Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cerpen yang Menarik Untuk Dibaca

Mengetahui cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca sangat penting agar tulisan yang kamu buat tidak sia-sia. Meskipun hanya cerita pendek yang mungkin dianggap cukup mudah membuatnya, namun, kenyataannya tidak demikian.

Karena, untuk dapat menghasilkan cerpen yang baik dan berkualitas sehingga bisa mendapatkan banyak pembaca, itu bukanlah perkara yang mudah. Oleh sebab itu, pada posting kali ini akan kita bahas beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk membuat tulisan yang menarik.

Cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca

cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca

#1. Menentukan ide cerita

Langkah pertama untuk membuat cerpen yang menarik untuk dibaca yaitu dengan menentukan ide cerita. Ide ini bisa bersumber darimana saja yang penting menurut kamu menarik dan mempunyai peluang besar untuk disukai orang lain juga.

Misalnya, dari pengalaman pribadi, dari pengalaman orang lain, dari fenomena sekitar atau peristiwa yang pernah kita lihat. karena ini merupakan jenis cerita berdasarkan fakta yang memang terjadi, maka kamu akan lebih mudah dalam merangkai kalimatnya.

Selain itu, jika kamu tipe orang yang mempunyai imajinasi tinggi, kamu bisa membuat cerpen berdasarkan khayalan atau cerita fiktif. Dimana untuk membuatnya dibutuhkan kreatifitas dan yang dapat membuat cerita itu seolah hidup.

#2. Membuat kerangka karangan

Setelah kamu mempunyai ide yang akan dibuat cerita, tips selanjutnya yaitu membuat kerangka karangan. Kamu dapat memulainya dari peristiwa awal, penampilan masalah dan penyelesaian.

Saat memulai menulis cerpen, cobalah gunakan judul dan paragraf pembuka yang menarik dan hindari kalimat yang rumit atau bertele-tele. Apabila paragraf pembukamu menarik, para pembaca pasti akan betah membaca tulisanmu hingga akhir dan begitupun sebaliknya.

Adapun tujuan membuat kerangka ini yaitu untuk memudahkanmu dalam membuat alur cerita, sehingga akan lebih mudah dalam penulisannya.

#3. Mengembangkan cerita

Untuk membantu mengembangkan cerpen yang kamu buat agar lebih menarik, cobalah untuk menentukan tema dan tujuan cerita. Apa saja poin utama apa yang ingin kamu sampaikan dalam cerita tersebut.

Poin ini harus jelas agar maksud dan tujuan yang ingin disampaikan melalui cerita itu bisa sampai
kepada pembaca. Setelah itu, buatlah latar belakang tentang cerita tersebut. Jelaskan hal itu sehingga mereka mendapatkan gambaran tentang kapan waktunya, dimana lokasinya dan lain sebagainya.

Gambarkan secara rinci dengan singkat untuk membantu pembaca mendapatkan gambaran dari karakter atau tokoh penting dalam cerita tersebut.

Penutup

Itulah 3 poin utama cara membuat cerpen yang menarik untuk dibaca. Langkah terakhir sebelum kamu mempublikasikannya yaitu, pastikan tulisanmu sudah dilakukan pemeriksaan atau revisi. Hal ini sangat penting untuk memperbaiki segala kesalahan yang ada.

Rio Ve
Rio Ve Blogger

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Cerpen yang Menarik Untuk Dibaca"