Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Usaha Kecil Kecilan Untuk Pelajar yang Menguntungkan

Ada cukup banyak contoh usaha kecil kecilan untuk pelajar yang cukup mudah dilakukan dan menawarkan banyak keuntungan. Hal ini tak lepas dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang semakin pesat. Sehingga telah memudahkan para pelaku bisnis. 

Bahkan, saat ini para pelajar yang ingin berwirausaha, memiliki kesempatan yang cukup terbuka luas untuk mencapai kesuksesan di usia muda. Masalahnya, banyak yang masih tidak percaya atau bingung harus memulainya darimana. 

Oleh sebab itu pada posting kali ini akan kita bahas beberapa ide usaha untuk pelajar yang menghasilkan uang dan bisa dimulai dengan modal kecil. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya berikut ini:

Contoh usaha kecil kecilan untuk pelajar

Dengan berwirausaha sejak dini, maka jiwa kemandirian dan kepemimpinanmu akan terasah. Jika kamu sudah berusaha sejak dini untuk mencari penghasilan sendiri, maka kedepannya kamu akan lebih menghargai berapapun pendapatan uang yang di dapat. Meskipun awalnya kecil, tapi tidak menutup kemungkinan kamu akan sukses dengan beberapa bisnis kecil kecilan untuk pelajar berikut ini.

1. Bisnis online

contoh usaha kecil kecilan untuk pelajar

Ide usaha kecil kecilan untuk pelajar yang pertama adalah bisnis online. Kamu dapat memulainya dengan berjualan peralatan anak sekolah secara online. Mulai dari jualan sepatu, aksesoris handphone, pulsa, paket data internet, minyak wangi, skincare minyak rambut dan barang-barang yang dibutuhkan oleh pelajar SMP hingga SMA.

Untuk modal, kamu tidak perlu khawatir. Karena kamu bisa menjalankan sistem reseller. Jadi, tidak harus butuh biaya mahal untuk memulai usaha ini. Cara kerjanya juga cukup mudah, kamu hanya menjual ulang barang-barang yang telah kamu pilih untuk dijual kembali.

Selain itu, jika kamu ingin mencari yang modalnya lebih kecil, maka sistem dropshiper bisa menjadi solusi yang patut dicoba. Kamu hanya perlu menjadi agen lalu menjual barang sesuai pesanan pembeli.

2. Menjadi makelar

contoh bisnis kecil kecilan untuk pelajar

Ide bisnis kecil kecilan untuk pelajar yang kedua yaitu dengan menjadi makelar. Ya, kamu tidak salah baca. Karena memang umumnya makelar itu terkenal ada kaitannya dengan jualan tanah dan rumah.

Padahal, kamu bisa menjadi makelar kecil-kecilan di sekolah. Misalnya, jika akan ada kegiatan di sekolahmu, seperti pentas seni, porseni atau kegiatan lain yang membutuhkan perlengkapan berupa kostum atau peralatan pelengkapan lain, maka kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menjadi makelar dari peralatan tersebut.

Kamu hanya perlu memanfaatkan setiap peluang yang ada lalu mencari tempat usaha yang menyewakan perlengkapan tersebut. Setelah itu, pastikan untuk mengajukan penawaran kepada mereka tentang harga yang akan disepakati bersama. Pastikan juga kamu telah membuat rincian dengan mengambil keuntungan dari masing-masing barang sewaan tersebut.

Sebaiknya, jangan memberikan penawaran harga yang terlalu tinggi atau jangan mengambil keuntungan yang terlalu banyak jika di bandingkan dengan harga pemilik aslinya.

Untuk mengawali bisnis ini, yang penting kamu harus memberikan pelayanan kualitas terbaik. Maka dengan sendirinya nanti konsumen akan percaya. Sehingga seiring berjalannya waktu maka usahamu akan mendapatkan harga yang pantas dari mereka.

3. Menjual jasa

Ada beberapa ide usaha untuk pelajar yang menghasilkan uang, di antaranya dengan menjual jasa berikut ini:
  • Menjadi joki tugas
Ide usaha kecil kecilan untuk pelajar

Menjadi joki tugas mungkin masih asing bagimu. Padahal, ini bisa menjadi lahan bisnis kecil-kecilan untukmu. Contohnya, jika di sekolah biasanya ada tugas-tugas untuk membuat makalah atau tugas lain yang membuat beberapa siswa merasa frustasi.

Biasanya, ada saja mereka yang butuh pertolongan atau memang tidak mau pusing. Nah, pada saat momen inilah, kamu bisa menawarkan bantuan kepada mereka yang memang tidak mau ribet dengan masalah tugas dan maunya terima beres.

Jika ada kesepakatan diantara kalian, berikan penawaran yang saling menguntungkan. Kamu bisa meminta upah atas kerja kerasmu karena telah membantu mereka yang maunya terima jadi.

  • Menjadi konten writer
Tahukah kamu? Bahwa membuka jasa kepenulisan artikel blog itu sangat menguntungkan lho. Apabila kamu hobi menulis, maka kamu bisa memanfaatkan keahlianmu itu untuk menjadi penulis artikel.

Biasanya, harga untuk 1 artikel dengan panjang 500 kata, rata-rata mereka berani membayar mulai dari 10 Ribu hingga 25 Ribu Rupiah sesuai dengan kualitas artikel. Saya sendiri saat ini menggunakan jasa penulis artikel untuk mengisi blog saya yang lain.

Jika kamu berminat, maka kamu bisa belajar menulis artikel di blog sendiri. Setelah kamu menguasai artikel yang SEO friendly dan tulisanmu berkualitas, maka kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan pundi-pundi Rupiah dan dollar.

4. Usaha kuliner pelajar

contoh bisnis pelajar kecil-kecilan pelajar


Contoh usaha kecil-kecilan untuk pelajar yang selanjutnya yaitu membuka bisnis kuliner. Kamu bisa menjual makanan untuk anak sekolah dengan harga yang masih terjangkau.

Berikut ini merupakan contoh usaha kecil kecilan untuk remaja di bidang makanan dan jajanan anak sekolah, antara lain:
  • Nasi uduk
  • Bubur ayam
  • Mie telor 
  • Nasi goreng
  • Aneka jajanan ringan, seperti ciki-ciki, cokolatos, aneka kripik, dll.
  • Cemilan khas daerah, seperti combro, brekedel, lapis, dan lain sebagainya. 
  • Aneka gorengan seperti bakwan, tahu isi, pisang coklat, tempe goreng, dll.
  • Aneka bakso/sosis bakar yang disukai pelajar, dll.
Untuk porsi tentu harus menyesuaikan dengan harga kantong anak sekolah ya. Agar tetap mendapatkan keuntungan. Untuk menjalankan usaha kuliner sekarang ini tidak harus ditungguin ya. Tapi kamu bisa menjalankannya dengan sistem pre order. jadi, jika ada yang pesen, baru kamu bawakan makanannya ke sekolah.

Atau, jika masih ingin menggunakan cara manual, maka kamu bisa menitipkan daganganmu ke warung-warung atau kantin sekolah. Jadi, mulai aja dulu, perkara hasil yang di dapat nanti, pasti akan selalu ada jalan kemudahan bagi setiap hamba-Nya yang selalu berusaha.

5. Usaha kecil kecilan untuk pelajar laki-laki

Game online saat ini tentu sudah tak asing lagi di kalangan remaja khususnya pelajar SMP dan SMA. Bahkan, anak sekolah dasar saja sudah pada jago main game online seperti FF, mobile legends dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang jago main game, cobalah manfaatkan keahlianmu itu untuk menjadi joki game online. Istilahnya, kamu membantu temanmu untuk mencapai posisi tertentu dalam permainan game mereka dengan ketentuan/bayaran sesuai kesepakatan.

Nah, jika kamu mampu menyelesaikan tugasmu dengan baik, maka bisa jadi temanmu akan merekomendasikan kepada yang lain. Sehingga namamu akan menjadi terkenal di lingkunganmu dan menyebar seiring berjalannya waktu sesuai prestasi yang kamu torehkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh usaha kecil kecilan untuk pelajar yang mungkin bisa menjadi ide bisnis untukmu saat ini. Jangan lupa, selalu berinovasi dan promosikan usaha bisnismu itu ke teman-teman sekolah dan  melalui grup-grup media sosial yang ada. Semoga bermanfaat..

Baca juga: Peluang usaha bisnis internet rumahan

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Contoh Usaha Kecil Kecilan Untuk Pelajar yang Menguntungkan"