Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Perawatan Motor Matic vs Manual, ini Perbandingannya

Halo sobat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui biaya perawatan motor matic vs manual. Mulai dari perbandingan perawatan mesin, penggunaan bahan bakar, dan komponen atau alat-alat yang mempunyai umur atau masa pemakaian.

Bagi Anda yang yang sedang mencari referensi, entah itu untuk pertimbangan ingin membeli motor baru atau second, mungkin tulisan ini bisa berguna. Tanpa banyak basa basi mari kita bahas lebih lengkapnya.

Biaya perawatan motor matic vs manual

Biaya perawatan motor matic vs manual

1. Perbandingan biaya perawatan V-Belt VS Rantai

Rantai beserta komponen-komponennya merupakan salah satu bagian pokok pada motor manual. Begitu juga V-belt atau yang biasa dikenal dengan vanbel pada motor matic.

Memiliki fungsi yang sama yaitu sabagai pemacu roda belakang atau untuk meneruskan putaran dari mesin ke roda. Namun bedanya ada pada perawatannya. 

Berikut ilustrasi untuk memudahkan dalam memahaminya:

  • Rantai dan gir pada motor manual biasanya harus diganti setelah pemakaian 1 tahun. Itupun apabila motor digunakan untuk harian pada perjalanan jarak dekat hingga menengah. Jika digunakan pada jarak jauh, biasanya hanya bertahan 3-5 bulan saja.
  • V-belt dan CVT pada motor matic lebih awet dan bisa bertahan hingga 2-3 tahun. Dari pengalaman saya sejauh ini memakai motor beat, Alhamduilillah v-belt masih nya masih awet di usia 5 tahun.
Jadi, dari penjelasan di atas, dapat Anda disimpulkan sendiri ya sobat. Perbandingan tersebut tentu sesuai dari pengalaman pribadi saya sendiri.

2. Perbandingan biaya bahan bakar

Konsumsi bahan bakar menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi, baik pada motor matic maupun manual. Sejauh ini saya telah menggunakan motor suzuki smash, honda legenda, mega pro, Beat karbu, Beat fi dll. 

Menurut saya sih, motor matic injeksi lebih irit jika dibandingkan dengan manual. Mungkin karena yang saya pakai itu pertamax. Katanya sih lebih irit ketimbang bensin atau pertalite.

Jika sobat punya pandangan atau pengalaman sendiri, silahkan berbagi di kolom komentar di bawah ya.

3. Biaya perawatan mesin matic vs manual

Banyak rumor yang mengatakan bahwa perawatan mesin motor matic itu lebih mahal ketimbang yang manual. Saya sendiri cukup sependapat, namun dalam hal ini lebih ke mahalnya alat.

Apalagi alat-alat yang ada pada matic injeksi terutama komponen mesinnya, memang tergolong lebih mahal dibanding motor manual.

Punya pengalaman beberapa waktu lalu motor beat fi saya brebet hingga beberapa minggu. Setelah 2 kali ke bengkel akhirnya ketemu masalahnya yaitu sensor injeksi rusak.

Alangkah kagetnya karena sensor yang ukurannya cuma sebesar jari kelingking, harganya 150 Ribu Rupiah saja.. Tapi ini hanya dari perspektif saya pribadi loh, hanya untuk sharing pengalaman saja.


Penutup

Itulah beberapa perbandingan biaya perawatan motor matic vs manual. Ke tiga perbandingan di atas hanya dari yang paling utama/pokok saja.

Masih ada biaya perawatan lain seperti kampas rem, oli mesin, lampu motor dan komponen lain yang juga butuh diganti jika sudah habis masa pakainya.

Sementara hanya ini yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga efek motor matic setelah pake oli enduro.
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Biaya Perawatan Motor Matic vs Manual, ini Perbandingannya "