Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyemangati Teman yang Sedih

Memberi dukungan faktanya dapat menjadi cara yang cukup ampuh untuk menyemangati teman yang lagi sedih. Ada banyak bentuk dukungan yang dapat kamu lakukan untuk menghiburnya agar dia tidak semakin larut dalam kesedihan.

Sebagai teman, tentu kamu harus mengambil peran penting ini. Jangan sampai kamu dianggap, "cuman mau senengnya aja". Oleh sebab itu, pada posting kali ini, akan kita bahas beberapa tips cara menyemangati teman yang sedih baik secara langsung maupun lewat Chat dengan 5 langkah sederhana.

Berikut cara menyemangati teman yang sedih

Cara menyemangati teman yang sedih
Gambar oleh Dim Hou dari Pixabay

1. Menjadi pendengar yang baik

Memberi semangat pada seseorang dapat kamu mulai dari menjadi pendengar yang baik. Ketika temanmu sedang sedih, mungkin dia lebih memilih banyak diam untuk mencari ketenangan.

Itulah saat terbaik untuk menjadi pendengar bagi temanmu. Dengarkan dengan baik setiap keluh kesahnya. Biarkan dia mengeluarkan semua unek-uneknya hingga kesedihan itu tampak berkurang.

Setelah itu, kamu dapat mulai menanggapinya sesuai dengan apa yang dia katakan. Pastikan bahwa kamu benar-benar memahami apa yang dia utarakan, sehingga kata-kata yang kamu ucapkan dapat menjadi solusi baginya. 

2. Kirim teks atau video motivasi

Tulisan motivasi berupa teks, baik itu hanya torehan di kertas ataupun pesan singkat di whatsapp, ternyata ini dapat memberi dampak positif bagi yang membacanya.

Jika kamu bukan orang yang pandai merangkai kata-kata indah, cobalah mencarinya di internet. Ada banyak tulisan motivasi dari para motivator hebat. Seperti, Mario Teguh, Merry Riana, Ustadz Hanan Attaki, dan yang lainnya.

Beberapa nama yang telah saya sebutkan di atas merupakan motivator terkenal dari Indonesia. Anda dapat menemukan banyak motivasi video mereka di youtube. Untuk lebih jelasnya silahkan dapat langsung mengeceknya.

3. Berikan kejutan dengan ajakan jalan-jalan

cara menyemangati teman yang sedih lewat chat


Pergi ke tempat-tempat wisata atau hanya sekedar keluar rumah untuk mencari udara segar, ternyata mampu mengembalikan mood yang kacau. Dengan terbangunnya lagi suasana hati di tempat-tempat yang mengasyikan di luar, akan membuat mood kembali ceria.

Cobalah berikan kejutan pada temanmu dengan mengajaknya jalan-jalan ke tempat yang dia sukai. Tidak harus pergi ke tempat yang mewah kok, jika yang sederhana saja sudah cukup, kenapa tidak?

4. Ajak dia bermain kesukaannya

cara menghibur orang yang sedang sedih


Apabila temanmu ternyata tidak suka ke luar, maka kamu bisa mengajaknya bermain di rumah saja. Jika temanmu pria, maka bisa mengajaknya dengan bermain game, bermain alat music, atau kegiatan lain yang positif.

Jika temanmu wanita, maka kamu juga harus menyesuaikan apa saja kegemarannya. Sebagai temannya pasti sedikit banyak sudah tau lah apa yang dia sukai. 

5. Berikan dia hadiah

Memberi dukungan dalam bentuk hadiah ternyata juga dapat menimbulkan semangat kepada seorang teman. Biasanya, boneka dan aksesoris, cukup umum untuk diberikan kepada teman wanitamu. Atau mungkin sudah ada hadiah khusus yang telah kamu siapkan untuknya?

Sebelum kamu berencana membeli hadiah untuknya, pastikan bahwa anggaran yang akan kamu keluarkan itu sesuai dengan kemampuanmu. Jangan sampai memaksakan kehendak, apalagi sampai ngutang sana-sini demi membeli barang-barang yang diluar kemampuan finansialmu.

Penutup

Itulah beberapa cara menyemangati teman yang lagi sedih baik secara langsung maupun lewat Chat. Apakah ada yang cocok untukmu? Jika mungkin ada yang bisa kamu terapkan, semoga tulisan ini dapat menjawab apa yang kamu cari sehingga bisa menjadi solusi terbaik.

Baca juga artikel terkait : Cara menyemangati diri sendiri untuk belajar

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Menyemangati Teman yang Sedih"