Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Bayar Pajak Motor Bisa Diwakilkan? Begini Caranya

Apakah bayar pajak motor bisa diwakilkan? Jawabannya adalah sangat bisa asalkan dengan kriteria tertentu dan sesuai dengan aturan pada masing-masing samsat.

Karena, tiap daerah atau provinsi memiliki aturan atau persyaratan serta tata cara yang mungkin berbeda pada saat pengurusan pajak kendaraan bermotor.

Sebagai gambaran, disini saya akan sharing pengalaman kemarin telah datang langsung ke samsat untuk bayar pajak motor saya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Bayar Pajak Motor bisa diwakilkan, asalkan...

Apakah bayar pajak motor bisa diwakilkan


#1. Diwakili oleh anggota keluarga pemilik motor tersebut

Adapun untuk anggota keluarga yang mewakili, namanya harus tertera pada kartu keluarga.

Misalkan, pada saat membeli motor dulu atas nama Bapak Ahmad. Karena kebetulan beliau sakit maka bisa diwakilkan oleh istri atau anaknya dengan catatan nama yang mewakilkan tersebut terdaftar/tertera di kartu keluarga.

#2. Membawa Kartu Keluarga (KK)

Kebetulan kemarin saya bayar pajak motor langsung di samsat. Pada saat sedang antri, ada beberapa orang yang mengurus pajak motornya dengan diwakilkan.

Beberapa dari mereka karena mungkin belum tau aturan tersebut, maka terpaksa harus pulang untuk mengambil kartu keluarganya.

Jadi, kalo dulu itu kan pernah ya pakai surat kuasa. Nah kalo sekarang sepertinya ada kebijakan baru atau memang ada aturan terbaru di setiap samsat masing-masing.

Yang jelas, kemarin kondisinya seperti itu. Apabila di tempat Anda aturannya lain, maka sekali lagi ini sesuai dari pengalaman saya sendiri kemarin disini.

#3. Syarat Utama

Untuk syarat utamanya pasti sudah tau semua lah ya. Mulai dari BPKB, STNK, KTP dan semua persyaratan tersebut harus asli dan jangan lupa di foto kopi terlebih dahulu ya.

Jangan lupa juga poin nomor 2 di atas jangan sampai ketinggalan ya. Sebaiknya siapkan dari jauh-jauh hari semua persyaratan tersebut di atas agar nggak ada yang terselip. 

#4. Titip di biro jasa

Apabila Anda ingin lebih cepat dan nggak ribet, maka ada alternatif lain, yaitu titip ke biro jasa yang biasa mengurus pajak kendaraan bermotor.

Namun, biasanya biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak berkali lipat. Untuk lebih jelasnya, silahkan tanyakan langsung pada mereka yang dekat dari lokasi Anda tinggal. Karena masing-masing wilayah harganya beda-beda.

Baca juga : Inilah perbandingan biaya perawatan Motor Matic VS Manual.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Apakah Bayar Pajak Motor Bisa Diwakilkan? Begini Caranya"