Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menghentikan Pacaran yang Tidak Sehat

Bagaimana cara menghentikan pacaran yang tidak sehat? Mungkin saat ini kamu sedang dilema karena gaya pacaran kalian sudah tidak sesuai seperti apa yang kamu inginkan. 

Disaat terbesit untuk lepas dari jeratan itu, kamu harus mencari cara terbaik agar bisa berubah menjadi lebih baik. Untuk itu, saya telah menyiapkan beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk kembali ke jalan yang benar.

Cara menghentikan pacaran yang tidak sehat

cara menghentikan pacaran yang tidak sehat

#1. Fikirkan tentang dampak pacaran yang tidak sehat

Kamu pasti tau jika ada akibat buruk dari gaya pacaran yang tidak sehat. Mulai dari perasaan bersalah atau nggak nyaman bagi yang takut dosa atau bahkan dapat terjerumus pada perbuatan yang lebih jauh. Dalam hal ini melewati batas norma-norma yang berlaku.

Jika hal itu dibiarkan, maka kamu akan semakin sulit untuk lepas darinya. Sebaiknya, sebelum kalian bertindak, cobalah untuk selalu berfikir jauh kedepan. Misalnya, apakah kamu siap membuat malu orang tua atau keluargamu nanti.

Jadi, dengan sikap mawas diri tersebut dapat mencegah dari tindakan atau hal-hal yang lebih jauh. Cobalah mulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Jika kamu sudah mampu, maka akan lebih mudah untuk mengendalikan keadaan.

#2. Menjaga jarak untuk sementara atau selamanya

Apabila kamu kesulitan mengendalikan diri saat sedang berdua dengannya, cobalah untuk membatasi diri dengan tidak bertemu untuk beberapa waktu. Cara ini dapat mencegahmu untuk terhindar dari melakukan hal-hal yang tidak sehat bersamanya.

Awalnya memang terasa berat, namun jika sudah terbiasa pasti akan lebih mudah untuk menjalaninya. Meskipun jika harus terpaksa bertemu pada suatu acara, kamu harus tetap menjaga jarak aman.

Jangan sampai kalian hanya berduaan saja tanpa ada orang lain yang mengawasi. Karena jika kebetulan kamu di pihak wanitanya, maka akan sulit untuk menghentikan niat si dia.  

#3. Evaluasi kembali pada nilai dirimu sendiri

Mungkin hanya karena alasan kamu dan dia telah bersama selama bertahun-tahun, kamu sudah mulai lupa siapa dirimu sebenarnya. Jika hubungan itu sudah tidak sehat, maka segera ingatkan dirimu bahwa sebelumnya kamu punya prinsip.

Kamu pantas untuk bahagia dan mendapatkan cinta yang lebih baik. Mencintai diri sendiri dan bukan cinta yang membuatmu kehilangan jati diri. Itulah esensi nilai diri yang harus selalu ada pada dirimu.

Karena, jika memang dia benar-benar mencintaimu, maka dia akan menjagamu dan menjadikanmu seperti berlian yang sangat berharga. Bukan untuk disakiti apalagi dibawa pada hubungan yang tidak sehat.

#4. Berteman dengan orang-orang baik

Jika hubungan kalian sudah terlalu banyak hal negatif atau hubungan yang tidak sehat, cobalah ajak dirimu untuk berkumpul dengan orang-orang yang baik. Bisa dengan teman masa kecilmu, teman kerja, tetangga, atau saudaramu sendiri.

Mengelilingi diri dengan mereka dapat menjadi sumber dukungan yang positif. Karena biasanya, teman-teman yang baik pasti akan mengarahkanmu pada jalan yang benar. 

Sehingga kamu mempunyai dorongan yang lebih kuat untuk keluar dari jerat hubungan toxic. Mereka akan lebih peduli terhadapmu dengan solusi-solusi terbaik yang mungkin tidak kamu duga sebelumnya.

Penutup

Agar cara menghentikan pacaran yang tidak sehat ini dapat berhasil, maka kamu harus bersikap tegas pada dirimu sendiri dan pada pasanganmu. Katakan padanya apa yang kamu inginkan. Sayangi dirimu sendiri karena kamu pantas untuk bahagia.

Rio Ve
Rio Ve Blogger

Posting Komentar untuk "4 Cara Menghentikan Pacaran yang Tidak Sehat"