Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Uang dari Blog tanpa Modal

Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal yang masih bisa dilakukan saat ini. Meskipun tidak mudah bagi sebagian orang, tapi juga bukanlah sesuatu yang terlalu sulit jika Anda serius dan tekun.

Pada posting kali ini, saya hanya berbagi pengetahuan dasarnya saja sesuai apa yang saya ketahui sejauh ini.

Sejak awal 2019 saya mulai menekuni dunia blogging. Saya kira sudah cukup paham tentang prinsip dasar bagaimana blog bekerja serta cara menggunakannya untuk menghasilkan passive income atau juga sebagai aset jangka panjang.

Berikut Cara Mendapatkan Uang dari Blog tanpa Modal

cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal

1. Membuat Blog Gratisan Menggunakan Blogspot

Blogspot saat ini masih menjadi CMS paling favorit di kalangan Blogger pemula. Karena selain gratis, Blogspot juga sangat mudah digunakan meski bagi orang yang tidak bisa coding sekalipun.

Meski ada CMS gratis lain yang terkenal seperti wordpress .com juga dapat Anda gunakan untuk membuat blog gratisan.

Akan tetapi, blogspot sepertinya masih menjadi pilihan nomor 1 karena sudah bisa digunakan untuk menghasilkan uang meski tanpa modal domain, hosting dan template.

Untuk tutorial membuat blog menggunakan blogspot, silahkan klik panduannya disini.

2. Daftarkan Blog Ke Google Adsense

Setelah blog Anda siap digunakan, mulai dari pengaturan template hingga konten artikel sudah ada yang tampil di hasil pencarian mesin pencari, maka Anda langsung bisa mendaftarkan blog gratisan Anda ke Google Adsense.

Pengalaman saya dulu ketika awal ngeblog di tahun 2019, blog gratisan saya berhasil diterima Adsense hanya dengan sekitar 13 artikel. Lupa lupa ingat karena sudah cukup lama, yang jelas saat itu belum ada 20 artikel.

Meskipun awal pendaftaran langsung ditolak dan berhasil full uprove setelah 3 kali pendaftaran. 

Namun sayangnya, blog tersebut saat ini tidak terurus karena saya lebih fokus pada blog ini dan blog lain yang sudah menggunakan domain sendiri dengan hosting berbayar.

3. Gunakan Blog untuk Menjual Produk

Anda juga dapat menggunakan blog gratisan sebagai sarana untuk menjual produk, baik itu dagangan sendiri atau berupa program affiliasi.

Jika Anda kesulitan mendatangkan pengunjung, maka Anda bisa menggunakan jasa iklan berbayar seperti Google ads, Tik tok ads, FB ads dan lain sebagainya.

Gunakan kata kunci yang tepat pada produk jualan Anda agar bisa tampil di halaman pertama google atau tempat lain yang telah Anda target. Maka, pengunjung akan berdatangan ke blog Anda dan melakukan pemesanan jika mereka tertarik. 

4. Guest Post Berbayar

Apabila Anda mempunyai blog bertrafik tinggi, maka Anda bisa menawarkan jasa guest post blog ke mereka yang membutuhkan. Biasanya, di grup atau komunitas blogger di fb banyak yang mencarinya.

Harga dapat disesuaikan semau Anda. Semakin banyak pengunjung di blog Anda maka harganya akan semakin mahal. 

Seperti contoh blog gratisan milik Pak Aina Mulyana yang fenomenal, dengan trafik jutaan tentu banyak yang tertarik ingin ikut bergabung untuk guest post ke blognya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan blog untuk menawarkan jasa artikel jika Anda sudah menguasai teknik kepenulisan artikel SEO.

5. Membuat Blog Bertrafik untuk Dijual

Meski tidak mudah untuk membuat blog gratisan bertrafik tinggi, namun bukanlah sesuatu yang mustahil jika Anda berusaha dengan tekun.

Seperti beberapa contoh blog gratisan, salah satunya sudah saya sebutkan di atas milik Pak Aina Mulyana dan blog fenomenal lain punya blogger Senior Mbak Indri yaitu strukturkode.blogspot.com.

Mereka adalah blogger senior yang banyak menjadi inspirasi bagi blogger pemula. Karena, mereka membuktikan dengan blog gratisan pun mereka bisa menghasilkan uang darinya.

Jika saja blog tersebut dijual, tentu ada yang tertarik membelinya dengan harga mahal. 

Kesimpulan

Dari beberapa cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal di atas, semoga dapat menjadi referensi apabila Anda ingin mencobanya. Meski tak mudah, tapi tentu bukan perkara mustahil jika Anda bersungguh-sungguh dan tekun dalam membangun blog sebagai passive income atau aset jangka panjang.

Baca juga artikel terkait

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Uang dari Blog tanpa Modal"