Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerpen tentang Persahabatan di Sekolah

Cerpen tentang persahabatan di Sekolah ini merupakan kisah singkat yang aku alami dari mulai SD, SMP, SMA hingga kuliah.

Dari masing-masing jenjang tersebut, ada banyak sekali momen spesial yang tak mungkin akan terlupakan.

Namun, kali ini hanya sebagian kecil dari kisah berharga tersebut yang akan kutuliskan melalui cerita pendek pada artikel ini. Selamat membaca ya..

Cerpen tentang Persahabatan di Sekolah SD

Cerpen tentang Persahabatan di Sekolah SD

Aku punya 3 sahabat SD yang sampai saat ini masih sering komunikasi. Bisa dibilang mereka adalah sahabat sejatiku.

Ketika di sekolah, kami sering bermain bola bersama, bermain kelereng, kasti dan beragam permainan zaman dulu yang masih sangat menyenangkan.

Kebetulan, sekolah SD kami berada di pedesaan, jadi kami juga sering sekali bermain bersama setelah pulang sekolah. Mulai dari main di sawah mencari belut, main layang -layang, mancing di sungai kecil hingga berenang di cek dam (kolam besar).

Tak jarang, kami pun pernah berantem di tengah-tengah permainan. Ya, namanya masih kecil, pasti saat itu gampang banget tersulut emosi hanya karena masalah sepele.

Hari-hari yang sangat menyenangkan penuh dengan cerita itu kini hanya tinggal kenangan. Karena mereka sudah jauh dan hidup dengan keluarga kecilnya masing-masing. 

Meski sangat sulit untuk bertemu mereka lagi, tapi aku sangat bersyukur karena bisa melihat dan ngobrol bersama mereka melalui video call.

Karena, jarak bukanlah suatu halangan untuk tetap menyambung tali silaturahmi persahabatan yang telah terjalin dari sejak kami kecil.

Cerpen tentang Persahabatan di Sekolah SMP

Cerpen tentang Persahabatan di Sekolah SMP

Kebetulan, Aku sekolah SMP di Kecamatan yang jaraknya lumayan jauh dari tempat tinggalku. Saat itu Aku berangkat dan pulang menggunakan sepedah.

Ketika awal masuk sekolah SMP, aku benar-benar merasa sendirian karena belum punya teman. Mungkin karena tempat yang asing karena ini pertama kali aku merasakan sekolah yang agak jauh dari rumah.

Dengan sifat pendiamku, akhirnya aku berhasil mendapatkan teman pertamaku di SMP setelah seminggu lebih.

Setelah beberapa bulan, akhirnya Aku punya 5 orang lebih sahabat yang berhasil mengisi hari-hariku ketika di sekolah.

Ketika istirahat tiba, kami pasti ke warung jajan bareng beli gorengan. Setelah itu, kami bersama-sama pergi ke rumah salah satu sahabat yang rumahnya dekat dari sekolah.

Di sana, kami sering metik jambu, mangga dan buah-buahan lain yang ada. Singkat cerita, dari ke 5 sahabat SMP yang kupunya, hanya sedikit dari mereka yang tidak berubah sifatnya.

Entah karena masalah atau jalan hidup yang berbeda, ketika kami bertemu kembali setelah sekian lama, rasanya sudah tidak se akrab dulu lagi. Padahal, aku selalu menganggap mereka sebagai teman dan juga sahabatku.

Cerpen tentang Persahabatan di Sekolah SMA

Cerpen tentang Persahabatan di Sekolah SMA

Sekolah SMA ku hanya bersebelahan dengan SMP ku dulu. Jadi, tidak butuh adaptasi lingkungan lagi. Karena sudah paham area komplek sekolah. 

Namun, hanya beberapa teman SMP ku yang melanjutkan sekolah. Sebagian mereka terpaksa tidak lanjut sekolah karena tidak punya biaya atau faktor lain.

Meski demikian, awal sekolah SMA aku langsung punya sahabat yang sudah kenal sejak SMP dulu. 

Seiring berjalannya waktu, aku mendapatkan beberapa sahabat lagi dari teman sekelas. Ketika ada acara tertentu, kami sering saling bergantian pergi mengunjungi rumah kami satu sama lain.

Terkadang aku dan sahabat-sahabatku juga sampe nginep bareng jika ada acara tahun baru dan momen lain yang saat itu terasa spesial.

Bisa dibilang, suasana dikala SMA ini lebih kompleks. Mulai dari kisah percintaan yang menyelimuti hinga tak jarang hubungan persahabatan hancur karenanya.

Tapi, itu biarlah menjadi masa lalu karena kini, masih ada beberapa sahabat SMA ku yang masih sering komunikasi meskipun hanya lewat grup whatsapp. Lagi-lagi, jarak yang memisahkan tak akan mungkin memisahkan persahabatan sejati kami.

Cerpen tentang Persahabatan di Kampus

Cerpen tentang Persahabatan di Kampus

Meski dari keluarga miskin, tapi aku tak pernah menyerah untuk menggapai impian melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Alhamdulillah aku sangat beruntung bisa kuliah. Dan disinilah ada banyak cerita bareng teman ketika di kampus hingga mereka menjadi sahabat yang selalu menemani hari-hariku selama kuliah.

Karena saat semester 1 mereka jarang sekali masuk kelas, jadi awal perkenalan dengan mereka dimulai ketika aku semester II.

Dari mulai seringnya pergi bareng ke pantai jika ada jam kosong atau saat dosen tidak datang. Akhirnya kami berlima membentuk tim futsal dengan anggota 6 orang. 

Hingga berjalan sekitar 2 tahun, kami selalu bermain futsal bersama sampai tahap ikut turnamen. Meski kami hanya tim biasa, tapi momen kebersamaan itu terasa sangat luar biasa.

Ditambah, ketika kami pergi bersama dalam acara kampus dengan tema Kunjungan Industri Jogja-Bandung selama 6 hari. Banyak sekali momen kebersamaan mulai dari di kapal, perjalanan di dalam bis hingga ke tempat-tempat wisata yang pasti sangat berkesan.

Sayangnya, momen tersebut tidak akan terulang lagi karena saat ini kami semua sudah punya kehidupan masing-masing. Jangankan bertemu, untuk komunikasi saja hanya pada saat ada momen tertentu saja.

Waktu memanglah tidak akan bisa terulang. Setiap masa pasti akan meninggalkan cerita bersama dengan kenangannya masing-masing.

Baca juga : Pengalaman Seru Pertama Kali Naik Pesawat.

Itulah cerpen singkat tentang persahabatan di sekolah yang aku alami dari mulai SD hingga kuliah. Semoga kita juga bisa bersahabat walaupun hanya lewat tulisan ini dan meskipun belum pernah bertemu sebelumnya.

Artikel terkait :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cerpen tentang Persahabatan di Sekolah"