Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menaikkan Page Authority (PA) Blog

Bagi setiap blogger pasti punya target untuk menaikkan domain authority (DA) dan page authority (PA) pada blog nya. Tentu hal itu bukan tanpa tujuan.

Karena banyak yang beranggapan apabila DA dan PA pada blog nya besar maka hal itu akan sangat menguntungkan. 

Mulai dari mendapat tawaran content placement/kerjasama, untuk mengikuti lomba blog, artikel lebih mudah bersaing di mesin pencari dan lain sebagainya.

Namun, pada posting kali saya hanya akan berbagi bagaimana cara saya dalam meningkatkan page authority (PA) pada blog utama saya, sesuai dari pengalaman pribadi.

Inilah cara menaikkan page authority (PA) pada blog utama saya 

cara menaikkan page authority blog


1. Membangun internal link sesuai aturan

Langkah pertama yang saya lakukan yaitu dengan membangun internal link pada setiap artikel dengan aturan tertentu.

Contohnya, artikel ini membahas tentang blogging, maka saya hanya akan membuat internal link dan menautkannya "hanya pada artikel" yang juga membahas tentang blog.

Aturan yang saya buat sendiri yaitu pada setiap 1 artikel maksimal hanya 3 link keluar. Bisa Anda lihat sendiri di bawah nanti.

Kemudian, setiap artikel juga saya buat maksimal hanya 3 yang mengarah masuk ke artikel tersebut.

Jika menggunakan wordpress self host ini lebih mudah karena bisa kelihatan. Tapi jika di blogger ini saya biasa mencatat manual di notepad.

Dengan aturan yang saya buat tersebut, terbukti banyak artikel yang mudah meranking sehingga seiring perkembangan waktu, PA blog saya juga ikut naik. Ya meskipun tidak cepat efeknya namun bisa di lihat hasilnya pada gambar di atas. 

2. Kualitas Artikel juga harus diperhatikan

Berhasil atau tidaknya praktik internal link building di atas, tentu harus ditunjang dengan artikel yang berkualitas. Minimal harus sesuai dengan kaidah yang terdapat pada plugin yoast SEO.

Hal ini bertujuan agar mesin pencari lebih mudah memahami konten kita sehingga akan lebih mudah juga meranking.

Jika Anda ingin lebih mudah memahami artikel SEO dan bisa dengan mudah membuatnya, sudah saya buatkan panduan singkatnya pada artikel saya sebelumnya.

3. Usahakan page one

Mungkin banyak blogger pemula yang masih bingung bagaimana sih agar artikel kita bisa mencapai posisi di halaman 1 google (page one). Padahal menurut saya itu bukan perkara yang sulit bahkan cenderung mudah.

Asalkan....... Kita bisa mencari keyword atau kata kunci dengan persaingan rendah atau yang bahas masih sedikit.

Jika setiap artikel yang kita publish bisa mencapai posisi terbaik di mesin pencari, maka secara otomatis page authority blog juga akan naik.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel saya sebelumnya yang sudah saya buatkan juga panduan singkatnya.

4. Kuantitas Artikel

Saat ini, postingan blog utama saya telah mencapai 120 an artikel. Kemungkinan PA saya juga akan terus naik jika artikel bisa bertambah banyak. Apalagi jika artikel lain yang belum nge rank nantinya ikut nyusul ke page 1.

Jadi menurut saya, semakin banyak artikel yang bisa masuk ke halaman 1 google tentu akan membuat page authority blog kita semakin kuat dan semakin tinggi.

Untuk itu, pastikan untuk terus mencari keyword/kata kunci yang potensial sehingga nantinya akan lebih mudah mencapai posisi terbaik.

Kesimpulan

Cara meningkatkan page authority blog yang kita bahas disini mungkin akan lebih lama prosesnya jika dibandingkan dengan cara instan yang sering kita jumpai. Entah itu dengan menggunakan guest post atau praktik lain yang sudah familiar di grup atau komunitas blogger. 

Meski demikian, sharing ini memang saya niatkan sebagai catatan pribadi saja disini. Karena memang di blog ini isinya kebanyakan tulisan pengalaman selama saya ngeblog.

Sharing bareng yuk : Grup wa blogger pemula.
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Cara Menaikkan Page Authority (PA) Blog"