Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menurunkan Berat Badan 5 kg dalam 1 Minggu

Cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu ini merupakan tips berdasarkan pengalaman dari youtuber dengan nama channel Pauline Wahyuni. Jadi, pada posting kali ini sudah saya rangkum agar Anda lebih mudah.

Namun jika ingin lebih jelasnya, silahkan dapat Anda tonton videonya di channel yang telah saya sebutkan di atas. Bagi Anda yang penasaran, Apakah mungkin bisa menurunkan berat badan 5kg dalam 1 minggu? Berikut uraian selengkapnya.

Langkah-langkah cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu

Cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu

1. Gunakan timbangan sebagai pengawasan

Langkah pertama yaitu siapkan timbangan berat badan. Jadi, gunanya timbangan ini adalah untuk mengawasi prospek diet setiap waktu. Misalnya, untuk ngecek apakah bobot tubuh berkurang di pagi hari dan berapa kilo gram di sore harinya.

Selain itu, Anda wajib menimbang berat badan mulai dari hari pertama hingga seminggu ke depan. Dengan begitu maka Anda bisa mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilannya.

Jika ditimbangan Anda naik, berarti ada yang salah dengan pola diet yang dilakukan. Namun jika dalam 2 hari berat badan Anda bisa turun setidaknya 2 kilo gram, maka ada tanda-tanda bahwa diet tersebut berhasil.

2. Tidur yang cukup di waktu siang dan malam hari

Pola tidur ini terkadang kurang begitu diperhatikan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Padahal, tidur yang cukup berperan penting dalam keberhasilan program diet.

Sebaiknya, dalam proses diet ini, minimal Anda butuh 8 jam dalam sehari. Karena dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kurangnya tidur dapat menyebabkan berat badan naik.

3. Kurangi segala jenis minuman manis

Bukan hanya mengurangi, bila perlu sebaiknya hindari minuman manis selama proses diet. Biasanya yang paling sering kita temui di sekiling adalah es teh manis, boba, kopi, teh manis dan lain sebagainya.

Padahal, jika kita mengkonsumsi minuman manis, sama saja kita banyak makan. Karena, didalamnya mengandung gula dan kalori dan biasanya dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Sebaiknya, gantilah minuman manis tersebut dengan air putih atau air kelapa yang masih murni tanpa campuran gula atau pemanis lain.

4. Minum air putih lebih banyak

Manfaat mengkonsumsi air putih ini tentu sudah kita ketahui sejak lama. Namun masih jarang yang menggunakannya untuk program diet.

Padahal, jika kita banyak minum air putih, dapat menekan rasa lapar yang kadang timbul karena kurangnya konsumsi air putih.

Selain itu, air putih juga disinyalir dapat meningkatkan pembakaran kalori, membuang limbah dari tubuh melalui urin, membantu metabolisme tubuh, penyerapan nutrisi dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Kurangi porsi makan

Anda dapat memulainya dengan mengurangi porsi makan menjadi setengahnya dalam 3 hari pertama.

Jika biasanya Anda makan nasi putih dengan porsi 1 mangkok sekali makan, maka Anda harus mengurangi setengahnya. Begitupun dengan lauknya. Entah itu sayur, daging, dan lain sebagainya.

Selain itu, hindari juga makan pada malam hari karena hal itu akan membuat berat badanmu sulit turun. Usahakan makan malam diganti sebelum jam 7 malam atau sebelum maghrib.

Nah, setelah 3 hari pertama pola makan tersebut berhasil diterapkan, maka di hari ke 4 dan seterusnya Anda harus mengurangi setengahnya lagi.

6. Ganti cemilan dengan buah

Jika biasanya Anda termasuk orang yang suka ngemil, maka saat sedang program diet 7 hari ini Anda wajib mengganti cemilan atau snack dengan buah.

Buah yang dikonsumsi saat diet ini juga nggak boleh sembarangan ya. Sebaiknya, pilih saja buah pisang, pir, atau pepaya.

Kemudian, untuk jumlah atau porsinya juga harus di atur atau jangan banyak-banyak ya. Sebaiknya juga buah tersebut jangan di jus, cukup dikunyah saja.

7. Berolahraga atau perbanyak aktifitas

Olahraga tentu berperan sangat banyak dalam proses diet 5kg dalam seminggu ini. Apalagi jika Anda mampu melakukan olahraga seperti lari, renang, sepak bola, senam aerobik dan lain sebagainya. Tentu ini akan sangat membantu menurunkan berat badan Anda.

Namun bagi Anda yang tidak suka dengan olahraga, maka perbanyaklah aktifitas diluar. Entah itu hanya jalan kaki atau joging santai keliling komplek.

Intinya, intensitas gerak tubuh harus di tambah selama program diet ini. Jangan sampai upaya dari poin nomor 1 sampai 6 kurang maksimal atau malah gagal akibat Anda malas gerak atau kurang aktifitas.

Penutup

Itulah 7 cara menurunkan berat badan 5kg dalam 1 minggu yang patut untuk dicoba. Jika masih kurang, cobalah ditambah dengan berpuasa daud agar lebih optimal. Jika Anda memang bersungguh-sungguh, bukan hal yang sulit untuk mewujudkannya.

Baca juga :

Cara mengobati cantengan yang sudah bengkak.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Menurunkan Berat Badan 5 kg dalam 1 Minggu"