Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 1 Juta

Ada beberapa cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta yang bisa dilakukan. Mulai dari ikut arisan, nyicil beli bahan bangunan, investasi kecil-kecilan dan lain sebagainya.

Membeli rumah dengan gaji pas-pasan memang bukan perkara yang mudah. Namun bukan berarti mustahil jika kita mau berusaha dengan kerja keras dan mau menunda kesenangan sesaat (hidup hemat).

Oleh sebab itu, pada posting kali ini akan kita bahas beberapa trik dan tips bagi Anda yang ingin membeli rumah meskipun hanya punya gaji sejutaan. Berikut selengkapnya.

5 Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 1 Juta

cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta


1. Mengikuti Arisan Semen atau Besi

Mengikuti arisan bulanan dalam bentuk semen atau besi dapat menjadi alternatife yang patut dicoba. Bentuk arisan seperti ini sudah cukup familiar dilakukan di daerah pedesaan di tempat kami.

Mungkin di wilayah Anda juga sudah ada? Jika belum, cobalah membentuk arisan tersebut dengan tetangga rumah atau saudara yang kira-kira mau di ajak serta punya rasa tanggung jawab.

Jika mau hitung-hitungan, untuk 1 sak semen harganya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 70.000. Jadi, dengan gaji 1 juta tersebut, Anda dapat menyisihkan 2 atau 3 semen untuk budget arisan.

Begitu juga jika ingin arisan dalam bentuk besi atau bahan bangunan yang lain. Silahkan hitung dan sesuaikan anggaran untuk arisan tersebut.  

2. Menyicil membeli bahan bangunan

Apabila Anda tidak suka dengan poin nomor 1 diatas, maka ada pilihan lain yaitu dengan mencicil beli bahan bangunannya terlebih dahulu.

Contohnya, jika ditempat kami ada toko yang mau menerima pembelian tapi barangnya bisa di ambil belakangan.

Misalnya, hari ini Anda punya dana Rp 100.000 untuk membeli semen atau besi lalu membuat perjanjian dengan nota agar barang tersebut bisa diambil jika sudah terkumpul banyak.

Cara ini terbukti efektif karena meskipun sedikit, tapi tabungan bahan bangunan tersebut semakin lama akan bertambah banyak tanpa terasa.

3. Investasi kecil-kecilan

Membeli sesuatu untuk investasi bisa menjadi pilihan sebagai bentuk tabungan yang menguntungkan. Apabila Anda suka beternak, mungkin membeli beberapa ekor ayam, bebek atau hewan lain yang Anda suka bisa menjadi solusi.

Atau, bisa juga dengan cara investasi emas di rumah. Dengan harga yang cenderung naik tiap tahunnya, emas merupakan salah satu pilihan investasi terbaik saat ini.

4. Menggunakan jenis tabungan tahunan

Ada beberapa trik agar Anda bisa menabung selama setahun penuh dan tidak diambil. Pertama, buatlah tabungan yang sulit diambil. 

Misalnya, jika di Bank itu ada tabungan pendidikan atau sejenisnya yang hanya bisa diambil selama kurun waktu tertentu. Atau, Anda juga bisa membuat celengan sendiri dirumah dengan alat permanen yang ketika dibuka akan rusak.

Hal ini dapat membuat kita berfikir ulang jika ingin membukanya. Karena tidak mau kan jika kita sering merusak tabungan?

5. Kurangi pengeluaran tidak penting

Ada istilah “besar pasak daripada tiang” yang dapat membuat keuangan rumah tangga hancur. Ini merupakan gaya hidup boros yang cukup sulit untuk dirubah.

Apabila Anda sudah punya target ingin beli rumah meskipun gaji hanya 1 juta, maka Anda harus menghindar dan menjauhi dari sifat boros.

Jangan membeli barang yang tidak perlu atau yang kurang dibutuhkan. Misalnya, jika ingin punya sepatu atau barang-barang yang mahal, maka Anda harus sabar menunggu diskon besar-besaran di mall. Ini hanya contoh ya.

Intinya, hidup hemat wajib dilakukan apabila target membeli rumah ingin tercapai. Karena, dengan gaji yang hanya sejuta saja, maka butuh usaha ekstra keras untuk mengurangi pengeluaran yang cenderung kurang penting.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta yang telah kita bahas bersama. Tak ada yang tak mungkin selama kita selalu bekerja keras dan di iringi dengan doa. 

Asalkan harta yang kita dapat barokah, seberapapun nominalnya maka akan mendapat jalan kemudahan dari yang di atas.

Baca juga : Cara buka warung sembako di rumah mulai.html

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "5 Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 1 Juta"