Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercantik Blog untuk Pemula dengan Lima Langkah Sederhana

Ada beberapa cara mempercantik blog yang cukup mudah dilakukan untuk pemula. Mulai dari pemilihan tema atau template blog, logo, menu navigasi, warna baground, font blog dan pengaturan lainnya.

Tampilan blog yang indah dapat membuat pengunjung merasa nyaman dan memungkinkan mereka untuk kembali lagi. Bagi seorang pemilik blog, tentu hal ini menjadi perhatian khusus yang tidak boleh di sepelekan.

Apabila Anda seorang bloger pemula mungkin sempat berfikir, bagaimana agar blog terlihat menarik? Oleh sebab itu, pada posting kali ini akan kita bahas beberapa pengaturan yang dapat dilakukan untuk mempercantik blog Anda dengan lima langkah sederhana.

5 Cara mempercantik blog untuk pemula

cara mempercantik blog untuk pemula


1. Pilih Template blog yang bersih dan simple

Pemilihan template yang tepat dapat membuat blog Anda terlihat lebih menarik. Jika Anda ingin lebih cepat dalam mengaturnya, mungkin template blog premium adalah solusinya.

Memang butuh biaya untuk membelinya. Namun ada opsi yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkannya. Misalnya, jika Anda punya teman sesama bloger yang kebetulan menggunakan template premium, maka cobalah meminta padanya untuk berbagi.

2. Pengaturan baground blog yang tepat

Pengaturan baground atau latar belakang blog ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengkombinasikan warna sesuai dengan warna font blog Anda.

Misalnya, jika Anda memilih warna hitam untuk font artikel, maka sebaiknya gunakan warna putih pada warna baground nya, dan begitupun sebaliknya. Intinya harus mudah dibaca dan jangan sampai membuat mata menjadi pusing ketika melihatnya.

3. Pemilihan jenis & ukuran font yang sesuai

Agar lebih mudah memahaminya, ada beberapa jenis font/huruf yang telah familiar dan banyak digunakan saat ini. Mulai dari Arial, Times New Roman, Verdana, Georgia, Roboto dan lain-lain.

Silahkan pilih salah satu dari jenis font tersebut. Setelah itu, jangan lupa untuk menyesuaikan warnanya dengan latar belakang blog Anda seperti yang telah saya jelaskan pada poin nomor 2 di atas.

Kemudian, untuk ukuran font, sebaiknya pilih ukuran yang sedang. Tidak terlalu kecil dan juga jangan terlalu besar. Sesuaikan dengan selera Anda masing-masing ya.

4. Mengatur menu navigasi dan widget

Ada 3 menu navigasi utama yang menurut saya wajib dipasang pada blog, Antara lain:
  • Menu navigasi header (atas): Digunakan untuk menampilkan kategori artikel blog, produk, dll.
  • Menu navigasi footer (bawah): Biasanya untuk menampilkan halaman kontak, about, TOS, dll.
  • Menu navigasi bilah samping: Biasanya untuk menampilkan profil penulis atau pemilik blog, Kategori lain, slot iklan, dan widget lain yang dibutuhkan
Silahkan gunakan sesuai selera masing-masing dan usahakan jangan terlalu banyak memasang widget agar loading blog tetap cepat. Sebaiknya gunakan hanya yang paling Anda butuhkan saja.

5. Logo blog

Logo menjadi identitas bagi sebuah blog. Penggunaan desain yang tepat pada logo, dapat membuat blog
Anda terlihat lebih menarik. Saya juga memasangnya di blog saya yang lain.

Untuk blog ini memang belum saya pasang logo karena belum menemukan desain yang cocok. Untuk membuatnya pun tidak mudah bagi sebagian orang. Tapi kalo cuma asal-asalan, saya juga bisa. hahaha.


Kesimpulan

Saya rasa cuma itu saja sih. Selebihnya, silahkan berkreasi sesuai passion Anda masing-masing. Jika cara mempercantik blog untuk pemula ini menurut Anda berguna, jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman yang lain ya. Salam bloger.

Menarik untuk dibacaCara menjadi blogger modal hp
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Mempercantik Blog untuk Pemula dengan Lima Langkah Sederhana"