Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless FDR

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan ban tubeless fdr yang saya rasakan selama pemakaian lebih dari 8 tahun ini. BTW saya telah menggunakan ban fdr mulai dari motor manual 4 tak hingga matic.

Perkara ban menurut saya nggak boleh di anggap sepele. Karena ban merupakan salah satu komponen utama yang wajib menjadi perhatian pemilik kendaraan.

Oleh sebab itu, pada posting kali ini saya akan berbagi pengalaman terkait apa saja sih kelebihan dan kekurangan ban fdr jika di pakai untuk harian dan perjalanan jauh. Mari kita bahas lebih jauh.

Kelebihan dan kekurangan ban tubeless fdr

Kelebihan dan kekurangan ban tubeless fdr

#Kelebihan ban tubeless fdr

1. Lebih rekat di jalan aspal

Bagi sobat yang hawatir sering berkendara di jalur jalan raya atau di jalanan perkotaan, maka ban fdr patut untuk dicoba. Selama hampir 10 tahun saya menggunakannya, Alhamdulillah masih cukup percaya diri ketika motor dibawa jalan ngebut ataupun nyantai.

Hal ini tak lepas dari peranan penting yang menurut saya ban fdr lebih rekat ketika di aspal. Bukan cuma saya aja sih yang ngomong begini. Beberapa temen yang pake ban ini juga demikian.

Ya meskipun cukup aman dipakai untuk berkendara di jalanan aspal, tapi ingat untuk selalu safety dalam berkendara ya. Jangan sampai mengabaikan keselamatan hanya karena terlalu percaya diri pada ban yang dipakai.

2. Ban FDR cocok untuk harian dan perjalanan jauh

Kelebihan selanjutnya menurut saya yaitu ban fdr ini cocok dipakai baik untuk harian maupun perjalanan jauh. 

Dari berbagai tipe yang ada, mulai dari sport zevo, city, flemino, spartax, dravo dll, tipe ban fdr yang bagus untuk harian sekaligus jarak jauh menurut saya adalah genzi. Alasanya ya karena memang selama ini lebih suka corak yang ini.

Tapi untuk tipe lain mungkin ada yang lebih bagus. Pilihlah yang menurut sobat paling bagus dan menarik dari segi corak atau batik bannya. Karena biasanya ada juga yang beli ban buat gaya-gaya an.

3. Harga ban fdr matic tubeless masih sangat terjangkau

Kelebihan lain dari ban fdr yaitu harganya masih tetap terjangkau. Dengan kualitas yang ditawarkan tentu ini akan menjadi nilai lebih yang cukup untuk diperhatikan.

Apalagi, harga ban fdr untuk tipe matic tubeless mulai dari ukuran 100/80, 90/90 dan ukuran lain juga nggak terlalu jauh selisihnya, Masih sekitaran 200 sampai 250 ribuan kalau disini. Tergantung tipe yang dipilih, karena punya harga berbeda.

Jadi, itulah beberapa kelebihan menurut saya pribadi sesuai dari pemakaian selama ini. Selanjutnya akan kita bahas apa saja kekurangannya. Karena nggak adil dong kalo hanya ngomongin yang bagus-bagus aja. Ok langsung saja simak selengkapnya. 

#Kekurangan ban tubeless FDR

1. Tipe ban fdr biasa kurang cocok digunakan pada jalan berpasir

Jika dibandingkan dengan merek ban lain, ada 1 kekurangan yang menurut saya merupakan masalah pada ban fdr yang patut menjadi perhatian.

Saya sendiri cukup takut jika harus melintasi jalan berpasir baik itu di jalan aspal maupun jalanan biasa. Entah karena perasaan atau gimana, yang jelas seolah daya cengkram ban kurang menggigit jika di jalanan ini.

Apalagi jika kebetulan melintasi jalanan dengan kontur tanah agak berlempung dan licin, untuk tipe ban frd biasa (bukan cracak) sebaiknya harus lebih hati-hati.

2. Kontur ban lebih lentur

Saya pernah punya pengalaman kurang mengenakan. Saat itu, baru beberapa hari membeli ban fdr tipe flemo, kena pecahan gelas (beling) dan langsung robek cukup lebar.

Karena saat itu saya masih pake motor mega pro, jadi cukup lumayan lah harganya karena ukuran ban untuk felk besar emang lebih mahal. 

Dan yang jadi masalah adalah ukuran beling itu tuh kecil. Jadi agak heran aja kenapa ban bisa langsung robek padahal kecepatan berkendara nggak ada 20 km per jam. Karena kebetulan saat itu pas di berkendara di belakang rumah.


Kesimpulan

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan ban tubeless fdr yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat menjadi perbandingan bagi sobat yang sedang hunting ban buat motor kesayangan.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk " Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless FDR"