Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Blog tidak Muncul di Pencarian Google ?

Ada beberapa penyebab umum kenapa blog tidak muncul di pencarian google, mulai dari belum terindex oleh mesin pencari google, blog Anda masih baru dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui secara detail, tentu tiap-tiap blog punya permasalahan spesifik. Baik itu dari segi usia blog atau penyebab lain yang akan kita bahas pada postingan kali ini. 

Kenapa blog tidak muncul di pencarian google?

kenapa blog tidak muncul di pencarian google

1. Blog Anda masih baru

Penyebab umum yang pertama yaitu karena blog Anda masih baru. Meskipun sudah banyak artikel yang diposting, itu tidak menjamin bahwa blog Anda akan langsung tampil di google.

Karena, mesin pencari seperti google membutuhkan waktu untuk indexing hingga mengenali blog Anda. Waktu yang dibutuhkan bisa cepat dan bisa juga lambat tergantung keadaan blog Anda.

Jika Anda mampu mengisi konten secara rutin, maka hal itu bisa menjadi sinyal bagi google bahwa blog Anda berkualitas atau dirawat dengan baik. Sehingga proses index/crawl bisa lebih cepat dibanding blog yang tidak terurus.

2. Blog masih terkena sandbox (OPINI BLOGGER)

Ada istilah populer dikalangan para blogger yang disebut dengan google sandbox. Dimana blog yang terkena sandbox tersebut ibaratnya masih terkurung hingga keyword/artikel nya belum tampil di hasil pencarian google.

Biasanya, yang terkena dampak tersebut yaitu blog atau website baru yang belum memiliki otoritas di mesin pencari. Disinilah peran backlink sangat berdampak agar blog Anda segera terlepas dari sandbox.

Semakin banyak backlink berkualitas yang menuju ke blog Anda, maka akan lebih cepat blog Anda mendapat authority sehingga lebih cepat tampil di mesin pencari-google.

3. Blog belum terkenal dan tidak ada yang mencarinya

Setiap blog memiliki nama/alamat atau yang biasa dikenal dengan istilah domain. Apabila domain tersebut tidak ada yang mencarinya di google, itu tandanya blog masih belum terkenal.

Jadi, wajar saja jika mesin pencari tidak mengenali blog tersebut hingga tidak muncul di hasil pencarian. Lantas bagaimana jika hal demikian terjadi pada blog Anda? 

Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan membuat artikel yang mampu tampil di halaman pertama (page one) google. Sehingga blog akan lebih mudah terindex dan mampu tampil di hasil pencarian google.

4. Keyword Artikel sulit bersaing

Apabila Anda mencari blog Anda di mesin pencari dengan kata kunci tertentu dan tidak muncul disana, kemungkinan keyword tersebut berada pada tingkat persaingan tinggi.

Cobalah gunakan long tail keyword yang belum banyak pesaing agar artikel yang Anda buat mampu merengking dengan baik.

Jika kata kunci/keyword (KW) yang Anda targetkan sudah berhasil di page one, maka Anda bisa naik ke level berikutnya dengan target KW yang agak sulit. Dan begitu seterusnya hingga semua artikel yang Anda buat sukses muncul di pencarian google paling atas.

Penutup

Dari pembahasan singkat di atas, semoga Anda menjadi lebih paham kenapa blog tidak muncul di pencarian google. Semoga sharing sederhana ini dapat membantu menjawab apa sedang Anda cari.

Baca juga :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

2 komentar untuk "Kenapa Blog tidak Muncul di Pencarian Google ?"

  1. Bang, kalo halaman utama blog yang keindex ada permalink ?m=1 apakah tidak apa apa?? Mohon jawab

    BalasHapus