Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Mesin Motor Matic Agar Tetap Halus

Mungkin masih ada pemilik kendaraan bermotor yang belum mengetahui cara merawat mesin motor matic nya agar tetap halus dan tahan lama. Padahal, ini merupakan pengetahuan dasar yang bisa dibilang penting.

Oleh sebab itu, pada posting kali ini akan kita bahas beberapa tips perawatan mesin motor matic yang wajib diperhatikan. Beberapa diantaranya bisa dilakukan sendiri tanpa harus melakukannya di bengkel. Apasajakah itu? Berikut penjelasan selengkapnya.

5 Cara merawat mesin motor matic agar tetap halus dan awet

Cara merawat mesin motor matic agar tetap halus


1. Rutin mengganti oli tiap 1000 km

Tips perawatan mesin motor matic yang paling utama menurut saya yaitu pada perawatan oli mesin. Hal ini telah saya praktikan selama lima tahun ini.

Perawatan yang saya lakukan yaitu dengan mengganti oli mesin maupun oli gardan bersamaan secara berkala tiap 1000 kilo meter. Hasilnya cukup memuaskan karena sejauh ini mesin motor metik saya masih halus dan awet.

Mungkin bagi sebagian orang ini terlihat sepele. Tapi jika dilakukan ternyata butuh usaha keras bagi orang yang gampang lupa seperti saya. Kudu nyatet di hp atau di buku catatan biar nggak kelewat jadwal pergantian oli nya.

2. Teknik memanaskan motor yang benar

Tips yang selanjutnya yaitu dengan selalu menerapkan aturan memanaskan mesin motor setiap sebelum digunakan. Contohnya, jika kondisi motor sudah terparkir di malam hari atau lebih dari 10 jam, idealnya ya harus dipanasi terlebih dahulu.

Nggak perlu lama-lama kok, cukup 1 sampai 2 menit saja. Usahakan untuk menggunakan cara manual (engkol) ya. Kalo ini sih menurut saya pribadi sesuai kebiasaan selama ini.

Hal ini berfungsi agar aki motor dapat awet hingga tahunan. Nggak percaya? Ini fakta loh, sudah saya buktikan sendiri.

3. Teknik pemakaian gas dan rem ketika berkendara

Tips berikutnya yaitu dengan teknik berkendara yang benar. Saya pernah punya pengalaman bareng temen (bapak-bapak) dan kebetulan waktu itu saya dibonceng.

Jadi, gaya berkendaranya itu agak aneh. Masa iya gas sama rem nya ditarik barengan pada saat kondisi sedang ngebut ke mode pelan, gas sama sekali nggak diturunkan.

Karena saya penasaran apakah hal tersebut bisa berdampak pada mesin, maka di lain waktu saya tanyakan langsung pada mekanik/pemilik bengkel langganan. 

Kata beliau, jika cara ngegas dan ngeremnya seperti itu terus, dan dipake jangka panjang maka dapat menyebabkan tenaga pada mesin menjadi berkurang.

4. Jangan sampai kehabisan bahan bakar

Kehabisan bensin atau bahan bakar ketika di jalan, masih sering saya jumpai hingga sekarang. Entah karena mereka lupa atau karena udah jadi kebiasaan.

Memang kejadian ini nggak serta merta langsung merusak mesin motor ya. Namun dapat dipastikan jika kejadiannya sering berulang, maka akan terjadi brebet serta dapat beresiko karbulator atau injeksinya bermasalah.

5. Perawatan filter udara

Dari banyak pengalaman temen yang terjadi selama ini, kebanyakan mereka pada nggak tau kalo filter udara itu juga kudu dirawat. Boro-boro mau ganti, ngecek aja nggak pernah... Ujar mereka.

Pernah saat itu saya diminta ngecek filter udara salah satu motor punya temen, alangkah kagetnya, ternyata debu kotoran sudah bercampur dengan oli. Warnanya sampe hitam pekat, ngerak pokoknya udah nggak layak banget deh.

Jika hal itu dibiarkan, maka filter udara yang seharusnya berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran, malah dapat menjadi biang kerok kerusakan pada mesin.

Jadi, usahakan untuk selalu mengeceknya ya. Jangan sampe terjadi seperti pengalaman temanku itu. Kalo memang udah nggak layak pakai ya di ganti. Tapi kalo masih layak ya cukup dibersihkan saja.


Kesimpulan

Itulah beberapa cara merawat mesin motor matic agar tetap halus dan awet sesuai dari pengalaman saya pribadi. Semoga dapat menginspirasi sehingga nggak ada lagi orang yang kurang perhatian pada kendaraan terutama motor metiknya.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Mesin Motor Matic Agar Tetap Halus"