Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghadapi Orang yang Memanfaatkan Kita

Ada tiga kemungkinan paling umum kenapa kita mudah dimanfaatkan. Yang pertama yaitu karena terlalu polos, kedua karena bodoh dan yang ketiga karena kita itu penakut. Lantas bagaimana cara menghadapi orang yang memanfaatkan kita?

Agar tidak mudah dimanfaatkan orang lain, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu kita harus kembali melihat pada diri sendiri. Jika memang benar kita termasuk pada 3 kategori di atas, mungkin kita perlu berubah, baik dalam sikap maupun tindakan.

Berikut cara menghadapi orang yang memanfaatkan kita

cara menghadapi orang yang memanfaatkan kita

1. Jangan segan menolak permintaannya

Tips yang pertama untuk menghadapi orang yang memanfaatkan kita yaitu dengan menjadi pribadi yang pemberani. Jangan segan-segan untuk menolak permintaannya.

Cobalah gunakan bahasa yang sopan untuk menolaknya. Aturlah kalimat sedemikian rupa dengan alasan yang masuk akal jika Anda tidak ingin menolaknya secara langsung.

Mungkin akan terasa berat dan sulit untuk mengucapkannya. Namun jika hal itu tidak pernah dicoba, bagaimana mungkin Anda akan menjadi pribadi yang pemberani?

2. Jadilah percaya diri dan tidak perlu takut

Salah satu penyebab kenapa kita kerap dimanfaatkan orang lain yaitu karena kita adalah seorang penakut. Takut apabila menolak permintaan orang lain. Dan takut karena alasan lain yang hanya diri kita sendiri yang tau.

Oleh sebab itu, kita harus belajar menjadi seorang pribadi yang percaya diri. Percaya pada apa yang akan dilakukan maupun dikatakan. Tidak perlu takut akan akibat yang akan terjadi nantinya. Sehingga, orang lain akan berfikir ulang jika ingin menjadikan kita target untuk dimanfaatkannya. 

3. Jadilah orang yang punya harga diri

Mungkin selama ini kita menjadi orang yang tidak punya nilai di hadapan orang lain. Sehingga mungkin dari situlah mereka memandang kita sebagai orang yang bodoh dan mudah untuk dimanfaatkan.

Jadi, mulai saat ini kenalilah potensi diri apa saja yang bisa digali. Jangan biarkan kita selalu dipandang rendah oleh orang lain karena tidak punya nilai atau sesuatu yang cukup bisa dibanggakan. Mungkin itu prestasi di bidang akademik, olahraga, pekerjaan, atau keahlian lain yang melekat pada diri.

4. Menjauhinya

Tips selanjutnya yaitu ambil sikap dan bila perlu menjauhinya. Tidak mengapa kita kehilangan 1 teman atau sahabat apabila kenyataannya kita selalu dimanfaatkan olehnya.

Menjauh disini perlu dilakukan apabila berbagai cara telah dilakukan namun belum ketemu solusinya. Jika memang dia punya hati, maka perbedaan jarak yang terjadi dari sebelumnya seharusnya dapat dirasakan olehnya.

Apabila tidak ada tindakan selanjutnya, seperti itikad baik darinya untuk meminta maaf karena telah memanfaatkan kita, maka kita tidak perlu mengharapkan dia kembali. Biarkan dia hidup di dunianya hingga tiba giliran Tuhan menyadarkannya melalui cara terbaik-Nya.

Penutup

Itulah tips singkat cara menghadapi orang yang memanfaatkan kita dengan 4 langkah sederhana. Jadilah pribadi yang pemberani agar kita tidak mudah dimanfaatkan orang lain. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Baca juga: Cara menghadapi orang yang tidak mau memaafkan kita

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Menghadapi Orang yang Memanfaatkan Kita"