Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Menjawab Soal Manajerial Dan Sosiokultural

Cara cepat menjawab soal manajerial dan sosiokultural berikut ini adalah sharing dari pengalaman pribadiku, yang Alhamdulillah bisa lolos tes PPPK tahun 2023.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan untuk mengikuti seleksi P3K tahun ini, berikut tips dari saya yang dapat Anda terapkan untuk berhasil.

Cara Cepat Menjawab Soal Manajerial Dan Sosiokultural

cara cepat menjawab soal manajerial dan sosiokultural

1. Strategi membaca soal dan jawaban

Dari pengalaman saya sendiri, strategi yang saya lakukan untuk membaca soal dan jawaban adalah dengan 2 cara. Yang pertama, apabila soalnya panjang, maka saya hanya melihat sekilas dan fokus terhadap poinnya saja.

Jika Anda pernah belajar dari soal-soal pembahasan di youtube atau tik tok, maka trik tersebut bisa Anda pahami dengan mudah.

Kemudian yang kedua yaitu dengan membaca sekilas dari soal dan jawabannya. Kuncinya, jika manajerial, maka fokuslah kepada kata kunci apa saja tugas, fungsi atau hal-hal yang berkaitan dengan manajerial. Dan begitu juga pada sosiokultural.

2. Fokus pada batas waktu dalam menjawab soal

Trik yang selanjutnya adalah dengan fokus pada setiap pengerjaan soal. Usahakan batasi waktu setiap nomornya dengan waktu tidak lebih dari 50 detik. 

Jangan sampai Anda menjawab 1 nomor itu lebih dari 1 menit. Karena hal itu akan membuat Anda tidak cukup waktu hingga tidak selesai.

Anda bisa belajar trik cepat menjawab soal melalui live tiktok atau youtube konten kreator kusus pembahasan soal PPPK yang juga saya lakukan dahulu.

3. Jangan terpengaruh pada yang lain

Usahakan pada saat mengerjakan tes P3K, jangan sering-sering melihat sekitar atau peserta lain. Karena hal itu bisa membuat fokus menjadi buyar atau terganggu.

Jika hanya sesekali sih gak masalah. Tapi, alangkah lebih baik jika Anda fokus pada sisa waktu yang ada di layar monitor komputer sendiri.

Sehingga bisa menghitung apakah waktu yang tersisa itu cukup atau tidak. Jadi, intinya fokus saja pada diri sendiri karena tidak ada gunanya juga jika Anda tolah toleh atau sering melihat kanan kiri.

4. Skip soal tertentu

Tips selanjutnya yang saya lakukan kemarin adalah dengan meninggalkan atau melewati soal yang panjang atau menurut saya sulit.

Saya memilih untuk mengerjakan soal yang saya anggap mudah atau yang pendek pendek. Karena hal ini akan sangat berpengaruh pada waktu yang tersisa nantinya.

Jadi, jika saya bisa mengerjakan soal itu kurang dari 50 detik, maka akan membantu pada soal lain yang teksnya panjang atau yang menurut saya susah.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan trik cara saya bisa dengan cepat menjawab soal manajerial dan sosiokultural pada tes PPPK kemarin. Kunci yang paling penting sebenarnya pada persiapan waktu yang dibutuhkan sebelum mengikuti tes.

Jika ingin lebih maksimal, saran saya sih pilihlah mentor yang tepat agar belajar Anda lebih efektif dan efisien sehingga waktu persiapan tidak terbuang percuma.

Baca juga : Tips menghadapi orang yang membenci kita.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Menjawab Soal Manajerial Dan Sosiokultural"