Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menyemangati Diri Sendiri Untuk Belajar

Ada beberapa cara menyemangati diri sendiri agar lebih termotivasi untuk belajar. Terlepas dari apapun tujuanmu itu, entah untuk belajar di sekolah, di kampus, mengerjakan tugas lain, ataupun belajar dalam hal menggapai impian.

Namun sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu telah mempunyai tekad yang kuat, niat dan kemauan yang tinggi untuk belajar. Jika memungkinkan, carilah seorang tokoh yang kamu anggap dapat dijadikan panutan sebagai motivasi belajar. Selebihnya, mari kita bahas lebih jauh. 

Berikut ini beberapa cara menyemangati diri sendiri untuk belajar:

cara menyemangati diri sendiri untuk belajar
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

1. Mulailah dari yang mudah

Meskipun terkadang kamu berfikir bahwa materi pelajaranmu itu terasa sulit, namun pasti ada celah untuk mencari dari sisi yang paling bisa dikerjakan terlebih dulu. Anggaplah itu yang paling mudah untukmu.

Jangan sampai hanya karena pesimis, kamu menunda-nunda. karena hal itu hanya akan membuat niat belajarmu semakin pudar, atau bahkan hilang. Intinya, mulai saja dulu, maka selagi proses belajarmu itu berjalan, pasti akan terasa lebih mudah untuk dikerjakan.

2. Fokus pada tugas yang ada

Apabila saat ini kamu sedang mengerjakan beberapa tugas sekaligus dalam waktu yang dekat, cobalah memilih 1 tugas dan fokus untuk menyelesaikannya terlebih dahulu. Jangan sampai tergoda lalu mencoba mengerjakannya secara bersamaan. Alhasil, bukannya beres malah belajar jadi acak acakan nggak jelas. 

Seharusnya bisa mendapat hasil, malah stress karena nggak ada yang selesai. Jadi, fokuslah terhadap tugas mana yang akan kamu selesaikan terlebih dahulu, kemudian lakukan pada tugas yang lain dan begitu seterusnya.

3. Buatlah varisasi dalam kegiatan belajar

Jika kamu tipe orang yang gampang bosan ketika harus mengerjakan sesuatu sendirian, cobalah untuk membuat kelompok belajar. Ajak siapapun yang kamu anggap pantas untuk belajar bersama. Mungkin orang spesial, sahabat, atau seseorang yang humoris yang dapat mencairkan keadaan sehingga suasana jadi lebih hidup.

Atau, dapat juga dengan variasi lain. Misalnya, jika kamu selama ini hanya menggunakan bahan belajar berupa teks atau buku, cobalah variasikan dengan menggunakan bahan ajar berbentuk video. Bisa juga dengan animasi slide yang diselingi dengan musik atau perangkat lain yang kamu sukai.

4. Ingatlah bahwa ini tidak akan berlangsung selamanya

Apabila saat ini kamu sedang menempuh pendidikan, entah itu sekolah atau kuliah, ingatlah bahwa itu hanya beberapa tahun saja. Jika masa-masa itu telah berlalu, kamu malah akan menyesal karena masa tersebut tidak akan terulang kembali suatu saat nanti.

Semua hanya tinggal kenangan yang terkadang akan membawamu pada perasaan ingin kembali ke masa itu. Apalagi, jika suatu saat kamu sudah bekerja, kamu akan sangat merindukan saat-saat bersama teman-temanmu di kelas atau di lingkungan belajar.

5. Singkirkan apapun yang mengganggu

Biasanya, ada beberapa hal atau benda, yang dapat mengganggu minat belajarmu. Contohnya, gadget dengan segala aplikasinya (biasanya game online dan media sosial). Atau bisa juga dari lingkungan pergaulan yang toxic.

Contoh lain seperti pacaran juga bisa mengganggu lho. Misalnya, saat lagi ada masalah dengan si dia, pasti fikiran terganggu dan nggak bisa diajak buat fokus belajar. Percayalah itu nyata dan bukan mitos. Jadi, sebaiknya singkirkan terlebih dahulu apa saja yang kira-kira dapat mengganggu proses belajaramu.

6. Temukan tempat belajar yang sempurna

Setiap orang punya tempat favorit masing-masing untuk belajar. Ada yang suka di kamar, ada yang suka di ruang khusus belajar, dan ada juga yang punya tempat favorit lain. Seperti di tempat terbuka, kebun, taman, atau tempat lainnya.

Percaya atau tidak? Ternyata tempat yang kita suka dapat menambah mood menjadi lebih baik. Jadi, jangan ragu untuk berpindah tempat jika hal itu bisa membantu proses belajarmu menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

7. Berikan hadiah pada diri sendiri

Mungkin terdengar aneh bagimu, namun ternyata ini cukup masuk akal untuk dilakukan. Coba kamu fikir, kenapa di dalam sebuah lomba atau pertandingan besar itu banyak yang mengikuti?

Contohnya lomba menyayi Indonesian Idol, lomba bola voli proliga, pertandingan sepak bola, lomba antar sekolah seperti olimpiade, dan yang lainnya. Kebanyakan alasan mereka mengikutinya, salah satunya yaitu karena ada hadiah yang ditawarkan. Betul tidak?

Nah, kenapa sistem pemberian hadiah seperti itu tidak kamu lakukan untuk dirimu sendiri? Anggaplah saat ini kamu terpaksa "harus belajar" meskipun malas atau kurang semangat. Tapi, cobalah siapkan sebuah hadiah menarik yang sangat kamu suka. Baik berbentuk barang atau benda dengan harga yang masih dapat dijangkau oleh kantong.

Selanjutnya, jika kamu tidak mampu melakukannya sendiri, cobalah katakan keinginanmu itu pada orang tua, saudara atau orang terdekatmu yang lain. Minta tolong mereka untuk menyimpan hadiah tersebut dan memberikannya setelah kamu mampu mencapai target dalam belajar. Bagaimana, bisa dicoba bukan?

Penutup

Itulah beberapa cara menyemangati diri sendiri untuk belajar. Anggaplah proses ini sebagai tantangan yang harus dihadapi. Jika kamu saat ini lelah, maka istirahatlah sejenak. Lalu bangkit kembali untuk berjuang menggapai impian.

Rio Ve
Rio Ve Blogger

Posting Komentar untuk "7 Cara Menyemangati Diri Sendiri Untuk Belajar"