Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Page One dengan Cepat untuk Pemula

Ada beberapa cara mudah page one dengan cepat yang dapat kamu lakukan. Namun perlu usaha ekstra dan kemampuan analisa yang memadai. Karena, untuk mencapai posisi terbaik di halaman 1 google bisa dibilang susah-susah gampang.

Bagi blog atau website yang sudah mempunyai otoritas di mesin pencari atau yang biasa di kenal dengan domain ratting/domain authority, tentu tidak terlalu sulit. Namun bagi blog baru, akan sangat berbeda.

Apalagi, saat ini untuk index artikel saja bagi blog baru masih banyak yang kesulitan. Kembali pada topik utama, posting saya kali ini hanya akan fokus untuk berbagi tips agar artikel ranking 1 Google sesuai pengalaman pribadi.

Cara mudah page one dengan cepat

cara mudah page one dengan cepat

#1. Gunakan keyword persaingan sangat rendah

Supaya artikel di website atau blog kamu bisa dengan mudah masuk halaman 1 Google maka kamu perlu mencari keyword yang potensial dengan tingkat persaingan sangat rendah. Jika dalam SEO kita biasa menggunakan istilah Keyword Golden Ratio (KGR).

Kenapa bisa disebut kata kunci emas? Dari yang saya pahami yaitu karena KGR ini memiliki volume pencarian atau di cari user namun yang membuat (artikel tersedia) di mesin pencari masih sedikit.

Untuk mendapatkan KGR ini tentu tidak mudah. Saya sendiri biasanya hanya mendapat 1 KGR dalam waktu berjam-jam untuk niche bisnis. Namun untuk niche lain (blog ini) bisa mendapatkan beberapa keyword potensial sekaligus dalam waktu relatif lebih singkat. Jika kamu ingin belajar teknik riset keyword ini silahkan ke channel youtube "blog tips" punya mas Indrak. Bagi bloger receh seperti saya pasti tau lah ya.

#2. Jenis Artikel

Tips yang kedua jika ingin page one dengan cepat yaitu tergantung pada tipe atau jenis artikelnya. Contohnya, jika jenis artikelmu menargetkan kata kunci yang berpotensi viral atau trending, maka kuncinya kamu harus lebih cepat posting di banding web/blog lain.

Itupun dengan catatan setelah posting, artikel harus langsung bisa di index mesin pencari. Sebelumnya sudah saya buktikan di blog ini dan terbukti berhasil dengan menargetkan kata kunci "spoiler manga one piece". 

Hanya dalam satu malam saja, 1 artikel tersebut langsung berada di halaman 1 google dan berhasil mendatangkan trafik organik hingga ratusan pengunjung. Jadi sekali lagi, uji coba ini baru saya lakukan hanya pada kategori artikel viral.

#3. Artikel SEO

Teknik kepenulisan artikel SEO ini menurut saya wajib kamu kuasai jika target atau jenis artikelmu merupakan kategori kata kunci abadi, atau biasa disebut dengan evergreen. Namun jika keadaan blog kamu saat ini belum memiliki authority yang cukup tinggi, maka akan sulit untuk meraih ranking 1 google dengan cepat.

Tapi lain halnya jika blog kamu sudah mempunyai DR atau DA PA diatas 50 dengan ranking alexa ramping, maka bisa dengan mudah untuk page one. Namun dengan catatan tetap menggunakan kata kunci persaingan rendah sebagai targetnya.

Untuk mempelajari teknik kepenulisan artikel SEO, kamu bisa dengan mudah mempelajarinya di plugin yoast SEO. Jika kamu menggunakan wordpress, cukup pasang plugin tersebut lalu kamu dapat melihatnya disana apakah artikel yang kamu tulis sudah sesuai apa belum. Cukup mudah bukan?

#4. Faktor pendukung

Jika kebetulan kamu mempunyai modal yang cukup, maka ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan agar bisa mencapai halaman 1 dengan cepat, Antara lain:
  • Backlink
Sudah bukan hal yang tabu lagi, salah satu rahasia situs besar yang mendominasi page one google saat ini mempunyai sumber backlink untuk menunjang web utama mereka. Silahkan cek salah satu blog besar yang kamu kenal saat ini menggunakan ahrefs atau moz. Kamu akan mengetahui berapa banyak tautan balik blog itu disana.

Jika kamu bloger pasti juga mengetahuinya bukan? Jadi, untuk membangun tautan balik yang aman, silahkan berkreasi masing-masing sesuai kemampuan. Jika ingin yang murah meriah dan paling disukai google, maka kamu harus membuat artikel berkualitas yang banyak membantu orang lain. Sehingga kemungkinan mereka untuk menjadikan artikelmu sebagai referensi dan memberi backlink secara sukarela akan lebih besar.
  • Sinyal media sosial
Menurut yang saya pahami selama ini, ternyata peran sosial media dapat menjadi faktor lain untuk ranking 1 google dengan lebih cepat. Jika artikel yang baru kamu publish berhasil di share oleh banyak orang secara alami hingga ratusan dalam waktu singkat, kemungkinan artikel tersebut bisa meranking dengan baik.

Bukan perkara yang mudah untuk membuat artikel yang disukai banyak orang hingga mereka rela membagikannya di medsos miliknya. Namun bukan berarti tidak mungkin jika salah satu dari ratusan artikel di blog kamu suatu saat ada yang viral. So, sudah tau kan? Kira-kira apa yang musti kamu lakukan? 

Penutup

Ketiga tips cara mudah page one dengan cepat yang telah saya sebutkan di atas merupakan teknik dasar sesuai dari pengalaman pribadi. Masih ada puluhan atau mungkin ratusan faktor lain yang bisa Anda praktikan sendiri sesuai keahlian masing-masing. Semoga tulisan ini bermanfaat, salam bloger..
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

2 komentar untuk " Cara Mudah Page One dengan Cepat untuk Pemula"

  1. Untuk pemula seperti saya dengan blog yang masih baru, lebih baik harus belajar riset kata kunci dulu atau belajar menulis artikel SEO dulu kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utamakan Belajar riset dulu sblm nulis, klo udh biasa nnti enak kedepannya

      Hapus