Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Obat Masuk Angin Paling Ampuh, Aman dan Mudah Dibeli

Masuk angin kerap menjadi gangguan kesehatan yang kerap mengganggu masyarakat Indonesia. Tidak heran banyak orang yang mencari obat masuk angin paling ampuh untuk mengatasinya. 

Penyebab utama masuk angin adalah karena menurunnya daya tahan tubuh sehingga penderitanya rentan dengan infeksi virus. Gejala yang biasanya dialami adalah seperti demam, keringat dingin, kembung, menggigil hingga sakit kepala dan lemas. Saat gejala ini muncul obat masuk angin menjadi solusi yang tepat. 

Rekomendasi Obat Masuk Angin Paling Ampuh di Indonesia


Obat Masuk Angin Paling Ampuh

Cara mengatasi masuk angin biasanya menggunakan pengobatan simtomatik yaitu jenis obat-obatan yang bisa meredakan gejala yang muncul. Baik itu obat untuk menurunkan demam, anti mual, anti nyeri dan lainnya. 

Saat ini ada sederet obat masuk angin paling ampuh untuk meredakan gejala masuk angin yang bisa dibeli dengan mudah dan juga aman. 

1. Tolak Angin 

Tolak Angin menjadi salah satu obat yang sangat terkenal dan terbukti mampu meredakan gejala masuk angin. Salah satunya yang paling ampuh adalah tolak angin cair, mampu mengatasi gejala seperti mual, kembung, sakit perut, dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. 

Kemampuannya ini berkat bahan aktif yang terdapat di dalamnya yaitu adas, daun cengkeh, jahe, kayu ules, daun mint dan juga madu. Tolak Angin cair dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak. Obat masuk angin paling ampuh ini juga bisa dibeli dengan mudah baik itu di toko online atau offline. 

2. Air Rebusan Jahe

Obat lainnya ini juga mudah ditemukan di dapur rumah. Jahe menjadi obat untuk masuk angin berupa herbal. Tinggal rebus jahe dengan api kecil selama 10 sampai 15 menit. Jahe memiliki sifat yang bisa menghangatkan tubuh sehingga meminum air rebusannya akan membuat perut kembung menjadi nyaman. 

Beberapa gejala masuk angin seperti meriang, muntah, mual, sakit tenggorokan hingga batuk bisa teratasi dengan efektif. Tinggal minum air rebusan jahe setiap pagi dengan rutin hingga gejala masuk angin menghilang. 

3. Air Garam 

Obat yang terkenal untuk mengatasi sakit sariawan ini ternyata juga menjadi obat masuk angin paling ampuh. Caranya adalah dengan berkumur air garam yang ramuannya adalah larutkan setengah sendok teh garam dengan segelas air. 

Air garam menjadi obat masuk angin terbaik bagi anak-anak. Efeknya adalah mampu meredakan iritasi di tenggorokan, dan meringankan saluran pernapasan yang kerap meradang karena kelebihan lendir dan cairan. Pastikan air garam ini hanya digunakan untuk berkumur bukan diminum. 

4. Bawang Putih 

Bumbu dapur lain yang menjadi obat masuk angin paling ampuh lainnya adalah bawang putih. Ada efek antivirus, antijamur, dan antimikroba yang terdapat di dalamnya. Tidak hanya masuk angin, orang yang sedang batuk biasanya juga disarankan untuk menggunakan bawang putih. 

Cara mengonsumsinya sangat bervariasi, bisa ditumis bersama dengan sayuran atau dibuat menjadi sup. Jika mampu bisa mengunyah juga bawang putih mentah satu siung dalam 2-3 kali seminggu. Penting juga untuk memperbanyak bawang putih dalam masakan ketika gejala masuk angin muncul. 

Baca juga : Apakah Bawang putih bisa menghilangkan tahi lalat ?

5. Madu 

Madu menjadi obat masuk angin yang juga mudah dibeli di mana saja. Bagus untuk meredakan masuk angin hingga batuk. Madu akan bekerja untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa meredakan demam, mual dan juga pusing. 

Konsumsi madu bisa satu sendok makan setiap pagi, bisa juga dicampur dengan perasan lemon yang kaya akan vitamin C. Bagus juga untuk mencampurkannya dengan teh hangat atau air rebusan jahe. 

6. Lemon 

Daya tahan tubuh yang menurun bisa menyebabkan masuk angin, oleh karena itu lemon yang mengandung vitamin C tinggi menjadi obat masuk angin alami terbaik. Senyawa bikarbonat yang ada di lemon akan meredakan rasa mual dengan efektif. 

Bagi yang memiliki masalah asam lambung maka perasan air lemon bisa ditambahkan dengan air hangat. Lemon akan membantu meredakan mual karena masuk angin dan tubuh yang demam. 

7. Peppermint 

Daun peppermint juga efektif sebagai obat masuk angin perut kembung. Cara menggunakannya hanya perlu menyeduh daun peppermint yang kering. Tunggu sebentar dan hirup saja uapnya saat masih hangat. Rasa mual hingga kram perut akan langsung mereda.  

Manfaat daun peppermint tidak terbatas pada masuk angin tetapi juga bisa mengatasi gangguan pencernaan dan meningkatkan imun tubuh. Semua itu berkat kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. 

Jika tidak ingin repot untuk merebus jahe, menyeduh daun peppermint atau memasak bawang putih, Tolak Angin adalah pilihan yang paling tepat. Tolak angin menjadi obat masuk angin di apotik, toko online hingga minimarket. Anda tidak akan kesulitan untuk membelinya. 

Inilah beberapa rekomendasi obat masuk angin paling ampuh yang mudah untuk didapatkan. Anda tinggal pilih sesuai kebutuhan, jika ingin yang paling praktis siapkan selalu Tolak Angin di rumah. 

Sumber

  • https://www.alodokter.com/masuk-angin-dalam-sudut-pandang-medis#:~:text=Masuk%20angin%20sering%20kali%20digunakan,Indonesia%20untuk%20menggambarkan%20keluhan%20tersebut.
  • https://www.alodokter.com/tolak-angin#:~:text=Tolak%20Angin%20Cair%20mengandung%20kombinasi,sekaligus%20meningkatkan%20daya%20tahan%20tubuh.
  • https://www.halodoc.com/artikel/tak-harus-ke-dokter-ini-7-pilihan-obat-masuk-angin-anak
  • https://www.alodokter.com/berbagai-pilihan-obat-masuk-angin-secara-alami-dan-medis
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/jahe-untuk-usir-masuk-angin-apakah-efektif
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "8 Obat Masuk Angin Paling Ampuh, Aman dan Mudah Dibeli "