Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghadapi Orang yang Tidak Mau Memaafkan Kita

Mungkin sebelumnya Anda sudah melakukan berbagai upaya untuk meminta maaf, namun belum juga menemukan titik terang. Lantas bagaimana cara menghadapi orang yang tidak mau memaafkan kita?

Meminta maaf dan memaafkan itu bagi sebagian orang memang bukan perkara yang mudah. Ada gengsi, amarah dan peran penyakit hati yang menyelimuti. Karena sejatinya, apabila kita terlalu berharap kepada manusia, niscaya kepahitan yang akan di dapat.

Oleh sebab itu, pada posting kali ini akan kita bahas beberapa tips untuk menghadapinya meskipun sebelumnya kita sudah minta maaf tapi dicuekin, tidak direspon atau masih dibenci.

Berikut cara menghadapi orang yang tidak mau memaafkan kita

Cara menghadapi orang yang tidak mau memaafkan kita

1. Beri waktu untuk meminta maaf kembali

Tips yang pertama untuk menghadapi orang yang tidak mau memaafkan kita yaitu dengan memberi jeda waktu. Biarkan kepala masing-masing agar dingin. Karena tidak semua masalah itu harus langsung di selesaikan pada saat itu juga.

Terkadang kita memang butuh waktu untuk menenangkan hati dan fikiran. Bisa saja situasi dan kondisi saat ini memang belum memungkinkan. Bisa saja si dia masih berkobar api amarah dalam dirinya.

Jika demikian, mau tidak mau ya kita harus sabar menunggu api tersebut padam. Jadi, jangan buru-buru dan biarkan waktu yang akan menunjukan kapankah datang waktu terbaik untuk meminta maaf kembali padanya.

2. Gunakan berbagai cara untuk meminta maaf

Tips yang kedua yaitu dengan mencoba beberapa metode dalam meminta maaf. Jika sebelumnya kalian sahabatan atau temenan, cobalah untuk memberi hadiah berupa barang kesukaannya.

Atau bisa juga dengan mengirim video atau foto-foto tentang kenangan kebersamaan kalian. Atau mungkin, menggunakan cara lain yang sempat terbersit di fikiran?

Cobalah sesuatu yang unik atau cara-cara yang dapat menyentuh perasaannya. Jika dia memang punya hati, mudah-mudahan dia mau memaafkan.

3. Jangan memperpanjang masalah

Tips yang ketiga yaitu dengan menutup semua potensi yang dapat memperpanjang masalah. Karena bisanya, ketika kita ada masalah, pasti orang-orang yang ada di sekeliling kita akan turut berperan.

Terkadang, kita tidak sengaja bercerita pada orang lain tentang masalah tersebut. Lalu, mereka yang mendengar pasti ada potensi peduli atau malah sebaliknya.

Jika kebetulan ada diantara mereka yang memanfaatkan situasi tersebut untuk menjatuhkanmu. Bisa jadi akan ada potensi masalah lain yang lebih besar. Jadi, jangan membicarakan tentang masalahmu di tempat yang salah atau di depan umum.

4. Minta bantuan pada teman atau orang lain

Apabila diri sendiri sudah tidak ada harapan lagi untuk diterima maaf darinya, mungkin melalui tangan orang lain bisa menjadi solusi. Cobalah meminta bantuan pada orang lain atau teman yang dapat menjembataninya.

Cara ini patut dicoba karena siapa tahu dengan perantaraan orang lain, dia mau mendengarnya. Namun jika cara ini juga masih buntu, maka tips terakhir yaitu dengan menentukan sikap.

5. Tentukan sikap 

Tips yang ke lima ini jika semua usaha dan upaya di atas telah buntu. Maka sebagai pribadi yang juga punya harga diri, kita harus menentukan sikap apa yang akan kita lakukan selanjutnya. 

Pertama, tetaplah bersikap baik padanya meskipun dia tidak memaafkan kita. Jika kita sudah minta maaf berkali kali dan dia masih tidak mau memaafkan, maka kita tidak bisa memaksa orang lain.

Yang penting, kita sudah berusaha menunjukan itikad baik padanya. Jika kewajiban untuk meminta maaf sudah kita penuhi dengan segala macam cara namun masih ditolak, maka serahkan selebihnya pada yang di atas. 

Baca juga : Cara menjadi orang yang kalem dan tenang

Penutup

Itulah beberapa cara menghadapi orang yang tidak mau memaafkan kita. Tetaplah menjalin hubungan baik dengannya meskipun keadaan sudah berbeda dari sebelumnya. 

Tidak perlu kecewa, lepaskan saja dia dan segala sesuatu yang dapat membuat stres dan sedih. Karena selalu ada cahaya bagi orang yang mau melihat dengan hati nuraninya. Tetaplah jadi pribadi baik yang tidak membenci siapapun.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Menghadapi Orang yang Tidak Mau Memaafkan Kita"