Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menolak Pacaran dengan Halus tanpa Menyakiti Perasaannya

Ada beberapa tips cara menolak pacaran dengan halus agar tidak menyakiti hatinya dan juga untuk menghindari masalah yang mungkin dapat terjadi. Karena, jika harapan seseorang untuk diterima pasti sangat besar jika dia sudah berani mengungkapkan perasaannya.

Namun, kita pasti punya prinsip masing-masing untuk bersikap, termasuk untuk memilih siapa yang akan kita jadikan sebagai pasangan. Tapi pada kenyataannya, dalam menunjukan sikap pilihan tersebut, kita tidak boleh ceroboh, karena hal itu tidaklah bagus kedepannya.

Lalu, bagaimana cara menolak cinta secara halus tanpa menyakiti perasaan? Setidaknya, jika kamu tidak mampu berucap dengan kata-kata bijak tentang penolakan, maka sebaiknya hindari berkata dengan cara yang kasar. 

Cara Menolak Pacaran dengan Halus

Cara menolak pacaran dengan halus


#1. Menolak dengan alasan yang tepat 

Ada banyak alasan yang dapat kamu gunakan untuk menolak si dia tanpa menyakiti hatinya. Misalnya, jika kamu mempunyai prinsip yang kuat bahwa pacaran itu dilarang oleh agama, maka kamu harus menyampaikan hal itu kepadanya. 

Berkatalah dengan lembut dan sampaikan padanya tentang prinsipmu itu. Katakan juga padanya bahwa hal itu merupakan aturan dari orang tuamu yang harus diterapkan apapun yang terjadi. Jika dia orang yang baik, pasti akan mengerti dengan alasan tersebut.

Contoh lainnya, jika kebetulan kamu saat ini sedang sekolah atau kuliah, maka katakan padanya bahwa kamu ingin fokus menempuh pendidikan untuk meraih cita-cita. Dapat juga dengan alasan pekerjaan yang membuatmu nggak ada waktu untuk pacaran karena harus pergi pagi pulang malam.

#2. Jangan memberi harapan palsu

Ketika kita mempunyai perasaan terhadap seseorang, maka harapan akan muncul. Apalagi jika si dia seolah memberi sebuah harapan meskipun nilainya kecil, tapi itu sangat besar nilainya bagi kita. 

Oleh sebab itu, jangan biarkan harapannya semakin besar karena hal itu akan membuatnya merasa sakit hati jika ditolak. Cobalah bersikap tegas dan menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan harapan baginya.

Katakan padanya dengan jelas tentang perasaanmu sekarang dengan santun dan jangan memberikan kesempatan sekecil apapun padanya tentang bayangan masa depan bersamamu.

#3. Bersikaplah hormat dan menghargai Perasaannya

Ketika dia sedang mengungkapkan perasaannya kepadamu, berilah kesempatan padanya untuk mengeluarkan uneg-uneg isi hatinya. Dengarkan dia hingga selesai sebagai bentuk rasa hormat dan sikap menghargai.

Setelah dia selesai, cobalah untuk mengucapkan terima kasih atas perasaannya tersebut. Lalu, katakan padanya bahwa kamu tidak bisa menerima hubungan seperti apa yang dia inginkan.

Dengan cara sikapmu yang terkesan menghormatinya dan mengatakan dengan saling menghargai, maka dia akan menerimanya dengan lapang. Meskipun jika harus sakit, tapi setidaknya hal itu bisa menjadi pilihan terbaik.

#4. Jangan terlihat menghindarinya 

Mungkin kamu berpikir, jika mengabaikannya saat bertemu atau ketika dia chat, dia akan berhenti. Tapi terkadang hal itu malah akan menjadi bumerang yang sewaktu-waktu dapat menyusahkanmu.

Apalagi jika dia tipe orang yang nekat, maka sikap menghindar tersebut dikhawatirkan membuat dia penasaran dan bertindak hal-hal diluar logika. 

Usahakan untuk bertindak seperti pada umumnya ketika bertemu dan berbicara pada orang lain. Tetap santai dan perlihatkan sikap seperti biasanya tanpa membeda bedakan si dia dengan yang lainnya. Hal itu setidaknya dapat mencegah dia berfikir yang tidak semestinya.

#5. Menolak di Waktu dan Tempat yang tepat

Kebanyakan mereka mengalami kesulitan untuk move on setelah mendapat penolakan. Itu merupakan hal yang wajar karena besarnya harapan atas perasaannya. Butuh waktu memang untuk melupakan orang yang pernah terkait perasaan dengan kita.

Tapi kamu nggak perlu terlalu khawatir jika telah mengatakan apa yang kamu inginkan. Meski penolakan memang harus dilakukan, namun kamu harus tetap memperhatikan waktu dan tempat yang tepat.

Jika memang keadaan harus bertemu maka usahakan untuk mengatakannya di tempat yang ramai agar lebih aman. Jika memungkinkan, sebaiknya katakan melalui pesan untuk menghindari adanya tindakan akibat emosi nya yang tinggi setelah mengalami penolakan.


Kesimpulan:

Satu hal yang harus kamu ingat bahwa, setiap penolakan dapat meninggalkan sakit pada hati seseorang. Adapun tips cara menolak pacaran dengan halus yang telah kita bahas pada artikel ini, sifatnya hanya untuk meminimalisir akibat yang mungkin dapat timbul.

Asalkan kata-kata dan tindakan penolakan yang kamu lakukan tidak kasar dan tetap menghormatinya, mudah-mudahan kamu akan terhindar dari segala keburukan.

Rio Ve
Rio Ve Blogger

Posting Komentar untuk "5 Cara Menolak Pacaran dengan Halus tanpa Menyakiti Perasaannya"