Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua yang Masih Hidup

Beberapa contoh perilaku berbuat baik kepada orang tua yang masih hidup adalah dengan mendoakan mereka, tidak membangkang, bersikap lembut, merawat mereka dengan sepenuh hati dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, pada posting kali ini akan kita bahas lebih jauh serta apa saja bentuk kewajiban anak terhadap orang tuanya. Berikut selengkapnya.

5 Contoh perilaku berbuat baik kepada orang tua yang masih hidup

Contoh perilaku berbuat baik kepada orang tua yang masih hidup


1. Mendoakannya setiap waktu terutama setelah Sholat

Salah satu kewajiban seorang anak ketika orangtuanya masih hidup adalah mendoakannya setiap waktu. Terutama pada waktu yang mustajab doa di ijabah. Seperti setelah selesai sholat, antara adzan dan iqomah, ketika turun hujan dan lain sebagainya.

Selain menjadi kewajiban, mendoakan orang tua merupakan bentuk nyata perbuatan anak yang akan menjadi kebanggaan orang tua. 

Karena, bukan hanya di dunia saja tetapi doa anak kepada orang tua akan menjadi bekal yang sangat berharga nanti di akhirat. 

2. Tidak membangkang terhadap perintah dan nasihat orang tua

Mengikuti nasihat dan tidak membangkang perintah orang tua adalah perilaku berbuat baik kepada mereka yang semestinya kamu terapkan setiap hari.

Ini merupakan cara berbakti kepada orang tua yang masih hidup dan seharusnya juga mudah dilakukan. Karena, sudah sepantasnya sebagai anak untuk membalas jasa orang tua yang telah melahirkan dan merawatmu selama ini.

3. Merawat orang tua ketika sedang sakit dan telah lanjut usia

Contoh perbuatan baik selanjutnya kepada orang tua yang masih hidup adalah dengan merawat mereka apapun kondisinya. Apalagi jika sedang sakit atau telah lanjut usia, itu adalah suatu kewajiban.

Ingatkah semasa kecil saat kita sedang sakit? Siapakah yang begadang mengurus kita hingga mereka tidak tidur semalam suntuk?

Apalagi, jika mengingat perjuangan seorang ibu yang harus berada diantara maut untuk berjuang melahirkan kita ke dunia. Belum lagi, tugas berat seorang ayah yang harus banting tulang demi mencukupi kebutuhan kita sehari hari. 

Jadi, sudah sepantasnya jika kita berbakti meskipun hal itu tidak akan mampu membalas pengorbanan mereka selama ini.

4. Bersikap lembut kepada orang tua

Sejak zaman dahulu orang Indonesia telah diajarkan nilai-nilai kebaikan berbudi luhur secara turun temurun. Salah satunya yaitu tata krama terhadap orang tua.

Namun seiring kemajuan zaman, nilai tersebut telah terkikis dan bergeser hingga merubah sikap anak terhadap orang tuanya. Ada yang bicaranya dengan nada keras dan ada pula yang membentaknya. Padahal, itu merupakan larangan yang tidak boleh dilakukan anak terhadap orang tuanya.

5. Jangan menyakiti perasaannya

Salah satu bentuk wujud menghormati kedua orang tua yang masih hidup yaitu dengan menyayangi mereka dan jangan sampai menyakiti perasaannya. Apapun yang akan keluar dari mulut kita seharusnya difikir dahulu dan jangan asal berucap.

Karena, perasaan orang tua itu sangat sensitif apalagi jika anak yang sudah dirawat dengan sepenuh hati tiba-tiba berkata kasar padanya. Jadi, jagalah perasaan orang tuamu dengan hati-hati dan penuh kesabaran.
 
Penutup

Itulah beberapa contoh perilaku berbuat baik kepada orang tua yang masih hidup. Semoga kita semua termasuk anak yang berbakti pada mereka selamanya.

Baca juga :
Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "5 Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua yang Masih Hidup"