Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buka Warung Sembako Di Rumah, Mulai Aja Dulu !

Bagaimana cara buka warung sembako di rumah? Bagi Anda yang mungkin saat ini sedang bingung ingin mempunyai toko sendiri di rumah namun takut bayangan. Mungkin takut harus banyak modal, stok barang dimana, atau bingung mau mulai darimana?

Tenang saja, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Karena pada posting kali ini akan kita bahas secara tuntas. Mulai dari langkah-langkahnya beserta tips yang akan membantu Anda untuk mendapatkan solusi terbaik. Langsung saja, berikut penjelasan selengkapnya.

Cara buka warung sembako di rumah

cara buka warung sembako di rumah

1. Menyiapkan tempat yang terlihat dari jalan

Langkah pertama yang harus Anda siapkan jika ingin membuka warung sembako di rumah yaitu tempat yang terlihat dari jalan. Misalnya, Jika anda mempunyai garasi mobil, ruang depan, atau teras rumah yang sudah tidak terpakai. Maka itu bisa dimanfaatkan untuk dijadikan toko atau warung sederhana.

Seandainya tidak ada ruang kosong di rumah yang nganggur, maka Anda bisa juga memanfaatkan lahan tanah depan rumah yang masing kosong dan bisa dibangun toko kecil kecilan.

Setelah tempatnya siap, pastikan untuk menyiapkan rak-rak kecil sebagai tempat untuk menata barang dagangan agar terlihat rapih.

2. Siapkan modal

Setelah Anda mempunyai tempat yang bisa digunakan sebagai warung sembako, selanjutnya yang harus disiapkan yaitu modal. Perihal modal ini tidak harus puluhan juta ya. 

Anda bisa memulainya dari membuka warung sederhana dulu. Agar lebih mudah dalam berjualan, cobalah gunakan prinsip "biarpun untung sedikit yang penting dagangan laris". 

Asalkan pengelolaan keuangan Anda bagus, maka Anda dapat mengumpulkan keuntungannya sedikit demi sedikit untuk menambah stok belanja warung. Sehingga, modal awal yang digunakan tidak terlalu membengkak.

3. Mencari agen atau grosir sembako 

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, maka Anda harus mencari agen atau tempat grosir sembako yang besar. Tujuannya agar bisa mendapat harga yang miring.

Apalagi, jika modal yang Anda siapkan terbatas. Maka Anda harus pintar-pintar memilih toko mana yang menyediakan harga di bawah toko lainnya. Tapi dengan catatan kualitas barang juga tetap harus diperhatikan ya.

Jika Anda kesulitan mencarinya, cobalah untuk bertanya ke teman atau kenalan Anda yang sudah lebih dulu membuka usaha warung sembako.

4. Menjual barang yang cepat laku

Saat Anda belanja stok barang yang akan dijual, sebaiknya pilih barang dagangan yang cepat laku terlebih dahulu. Tujuannya agar jualan Anda cepat balik modal. Sehingga, putaran uang untuk anggaran belanja selanjutnya tidak terhambat.

Disinilah Anda harus jeli dalam melihat pangsa pasar. Kira-kira apa saja barang dagangan yang bisa laku setiap hari di sekitar rumah?

Contohnya, Anda dapat mengisi warung sembako Anda dengan bahan makanan pokok yang dibutuhkan sehari-sehari. Seperti beras, telur, minyak makan, bumbu dapur, sayur-sayuran, gula, sabun, deterjen, sampo, dan jajanan.

Atau, jika kebetulan rumah Anda terletak di pinggir jalan raya, maka Anda bisa menyediakan minuman kemasan botol dingin, pertamini dan lain sebagainya.

5. Membuat spanduk toko

Tujuan membuat spanduk disini berfungsi agar toko sembako Anda bisa terlihat dari kejauhan. Apalagi jika jika warung Anda masih baru, maka belum banyak orang yang mengetahuinya.

Pastikan bahwa spanduk yang dibuat menjelaskan tentang identitas toko apa. Misalnya, dinamai "warung sembako Bapak Bejo", atau pilih nama sesuai selera masing-masing. Yang penting tulisannya terlihat dari kejauhan dan tidak menutupi barang dagangannya (sesuaikan tempat).

Penutup

Mempunyai usaha sendiri dirumah dapat menjadi alternatif untuk menambah penghasilan. Ini bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga ataupun siapa saja yang ingin membuka usaha rumahan. Semoga beberapa tips cara membuka warung sembako di rumah ini dapat menjawab apa yang sedang Anda cari.

Rio Ve
Rio Ve Blogger

Posting Komentar untuk "Cara Buka Warung Sembako Di Rumah, Mulai Aja Dulu !"