Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerpen Berbakti Kepada Orang Tua

Cerpen Berbakti Kepada Orang Tua

Judul : Rafi, Anak yang Berbakti pada Ibu dan Neneknya.

cerpen berbakti kepada orang tua

Ibu Amira duduk di depan rumahnya yang sudah cukup usang. Wajahnya terlihat lelah setelah seharian bekerja sebagai buruh pabrik di kota. Ia mengelus perutnya yang sedikit membuncit dan tersenyum kecil. 

Ibu Amira merasa bahagia hari ini karena anaknya, Rafi, yang sudah lama tinggal di kota, datang berkunjung ke rumahnya.

Rafi tiba di kampung halaman mereka pada siang hari itu. Dia terkejut melihat kondisi rumah yang dihuni oleh ibu dan neneknya.

Kondisi rumah yang cukup sempit dan perabotan yang sudah usang membuatnya merasa sedih. Namun, ia tetap memberikan senyuman dan kebahagiaan pada ibunya untuk menutupi kesedihannya.

"Sudah lama sekali aku tidak makan masakan ibu. Aku kangen", ucap Rafi saat ibunya menyiapkan makan malam.

Ibu Amira tersenyum bangga dan memberikan segelas air putih pada anaknya. Dia menyadari bahwa meskipun Rafi sudah sukses di kota dan memiliki pekerjaan yang mapan, dia tidak pernah melupakan keluarganya.

Setelah makan malam, Rafi membuka dompetnya dan memberikan sejumlah uang pada ibunya.

"Ini buat beli bahan-bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga, Ma. Biar Ibu gak perlu bekerja keras lagi di pabrik", ujarnya dengan lembut.

Ibu Amira menangis haru dan mengucapkan terima kasih pada anaknya. Dia tahu betul bahwa Rafi harus bekerja keras untuk bisa menghasilkan uang sebanyak itu. Tapi, hatinya sangat lega karena ia tidak perlu lagi bekerja keras di pabrik yang melelahkan.

Keesokan harinya, Rafi memutuskan untuk memperbaiki rumah ibunya. Ia membeli beberapa bahan bangunan dan alat-alat kerja untuk memperbaiki rumah tersebut. 

Dengan bantuan tetangga, mereka berhasil memperbaiki rumah ibu Amira menjadi lebih layak huni.

Setelah beberapa hari dan semuanya selesai, Rafi memeluk ibunya dan berkata, “Aku selalu ingat, ibu dan nenekku adalah segalanya bagiku. Aku tidak akan pernah bisa membalas segala kebaikanmu. Tapi, aku akan selalu berusaha untuk membuat kalian bahagia."

Ibu Amira hanya bisa mengangguk dan memeluk Rafi erat-erat. Dia tahu betul bahwa anaknya itu sangat mencintainya dan selalu berusaha untuk membahagiakannya.

Sejak saat itu, ibu Amira dan Rafi selalu menghabiskan waktu bersama. Mereka sering jalan-jalan ke tempat-tempat yang menyenangkan. Rafi selalu berusaha untuk membuat ibunya dan neneknya bahagia, karena bagi Rafi, kebahagiaan keluarganya adalah hal yang paling penting dalam hidupnya.

Pesan moral dari cerpen dia atas adalah bahwa kita harus selalu berbakti dan menghargai orang tua. Kita harus ingat bahwa orang tua adalah sosok yang telah berjuang dan berkeringat untuk mendidik kita hingga menjadi orang dwasa yang mandiri. 

Kita harus selalu menghargai dan berterima kasih atas segala kebaikan yang telah diberikan oleh orang tua kita, dan berusaha untuk membuat mereka bahagia dengan cara apapun. Sebuah tindakan kecil seperti memberikan uang atau memperbaiki rumah bisa menjadi sebuah bentuk penghargaan dan berbakti pada orang tua kita.

Baca juga : Cerpen tentang kerja keras pemuda kampung.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cerpen Berbakti Kepada Orang Tua"