Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelemahan Motor Matic untuk Jarak Jauh

Ada beberapa kelemahan motor matic untuk jarak jauh yang saya rasakan setelah 5 tahun pemakaian. Meskipun di sisi lain tentu juga ada banyak kelebihannya. Namun kali ini saya hanya akan berbagi pengalaman mengenai kekurangannya saja.

Meskipun sejauh ini sih Alhamdulillah masih aman baik dipakai untuk harian maupun perjalanan jauh. Bagi Anda yang mungkin ingin membandingkan dengan motor manual atau hanya sekedar ingin tau sebagai bahan referensi saja, berikut ulasan selengkapnya.  

Kelemahan motor matic untuk jarak jauh

Kelemahan motor matic untuk jarak jauh


1. Terasa lebih capek di badan

Kekurangan motor matic yang paling saya rasakan ketika dipakai untuk perjalanan jauh yaitu badan terasa lebih capek. Ya mungkin karena motor yang saya gunakan bodi nya kecil.

Mungkin beda lagi jika motor yang digunakan bodinya besar seperti N-max dan sejenisnya. Yang jelas, itu dari pengalaman pribadi saya aja ya. Karena tiap orang pasti mempunyai pengalaman yang berbeda-beda.

Oia, sebelum saya berkata demikian karena sebelum memakai metik, saya pernah beberapa tahun menggunakan motor mega pro. Dan juga pernah beberapa kali touring dengan Fixion dan perbandingannya memang cukup terasa di badan.  

2. Keseimbangan kurang memadai ketika di jalan besar

Ini nih yang juga kadang bikin ngeluh saat perjalanan jauh pakai metik. Kalo pas lagi di jalanan besar apalagi di jalan lintas Kabupaten atau Provinsi, kerasa banget motor goyang saat berpapasan dengan mobil-mobil besar.

Apalagi kalo pas di bawa ngebut, seringkali ada rasa khawatir ketika berpapasan atau melewati mobil bis dan truk besar. Karena jika nggak sigap (tatag), bisa beresiko motor matic oleng.

Tapi, kembali lagi ya, ini klo tipe motor yang dipakai seperti punya saya. Kalo tipe matic yang besar tentu akan berbeda. 

Jadi bijaklah dalam memilih, jika akan membelinya sebaiknya pilihlah tipe motor metik dengan bodi besar seperti NMax atau sejenisnya agar lebih nyaman meskipun harus rela mengeluarkan budget lebih.

3. Bodi motor bagian bawah rawan nyangkut atau kandas

Kondisi kurang mengenakan jika memakai motor matic ketika melintasi jalan berlobang dan banyak polisi tidur. Karena tidak semua jalanan di tiap wilayah itu bagus.

Apalagi jika kebetulan membawa muatan yang cukup banyak. Jangankan muatan barang, untuk mbonceng 1 orang dengan bobot di atas 70 kilo saja, motor sudah rendah seolah ambles.

Untuk mengakalinya, biasanya untuk tipe motor matic yang kecil, bisa ditambah dengan sambungan shok agar lebih tinggi. Atau bisa dengan modifikasi di bagian-bagian yang diperlukan.


Penutup

Itulah beberapa kelemahan motor matic untuk jarak jauh menurut yang saya rasakan dari pengalaman sejauh ini. Tentu tiap orang mempunyai pengalaman masing-masing ya. Apabila Anda mau menambahkan dari ketiga poin diatas, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya.

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Kelemahan Motor Matic untuk Jarak Jauh"