena cantengan, saya pernah menggunakan gentamicin yang menurut saya adalah obat cantengan jempol kaki paling ampuh sejauh ini. Harganya juga sangat terjangkau tidak sampai Rp 20.000 di Apotik.

Pada dasarnya, Gentamicin merupakan antibiotik golongan aminoglikosida berbentuk salep untuk mengobati infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman.

3. Periksa ke Dokter jika Cantengan sudah bengkak cukup lama

Apabila pengobatan cantengan yang Anda lakukan sendiri dirumah tidak membuahkan hasil dan semakin parah, maka segeralah pergi ke Dokter spesialis kulit atau Rumah Sakit terdekat.

Karena yang ditakutkan, infeksi yang semakin lama pada jempol kaki akan menambah bengkak dan pengobatan pada cantengan akan lebih lama. Apabila sudah sangat parah, biasanya akan dilakukan pencabutan pada kuku jempol kaki.

Tidak mau itu terjadi bukan ? Jadi, jangan sepelekan masalah cantengan dan segera obati sedini mungkin.

#Apakah nanah cantengan harus dikeluarkan

Dari pengalaman saya sendiri yang pernah mengalami cantengan hingga 5 tahun lebih, sebaiknya nanah cantengan dibersihkan pada bagian luar. Untuk bagian dalam jangan ci pencet atau di paksa keluar dengan cara yang tidak di sarankan oleh dokter. 

Karena hal itu cukup beresiko dan dapat mengakibatkan infeksi lebih parah. Jadi, sebaiknya bersihkan sedikit demi sedikit nanah pada bagian luar dengan kain yang lembut di kompres pake air hangat di campur garam.

#Apakah cantengan bisa sembuh sendiri

Selama hampir 10 tahun jempol kaki saya terkena cantengan, Alhamdulillah bisa sembuh sendiri dengan usaha menghindari penyebab cantengan yang telah saya jelaskan pada poin nomor 1 di atas.

Namun butuh waktu bertahun-tahun hingga cantengan saya bisa sembuh total. Selain itu, usahakan untuk benar-benar menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan cantengan. Jangan sampai kambuh lagi karena teledor atau merasa aman sedangkan kenyataannya bisa kambuh lagi jika Anda lalai.

Kesimpulan

Cara mengobati cantengan yang sudah bengkak di jempol kaki pada artikel ini merupakan sharing dari pengalaman pribadi saya sendiri. Semoga tips singkat ini bisa membantu Anda mendapatkan solusi. Jangan lupa konsultasikan ke dokter untuk lebih jelasnya.
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak di Jempol Kaki"