Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Azab Orang yang Suka Menghina

Apabila kita tahu betapa beratnya azab orang yang suka menghina, pastilah kita akan lebih berhati-hati dalam bertindak. Karena, dalam sebuah tafsir di sebutkan bahwa ada 2 perbuatan mengejek yaitu dengan lisan dan perbuatannya.

Untuk itu, pada posting kali ini akan kita bahas balasan bagi yang suka menghina orang lain serta akibat yang akan langsung diterimanya baik didunia maupun di akhirat kelak.

Berikut azab orang yang suka menghina

azab orang yang suka menghina

1. Ayat tentang pengumpat/pencela

Di dalam Surat Al Humazah ayat pertama yang berbunyi "Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela" bahwa mereka akan mendapatkan balasan Azab neraka Hutamah yang membakar sampai ke hati.

Dijelaskan bahwa yang termasuk dari perbuatan di atas yaitu meliputi dengan perbuatan lisan maupun tindakan. Misalnya saat ini sering kita jumpai di media sosial, meskipun mulutnya diam tapi tangannya mengetik di medsos mereka dengan segala ejekan kepada orang lain. Maka itu juga termasuk kategori hinaan.

Jadi, harap perhatikan setiap kata atau kalimat yang akan kita ketik di akun sosial media kita maupun di beranda orang lain. Karena, jika ada kalimat yang menyinggung orang lain atau di anggap fitnah, maka hal itu juga bisa menjadi pidana.

2. Hadits tentang merendahkan orang lain

Merendahkan orang lain termasuk perbuatan yang tidak terpuji dan dilarang. Dalam sebuah hadits (hasan:oleh imam tirmidhi) yang diriwayatkan oleh muadz bin jabal bahwa Rosululloh SAW bersabda, barang siapa yang menghina saudaranya karena suatu perbuatan dosa, maka si penghina tersebut tidak akan mati sebelum melakukan dosa yang sama.

Ini merupakan samata atau mengucapkan kalimat buruk kepada orang lain. Dalam hadits lain juga di sebutkan bahwa orang-orang yang rajin melakukan ibadah, tapi dia sering mencela orang lain maka pahalanya akan dipindahkan kepada orang yang dihina atau di celanya. Kisah ini ada dalam hadits riwayat muslim nomor 2815.

Hingga pada riwayat yang lain di sebutkan bahwa ada seseorang yang akan masuk neraka kelak hanya karena sering mencela dan menghibah tetangganya meskipun dia sangat rajin ibadahnya.

3. Balasan Dzolim Kontan Dibayar Di Dunia

Dalam salah satu kajiannya, Ustadz Oemar menjelaskan bahwa jika kita dholim kepada tikus saja maka akan di balas oleh Alloh, apalagi jika dholim kepada manusia. 

Karena ada dua dosa yang akan langsung di balas kontan didunia yaitu dosa kepada orang tua dan dholim kepada orang lain.

Dikisahkan, ada salah satu sahabat Nabi yang difitnah hingga beliau berdo'a langsung di ijabah oleh Alloh. Hal ini juga membuktikan bahwa do'a orang yang terzalimi itu akan langsung di kabulkan. Wallo hu a'lam..

Penutup

Mungkin Anda juga pernah mendengar tentang azab orang yang suka menghina dari tetangga, saudara, teman atau dari masyarakat sekitar tempat kita tinggal. Karena kisah seperti demikian tentu juga pernah beberapa kali terjadi di daerah kami dan itu nyata.

Baca juga :

Rio Ve
Rio Ve Ikatlah ilmu dengan menulis

Posting Komentar untuk "Azab Orang yang Suka Menghina"