Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Maag Bisa Sembuh Dengan Tuntas?

Apakah maag bisa sembuh dan tidak akan kambuh lagi? Maag atau gastritis, adalah masalah pencernaan yang kita asosiasikan dengan telat makan. Jadi, solusi yang ada dalam mindset kebanyakan orang adalah kalau makan tepat waktu maka tidak akan mengalami maag. 

Tapi sebenarnya maag tidak sesederhana itu. Kita perlu mengetahui penyebab maag untuk bisa menentukan  cara mengatasi maag sampai sembuh. Ini bukan penyakit yang bisa sembuh dengan semata minum obat. Kalau tidak ingin maag kambuh lagi, harus ada perubahan dalam gaya hidup. 

Apakah Maag Bisa Sembuh Dan Tidak Kambuh lagi?

apakah maag bisa sembuh

Maag adalah gejala terkait masalah pencernaan. Penyebabnya bisa karena naiknya asam lambung, infeksi lambung, pankreatitis, dan gaya hidup kurang sehat. Selain itu, penyebab maag bisa gabungan beberapa hal. Misalnya stress ujian dan telat makan, terlalu banyak minum kopi dan begadang. 

Terkait dengan pertanyaan apakah maag bisa sembuh, ada kabar baik bagi para penderita. Pasien maag punya peluang sembuh dengan beberapa cara tertentu. Prosesnya panjang dan bervariasi tergantung pada penyebab maag yang spesifik pada setiap individu.

Contohnya, penggunaan obat esemag sido muncul dapat membantu meredakan gejala maag yang dialami. Namun, Anda perlu ingat kalau obat-obatan, walaupun herbal, belum tentu bisa jadi  penyembuhan total dari maag.

Kesembuhan permanen, perlu penanganan holistik sesuai penyebab spesifik gejala maag pada tiap orang. Anda pun perlu merubah gaya hidup, penyesuaian diet, pengelolaan stres, dan lain sebagainya. Oleh karena itu pengobatan maag seseorang berbeda dengan individu lainnya.

Bagaimana Caranya Maag Bisa Sembuh?

Menghadapi pertanyaan apakah maag bisa sembuh atau tidak. Kita perlu mengetahui penyebab maag. Kemudian, menetapkan pengobatan sesuai dengan penyebab spesifiknya. Untuk memulai proses sembuh dari maag, ikuti tahapan berikut ini. 

1. Konsultasi Dokter 

Anda perlu mendatangi dokter untuk bisa mengetahui penyebab maag secara pasti. Sebagai contoh, ada penyebab maag yang memerlukan penanganan operasi. Sebut saja GERD akut, penyakit celiac, batu empedu, sembelit, pankreatitis, iskemia usus, tiroid, dan lain sebagainya. 

Ini adalah kondisi maag yang sudah sangat parah dan perlu tindakan drastis. Pada kondisi tertentu, dokter akan menyarankan operasi. Tapi, pada umumnya pasien hanya diberi obat dan saran untuk mengubah pola makan dan kebiasaan sehari-hari. 

2. Mencegah Maag Kambuh

Sembuh total dari maag tidak hanya menyembuhkan penyebabnya. Pencegahan sangat penting. Anda perlu menghindari pemicu gejala maag kembali muncul. Misalnya, penderita GERD perlu menghindari makanan yang memicu asam lambung, berhenti merokok dan begadang.

3. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Maag dan masalah lambung saat berkaitan. Makanan berserat tinggi dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Jadi, Anda bisa meringankan gejala maag. Serat dapat membantu membersihkan usus dan memperlancar pencernaan. 

Anda merasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Dengan demikian, Anda bisa menghindari makanan junk food atau minuman bersoda yang tidak memberikan efek mengenyangkan. Jadi, secara tidak langsung dapat mengelola berat badan. 

4. Mengelola Stress

Stres dapat menjadi pemicu gejala maag dan memperburuk kondisinya. Penting untuk mengelola kesibukan dan tanggung jawab sehari-hari sehingga tidak mempengaruhi kesehatan. Teknik seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau melakukan hobi dapat meredakan stres. 

Stress bukan suatu hal mudah untuk dideteksi. Kalau Anda kelelahan sampai kurang tidur dan makan. Mungkin Anda sedang stress untuk masalah tertentu. Jadi, hindari kekambuhan maag dengan menghindari stress baik saat menghadapi masalah, sedang ada ujian atau pemicu lain.

5. Menghindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Beberapa makanan dan minuman dapat memicu produksi asam lambung. Anda bisa menghindari  makanan seperti gorengan, makanan cepat saji, daging berlemak, buah sitrus, coklat, dan minuman berkarbonasi. Semua bisa dihindari untuk sembuh secara permanen.

Dengan mengatasi penyebab gejala maag dan mengadopsi gaya hidup yang sehat, seseorang dapat sembuh total dari maag dan mencegah kambuh lagi. Ini melibatkan perubahan pola makan, manajemen stres, dan menghindari faktor-faktor pemicu yang dapat memperburuk kondisi maag.

6. Sedia Sido Muncul Esemag Untuk Mengatasi dan Mencegah Maag 

Menjawab pertanyaan apakah maag bisa sembuh dan tidak akan kambuh lagi, jawabannya bisa. Anda perlu mencari tahu akar masalahnya. Bisa karena kebiasaan begadang, pola makan tidak sehat dan sering melewatkan waktu makan. 

Dengan merubah semua yang menjadi penyebab maag, kita bisa memastikan tidak akan mengalami maag lagi. Untuk menemani proses mengatasi maag, Anda bisa menyediakan Sido Muncul Esemag di rumah, kantor, atau di tas. 

Mengatasi dan Mencegah Maag
Image by:sidomunculstore.com

Bila merasa nyeri tiba-tiba dan tidak tertahankan, Anda bisa meredakannya. Kandungan herbal dari Esemag dapat menenangkan tubuh dari reaksi maag yang membuat tubuh tidak nyaman. Sido Muncul Esemag juga bisa Anda sediakan sebagai pencegahan dari gejala Maag. 

Kalau ada Sido Muncul Esemag di tas atau di rumah. Anda tidak akan panik kalau mendadak maag kambuh di tengah malam atau sedang dalam perjalanan. Perbaiki pola hidup dan atasi maag dengan Sido Muncul Esemag.

Baca juga : Tips mengatasi masuk angin.

Sumber:

  • https://hellosehat.com/pencernaan/maag/apakah-maag-bisa-sembuh/
  • https://ciputrahospital.com/apakah-sakit-maag-bisa-sembuh/
  • https://www.sidomunculstore.com/sido-muncul-esemag-cair-5-s-sakit-perut-lambung-maag-perih.html

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Apakah Maag Bisa Sembuh Dengan Tuntas?"