Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghadapi orang yang membenci kita di tempat kerja

Halo sobat, pada posting kali ini akan kita bahas cara menghadapi orang yang membenci kita di tempat kerja. Beberapa di antaranya mungkin sudah pernah Anda lakukan sebelumnya.

Namun tidak ada salahnya jika saya mengingatkannya kembali. Karena sebagai manusia kita harus saling memotivasi jika ada masalah. Mungkin saat ini kita sedang pada posisi yang tidak mengenakan di tempat kerja.

Tapi tidak menutup kemungkinan, mereka yang membenci kita saat ini juga akan mengalami hal yang sama suatu saat nanti. Roda itu berputar dan ada karma yang berlaku pada setiap kehidupan.

Berikut cara menghadapi orang yang membenci kita di tempat kerja

Cara menghadapi orang yang membenci kita di tempat kerja

1. Jangan menghiraukannya

Jika Anda saat ini sedang di sakiti oleh rekan kerja lalu Anda mendatanginya dan melakukan hal yang sama, lalu apa bedanya kita dengan mereka?

Lantas apa yang harus dilakukan? Anggap saja hal itu untuk melatih kedewasaan kita dalam berfikir. Atau untuk melatih diri agar mampu mengontrol emosi.

Biarkan mereka mau ngomongin apa saja. Selagi kita masih profesional dalam bekerja dan melakukannya semaksimal mungkin, maka orang lain yang punya hati nurani pasti akan menilainya.

Ingatlah, meskipun di tempat kita bekerja ada orang-orang munafik dan bermuka dua, tapi tidak semuanya sama. Masih ada rekan kerja lain yang akan menilai kita secara profesional. Entah itu atasan, atau siapa saja yang berada pada lingkungan pekerjaan.

2. Fokus pada pekerjaan kita

Terlalu berharga waktu yang kita punya jika harus digunakan untuk mengurusi para pembenci. Karena tidak ada gunanya menanamkan cinta di hati yang dipenuhi dengan kebencian.

Tetaplah fokus pada tanggung jawab pekerjaan kita. Jika ada masalah dalam prosesnya, anggaplah itu memang resiko pekerjaan yang harus kita hadapi.

Fokus melakukan pekerjaan dengan baik agar terhindar dari kesalahan. Karena manusia itu mempunyai sifat alamiah yang namanya "lupa". Jadi, daripada waktu kita habis untuk mengurusi para pembenci, lebih baik habiskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada.

3. Kembali pada niat kita bekerja

Kita telah bekerja sesuai dengan apa yang menjadi tanggung jawab pekerjaan. Kemudian kita mendapat balasan atau imbalan berupa gaji dari pekerjaan tersebut.

Namun, dalam perjalanan atau prosesnya terkadang ada saja hal-hal yang membuat sakit hati. Mulai dari rekan kerja yang iri, dengki, tidak suka dengan prestasi atau kinerja kita.

Tahukah Anda, bahwa di setiap tempat kerja pasti akan ada ujian seperti itu. Jika saat ini sedang terjadi pada Anda, maka kembalikan pada niat awal Anda bekerja.

Misal, niatkan dalam setiap pekerjaan itu karena mencari rezki yang halal dan niatkan semua karena Alloh. Jadi, jika ada hal-hal yang menyakiti kita sekarang ini, maka kembalikan lagi pada niat tersebut. Insya Alloh hati akan lebih tenang dan terhindar dari sakit hati berkepanjangan.

4. Introspeksi diri

Kenapa sih orang-orang kok suka ngomongin aku? Jangan-jangan, ada sesuatu yang salah dengan sikap atau sifatku.

Nah, cobalah untuk introspeksi diri kita terlebih dahulu. Takutnya, kita sibuk memikirkan perbuatan mereka pada kita tapi lupa pada apa yang ada dalam diri kita.

Mungkin saja kan, diri sendiri yang kurang bisa menjaga lisan. Atau mungkin, ada perbuatan kita yang kerap menimbulkan masalah. Soalnya, melakukan kesalahan itu sifatnya manusiawi dan kita semua pasti pernah berbuat salah.

Jadi, cobalah introspeksi dulu takutnya memang ada tingkah laku kita selama ini yang mungkin salah dimata orang lain dan nggak kita sadari. 

Penutup

Itulah beberapa cara menghadapi orang yang membenci kita di tempat kerja. Memang tidak mudah untuk melakukannya, namun tak ada yang mustahil jika kita mau mencobanya. Memaafkan adalah kemenangan terbaik yang mungkin akan jauh lebih baik untuk masa depan.

Baca juga Artikel terkait: Tips menghilangkan marah pada seseorang
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara menghadapi orang yang membenci kita di tempat kerja"