Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Judul Wattpad yang Menarik

Pada posting kali ini saya akan berbagi tips cara membuat judul wattpad yang menarik. Mungkin ada yang menganggap bahwa judul itu adalah hal yang sepele, tapi faktanya masih banyak penulis pemula yang bingung untuk menentukan judul dari cerita mereka.

Bahkan ada penulis yang pusing mikirin judul hingga mager nulis karena tidak menemukan judul yang cocok. Nah, meskipun judul itu hanya terdiri dari beberapa kata saja, tapi jangan pernah menganggap sepele ya. 

Karena judul sangat berdampak signifikan terhadap cerita yang akan dibuat. Perihal judul terkadang juga menjadi penentu bagi seseorang buat mau baca cerita itu atau tidak. 

Cara membuat judul wattpad yang menarik

1. Penggunaan nama atau tokoh

cara membuat judul wattpad yang menarik
source:screenshot:https://www.wattpad.com

Apabila tokoh yang ada di cerita Anda itu mempunyai karakter yang kuat dan mudah diingat oleh pembaca, maka gunakan nama pada tokoh tersebut sebagai bagian judul. Seperti karya novel terkenal yang dijadikan film yaitu novel Dilan.

Jangan lupa untuk menambahkan kata-kata lain sebelum atau sesudah nama, agar menambah kekuatan dan makna lain. Dengan metode penggunaan nama tersebut, maka akan jauh lebih mempunyai peluang ngetrend seperti pada contoh di atas.

2. Menandakan suatu ciri khas cerita

Salah satu contoh novel populer yang menggunakan metode ini yaitu novel yang berjudul “Perahu Kertas”. Alasan mengapa dibuat judul perahu kertas yaitu karena tokoh di dalam novel tersebut suka membuat kertas untuk dibawa ke sungai atau ke laut.

Jadi, Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk membuat judul cerita yang akan Anda buat nantinya.

3. Judul yang membuat penasaran

Tips yang pertama yaitu buatlah judul yang dapat membuat penasaran. Usahakan jangan sampai Anda membocorkan ending cerita ke pembaca di judulnya. Karena jika mereka sudah bisa nebak ending dari cerita tersebut melalui judul maka kemungkinan besar mereka sudah tidak tertarik lagi.

Contohnya seperti apa sih ?

Judul yang membocorkan ending cerita itu misalnya, kado terakhir untuk ayah tercinta, istriku adalah teman kerjaku, dan lain sebagainya.

Lantas, contoh judul yang menarik itu seperti apa sih?

Misalnya, Anda ingin menulis cerita tentang penantian untuk kekasih yang menjalani hubungan LDR-an lintas Negara dan tak kunjung ketemu. Atau suami istri yang sedang menanti kehadiran seorang anak dalam rumah tangga mereka setelah bertahun-tahun menikah.

Jika ingin lebih mudah dalam mencari judul referensi yang menarik, Anda dapat mencoba mencarinya langsung di website atau aplikasi wattpad.

4. Menggunakan nama tempat

tips membuat judul wattpad yang menarik
source:screenshot:https://www.wattpad.com

Tips yang selanjutnya yaitu dengan membuat judul menggunakan embel-embel nama tempat yang akan dijadikan latar belakang cerita. Misalnya, seperti “London Love Story”, “Eifel I’m in love” dan lain sebagainya.

Apabila Anda ingin membuat judul cerita dengan kata-kata bahasa Inggris juga tidak masalah. Bisa jadi malahan terlihat lebih estetik

Menulis judul itu sebenarnya bebas sih. Anda ingin menulis judul dengan model apa saja juga bisa dijadikan ide. Contohnya, es krim, jam tangan, sepasang sepatu dan masih banyak lagi lainnya. 

5. Menggunakan bagian dari dialog yang kuat

Contoh judul wattpad yang menarik
source:screenshot:https://www.wattpad.com

Dalam sebuah cerita biasanya ada bagian dari dialog yang mempunyai daya tarik yang kuat. Seperti contohnya “jangan ambil pacarku”, “jangan ambil jantung hatiku” dan lain-lain.

Seperti yang Anda lihat sendiri pada contoh gambar di atas. Selebihnya, silahkan berkreasi sesuai imajinasi Anda.

6. Membuat Voting

Jika Anda kebetulan sudah menemukan beberapa ide judul yang menarik namun masih bingung, maka Anda bisa menggunakan voting sebagai solusinya. Bisa melalui forum di grup penulis atau komunitas penulis yang ada di media sosial.

Atau bisa juga dengan langsung meminta saran pada follower dan teman-teman Anda secara langsung. Baik melalui wa, fb, ig, dan lain sebagainya. Biasanya, akan banyak yang merespon dan dengan senang hati akan memberi pilihan. Selanjutnya, pilih jawaban terbanyak untuk dijadikan sebagai judul cerita wattpad Anda.

Baca juga : Cara mendapatkan uang dari Aplikasi Novelah

Kesimpulan

Itulah beberapa cara membuat judul wattpad yang menarik yang telah kita bahas bersama kali ini. Karena judul adalah sesuatu yang akan dilihat pertama kali oleh calon pembaca. Maka jika judul sudah menarik, kemungkinan besar pasti mereka langsung tertarik untuk membacanya. Kalau judulnya terlihat membosankan, sudah pasti mereka hanya melewatinya begitu saja.

Setelah Anda mendapatkan ide judul yang menarik, jangan lupa untuk mencarinya di google dengan nama judul yang sama (milik Anda). Tujuannya adalah agar tidak ada buku/novel atau cerita lain yang memiliki judul yang sama di google. Karena jika sama nanti bisa dibilang kurang kreatif atau bahkan menjiplak dari yang sudah ada.

Artikel terkait : Cara membuat cerpen yang menarik untuk di baca

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Judul Wattpad yang Menarik"