Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerpen tentang Perjuangan Meraih Sukses

Cerpen tentang perjuangan meraih sukses ini mengajarkan bahwa kita harus memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk meraih cita-cita, tidak mudah menyerah serta memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk belajar dan berusaha.

cerpen tentang perjuangan meraih sukses

Di sebuah kampung kecil yang terletak di pinggir hutan, tinggal seorang anak laki-laki bernama Ali. Ali adalah seorang anak yang sangat rajin belajar di sekolahnya. Ia selalu mendapatkan nilai yang baik dan menjadi juara kelas setiap semester.

Namun, kehidupan Ali di rumah sangatlah sulit. Ayahnya adalah seorang petani yang hanya bisa menghasilkan sedikit uang setiap hari. Ibunya pun hanya bekerja sebagai buruh cuci pakaian di rumah-rumah tetangga. 

Meskipun kehidupan mereka sangatlah sederhana, Ali tetap semangat untuk belajar dan berusaha.

Suatu hari, Ali mendengar kabar bahwa ada lomba pidato di sekolahnya yang akan diadakan dalam beberapa minggu mendatang. Ali sangat tertarik untuk mengikuti lomba tersebut dan memenangkan hadiahnya. 

Namun, untuk bisa mempersiapkan pidato yang baik, Ali membutuhkan buku-buku yang tidak bisa ia beli dengan uang yang ia punya. Ali terpaksa meminjam buku-buku tersebut dari perpustakaan sekolah. 

Namun, ia hanya diberikan waktu satu jam setiap harinya untuk membaca dan menyalin buku tersebut. 

Ali tidak menyerah, ia memanfaatkan waktu yang ia miliki sebaik-baiknya untuk membaca dan menulis pidato yang ia persiapkan.

Tidak hanya itu, Ali juga meminta bantuan ke guru-gurunya untuk membantu memperbaiki naskah pidatonya. Setiap kali ada kesalahan dalam pidato yang ia buat, Ia selalu berusaha untuk memperbaikinya agar pidatonya menjadi sempurna.

Mendekati waktu pelaksanaan lomba, Ali menyadari bahwa ia membutuhkan mental yang kuat agar bisa tampil percaya diri dan lancar. Ali melakukan berbagai hal untuk membangun mentalnya sebelum pidato dimulai.

Ali melakukan latihan berbicara di depan cermin setiap hari. Ia berbicara dengan suara yang keras dan jelas, dan mencoba untuk tidak gugup saat berbicara. 

Dengan melakukan latihan ini, Ali merasa lebih siap dan percaya diri ketika tiba saatnya untuk mempresentasikan pidatonya.

Akhirnya, tiba saatnya lomba pidato di sekolah Ali. Meski sempat gugup, namun ia tetap yakin dengan pidato yang ia buat.

Saat giliran Ali untuk mempresentasikan pidatonya, ia telah berhasil meyakinkan mentalnya sehingga ia sukses membawakan pidatonya dengan lancar dan baik.

Selang beberapa waktu, momen pengumuman kejuaraanpun tiba, tak disangka Ali berhasil memenangkan lomba pidato tersebut dan hadiah yang ia dapatkan lumayan besar.

Ali merasa sangat bangga dengan dirinya sendiri karena ia telah berhasil meraih sukses meskipun hidupnya sangat sederhana.

Dari kisah Ali ini, anak-anak sekolah dapat belajar bahwa meraih sukses tidaklah mudah. Namun, dengan tekad dan semangat yang kuat, segala hal bisa diatasi. 

Ali juga mengajarkan kepada temen-temannya bahwa untuk selalu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk terus belajar dan berusaha tidak pernah menyerah dalam meraih kesuksesan.

Baca juga : Cerpen inspiratif pengusaha kecil yang sukses.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cerpen tentang Perjuangan Meraih Sukses"