Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sosial Media Paling Banyak Digunakan Di Dunia Saat Ini

Sekarang perkembangan teknologi semakin canggih dan hampir semuanya terasa menarik dan sangat sayang bila dilewatkan. Seperti halnya dengan sosial media yang paling banyak digunakan di dunia saat ini selalu berinovasi untuk mendapatkan tempat spesial di hati para penggunanya.

Tidak sedikit informasi dan komunikasi yang cepat seperti halnya breaking news, entertainment, DIY, tips dan pengetahuan umum, dan berbagai hal lainnya justru mampu disajikan dengan cukup lengkap dan mendetail di beberapa platform media sosial. 

Bahkan, berita tertentu maupun isu tentang suatu hal justru lebih populer dan banyak muncul serta menyebar pertama kali melalui media sosial. Setelah itu barulah hal tersebut menjadi viral hingga diangkat menjadi berbagai topik pembahasan dalam beberapa tulisan. 

Sosial media paling banyak digunakan di dunia

Berikut ini merupakan media sosial yang paling banyak digunakan di dunia saat ini mulai dari urutan yang paling populer.

1. YouTube (10 M+)

sosial media paling banyak digunakan di dunia
source:https://play.google.com/store/apps/top

YouTube menjadi media sosial yang paling populer dan menempati posisi teratas saat ini. Bahkan, sepertinya hampir setiap orang mengenal dan mengetahui tentang YouTube, terlebih aplikasi ini juga memberikan pembaruan yang lebih menarik dengan adanya YouTube Shorts.

Aplikasi milik Google ini memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mengirimkan video yang mereka buat untuk ditayangkan di channel YouTube masing-masing. Dengan demikian, setiap pengguna harus memiliki akun agar dapat mengunggah video dan menemukan penontonnya. 

Bahkan, persentase pengguna internet yang mengakses aplikasi YouTube ini mencapai 93,8 persen. Dengan 133 juta lebih ulasan pengguna dan telah di download lebih dari 10 milyar. Angka yang sangat fantastis bukan? 

Salah satu penyebab kenapa aplikasi youtube begitu populer yaitu karena fitur monetisasinya yang memberi kesempatan kepada semua konten kreator untuk mendapatkan gaji dari channel YouTube mereka.

2. Facebook (5 M+)

sosmed yang paling banyak digunakan di dunia
source:https://play.google.com/store/apps/top

Facebook yang berasal dari negara Amerika Serikat ini tentu tak diragukan lagi kualitasnya. Diperkirakan jumlah pengguna aktifnya sampai saat ini sudah lebih dari 2,74 Miliar. 

Sedangkan di Indonesia penggunanya sudah lebih dari 115 juta orang. Maka tak heran bila sekarang jumlah penggunanya pun terus meningkat.

Jejaring sosial umum ini dapat digunakan untuk menjalin komunikasi dengan sesama pengguna lainnya, berjualan, berbagi gambar, link berita, video, melakukan live streaming, dan menghasilkan uang dengan monetisasi fanspage. 

Sementara itu, popularitasnya di Google Play Store sudah mencapai 5 M+ unduhan dan 124 juta lebih ulasan.

3. WhatsApp Messenger (5 M+)

Sosial media paling banyak digunakan di Indonesia
source:https://play.google.com/store/apps/top

Sepertinya hampir setiap orang memiliki akun/aplikasi WhatsApp di ponselnya. Selain digunakan untuk berinteraksi melalui chat, Voice note, video call, saat ini WhatsApp menjadi salah satu media sosial yang cukup diandalkan untuk melaksanakan pembelajaran dan diskusi secara online.

Pada Google Play Store jumlah download-an aplikasi WhatsApp juga sudah mencapai 5 Miliar lebih dengan bintang nyaris sempurna yaitu 4,3 dan total 155 juta lebih ulasan. Pengguna hanya membutuhkan jaringan internet agar leluasa mengakses WhatsApp.

4. Instagram (1 M+)

Instagram termasuk media sosial yang dimana sampai saat ini masih populer
source:https://play.google.com/store/apps/top

Instagram termasuk media sosial yang dimana sampai saat ini masih populer dengan kisaran mencapai lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Aplikasi sosmed multi fungsi ini dapat digunakan untuk berbagi video, foto, story, melakukan siaran langsung, hingga fitur “Shop” yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan suatu produk di Instagram. 

Bahkan banyak berita viral yang dapat ditemukan oleh pengguna di bagian “pencarian”, mulai yang berasal dari dunia entertainment, news, tutorial, update film terbaru, informasi seputar literasi, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga menjadi salah satu primadona bagi para konten kreator untuk mencari penghasilan dari karya mereka. Selain itu, para selebgram juga turut menggunakan instagram untuk berbagai keperluan, mulai dari branding, jasa endors maupun bisnis lainnya.

5. Twitter (1 M+)

Aplikasi media sosial twitter
source:https://play.google.com/store/apps/top

Twitter juga masih menjadi aplikasi media sosial yang banyak digunakan di dunia termasuk sangat populer di Indonesia. Berbagai topik, thread, atau sekadar ngerumpi dan berbalas komentar dengan publik figur kerap kita jumpai disini. 

Tidak sedikit pula informasi yang bisa didapatkan dari Twitter yang biasanya dapat ditilik melalui tagar yang berhasil trending.

Sementara itu menurut hasil survei yang dirilis dari We Are Social, di Indonesia sendiri angka pengunanya mencapai 78 juta orang. Dan pada Play Store aplikasi Twitter sudah di-download lebih dari 1 Milyar dengan total 19 juta lebih ulasan.

6. TikTok (500 jt+)

TikTok aplikasi sosial media paling banyak digunakan di Indonesia
source:https://play.google.com/store/apps/top

TikTok merupakan aplikasi video kreasi yang menyediakan kemudahan untuk penggunanya. Aplikasi ini dilengkapi dengan musik, berbagai filter menarik, font yang unik, hingga marketplace.

Diketahui jumlah unduhan TikTok berdasarkan riset Sensor Tower 2020 telah mencapai 300 juta pengguna pada kuartal pertama dan juga kedua. Sedangkan pada tahun 2022, di Google Play Store jumlah download aplikasi TikTok sudah mencapai 500 juta lebih. 

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membagikan video kreatif mulai dari tips dan trik, tutorial, makeup, memasak, tarian, dan lain sebagainya.

Seperti halnya aplikasi populer di atas, tik tok juga menyediakan program penghargaan bagi para konten kreator yang ingin mendapat cuan dari karya mereka.

7. Likee (500 jt +)

Aplikasi sosial media Likee
source:https://play.google.com/store/apps/top

Aplikasi bernama Likee ini menjadi salah satu medsos paling populer di dunia. Keberadaannya memang sangat menarik para pengguna, sebab aplikasi asal Singapura yang berada di bawah naungan Bigo Technology ini dapat digunakan untuk membuat dan menonton video kreatif dari para penggunanya. 

Likee yang rilis sejak tahun 2017 ini mempunyai lebih dari 2.000 efek video dan tersedia di Google Play Store serta App Store di berbagai negara dan juga kawasan, termasuk di antaranya Rusia, Indonesia, AS, Tiongkok, dan Brasil. Saat ini Likee telah di download lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia.

8. Line (500 jt+)

Line apk sosial media
source:https://play.google.com/store/apps/top

Aplikasi asal Jepang ini pernah sangat populer di Indonesia pada masa nya, namun kini telah banyak penggunanya yang beralih ke aplikasi whatsapp. Selain dapat digunakan untuk chatting, Line juga bisa menjadi media berkomunikasi secara berkelompok.

Pengguna dapat menciptakan grup tertentu untuk berdiskusi. Bahkan, Line juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai foto dan video pendek, status, dan lain sebagainya. 

Fitur stiker yang dimiliki oleh aplikasi Line juga sangat unik dan menarik, sehingga banyak pengguna yang merasa nyaman untuk mengandalkan aplikasi ini. Saat ini telah lebih dari 500 juta unduhan dan 13 juta lebih ulasan dari seluruh penjuru dunia.

Penutup 

Dari daftar sosial media yang paling banyak digunakan di dunia yang telah kita bahas di atas, manakah yang paling Anda sukai?

Tentu semakin hari media sosial akan selalu mengalami perubahan dan perkembangan, karenanya bijaklah dalam memanfaatkannya.

Baca juga :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Sosial Media Paling Banyak Digunakan Di Dunia Saat Ini "